Resep: Mangut Manyung Semarang, Sempurna

Posted on

Bosen sama makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep mangut manyung semarang ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! Menu mangut manyung semarang ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Kebanyakan orang takut mulai memasak mangut manyung semarang karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut manyung semarang! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar rasa makanan kuat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa datar. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

A photo posted by shinta amalia. Masyarakat Semarang pasti sudah tak asing dengan nama Warung Ikan Mangut Manyung Bu Fat. Pusatnya berada di Jalan Ariloka, Semarang Barat.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menyiapkan mangut manyung semarang hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep mangut manyung semarang!

Untuk menyiapkan Mangut Manyung Semarang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 10 potong of Ikan Manyung Panggang.
  2. Sediakan 5 potong of Tahu, potong dadu.
  3. Diperlukan 3 buah of terong hijau, potong 3 cm.
  4. Sediakan of Bumbu.
  5. Sediakan 12 siung of bawang putih.
  6. Gunakan 8 siung of bawang merah.
  7. Gunakan 2 ptg of kencur 3 cm-an.
  8. Siapkan 3 lembar of daun jeruk.
  9. Siapkan 6 iris of lengkuas, digeprak.
  10. Siapkan 2 lembar of daun salam.
  11. Ambil of Cabe Rawit Merah(biasanya disebut : cabe setan😁).
  12. Ambil secukupnya of Garam, Gula,.
  13. Sediakan 2 sachet of Kaldu Jamur (atau. Sesukanya).
  14. Diperlukan 2 sachet of santan instan.

Ikan manyung kha Bu Fat telah kesohor dan menjadi primadona kuliner di Semarang. Banyak tokoh terkenal yang singgah di rumah makan ini untuk mencicipi sensasi mangut yang pedas dan ikan manyung asap yang khas. Mangut manyung Bu Fat Semarang rupanya cukup terkenal ya. Cabangnya aja udah enak pasti lebih maknyuss makan di tempat aslinya.

Proses memasak Mangut Manyung Semarang:

  1. Goreng Ikan Manyung Asap yang sudah dibeli. Ini optional sih. Saya lebih suka digoreng dulu. Biar lebih aman dari bakteri, dll… 😁.
  2. Siapkan Bumbu.
  3. Haluskan bumbu. Biasanya di uleg. Tapi, ini lagi pegel tangan. Pake chopper yang ada di rumah..
  4. Tumis bumbu halus hingga kecoklatan, masukkan lengkuas, lalu tambahkan air. Setelah mendidih, masukkan Terong..
  5. Setelah setengah matang terongnya, masukkan Ikannya, lalu masukkan daun jeruk, daun salam, gula, garam sedikit. Lalu masukkan santan. Setelah agak mendidih, masukkan tahu putih. Terakhir masukkan Kaldu Jamur..
  6. Saya pisahkan dengan yang tidak suka pedas. Terakhir, masukkan cabe setannya..

Mangut yang biasa kumakan itu mangut ikan pari, beneran cocok banget deh dimakan dengan pete, biasanya suka dimasak bareng ikannya. Ikan Manyung sendiri adalah ikan laut yang memiliki bentuk menyerupai ikan. Mangut merupakan gulai pedas khas Jawa. Kebanyakan bahan untuk membuat mangut adalah ikan pari asap, ataupun juga lele. Namun di Semarang ada mangut yang terbuat dari ikan manyung, memberikan sesasi rasa yang berbeda.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat mangut manyung semarang hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *