Resep Mangut Kepala Manyung Pantura Anti Gagal

Posted on

Sedang mencari resep mangut kepala manyung pantura yang paling enak? Tidak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep mangut kepala manyung pantura terbaik! mangut kepala manyung pantura pas untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin komplit.

Banyak orang sudah menyerah duluan mangut kepala manyung pantura karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung pantura! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dibikin terasa enak. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Yup. kepala ikan manyung yang di asap di masak dengan bumbu pedas. Saya akan coba bagikan resep nya. Masakan mangut yang terkenal kelezatannya merupakan masakan khas jalur pantura (pantai utara) yang berbahan dasar ikan.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat memasak mangut kepala manyung pantura hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin mangut kepala manyung pantura yuk!

Untuk memasak Mangut Kepala Manyung Pantura, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 3 bh of kepala manyung asap.
  2. Diperlukan 1/2 papan of tempe potong kotak.
  3. Siapkan of Bumbu halus :.
  4. Diperlukan 4 btr of bawang putih.
  5. Gunakan 7 btr of bawang merah.
  6. Sediakan 3 bh of kemiri.
  7. Siapkan 1 ruas of kunyit.
  8. Ambil of Pelengkap.
  9. Ambil of Cabai rawit, cabai hijau, cabai merah iris serong.
  10. Sediakan 3 lbr of daun salam.
  11. Diperlukan 2 lbr of daun jeruk.
  12. Diperlukan 1 btg of serai.
  13. Sediakan 1 ruas of laos.
  14. Sediakan jika suka of Gula pasir/jawa, garam, terasi sedikit, penyedap.
  15. Siapkan of Minyak goreng untuk menumis.
  16. Gunakan 1/2 btr of santan kelapa.
  17. Gunakan of Tomat merah/hijau/belimbing wuluh.

Mangut Kepala Manyung Memadukan Kekhasan Ikan Asap Dengan Gulai Santan Berkuah Pedas. Jenis kuliner yang satu inimenjadi bagian dari kuliner tradisional masyarakat pesisir Jawa. SEMARANG, KOMPAS.com – Kuliner ikan kepala manyung terbilang populer di wilayah Pantura Jawa Tengah. Ikan yang diproses secara pengasapan itu melekat menjadi kuliner andalan sejumlah kota di Jawa Tengah.

Proses menyiapkan Mangut Kepala Manyung Pantura:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, sampai harum, masukkan cabai iris, tempe, daun salam, dqun jeruk, serai.
  2. Tambahkan air/santan encer, masukkan kepala manyung, garam, gula, penyedap, terasi.
  3. Tambahkqn santan kental.
  4. Didihkan, koreksi rasa, masukkan tomat/belimbing wuluh, tunggu sampai matang/tanek dlm bhs jawa, siap dihidangkan.
  5. Pas musim temu kunci atau org jawa bilang "boros", bs dicampurkan yaaa….tambah sedep, boros nya di rebus sebentar, kurleb 10 mnt, bilas dg air bersih, peras sampai keset, masukkan ke mangut. Bagian yg di pakai bisa daunnya saja, atau semuanya, tgntg selera, enak semua, kl saya, daunnya saja (source : gbr temu kunci/boros, google, website bunda didi).

Rasa kaldu yang gurih nan pedas disertai daging ikan yang empuk menjadi primadona sebagian orang. Gulai Kepala Ikan Manyung, Kuliner Andalan Pantura Juwana. Jakarta – Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Makan kepala Manyung paling nikmat hanya di Kedai Joglo Pantura.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mangut kepala manyung pantura. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *