Resep: Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau) yang Sempurna!

Posted on

Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau). Cara buat sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo. Kali ini yzmalicious sharing salah satu menu masakan nusantara yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta yaitu Jangan Lombok (Sayur Cabe Hijau). Video kali ini saya akan share resep sayur tempe lombok ijo khas wonosar.

Beruntung bisa merasakan langsung sayur lombok hijau khas gunung kidul. Sayur ini dibuat dari bahan-bahan berupa: cabe hijau, cabe merah, tempe, dan bumbu dari. Meski bahan utama adalah tempe tetapi karena porsi cabe hijaunya banyak jadi disebut Jangan/Sayur Lombok Ijo.

Lagi mencari inspirasi resep jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Cara buat sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo. Kali ini yzmalicious sharing salah satu menu masakan nusantara yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta yaitu Jangan Lombok (Sayur Cabe Hijau). Video kali ini saya akan share resep sayur tempe lombok ijo khas wonosar.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau) menggunakan 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau):

  1. Sediakan 350 gram Tempe Kedelai.
  2. Gunakan 150 gram Cabe Keriting Hijau.
  3. Sediakan 700 ml Air Santan.
  4. Siapkan 5 siung Bawang Merah.
  5. Sediakan 5 siung Bawang Putih.
  6. Siapkan 50 gram Gula Jawa.
  7. Ambil 3 lembar Daun Salam.
  8. Sediakan 4 lembar Daun Jeruk.
  9. Gunakan Secukupnya Garam.
  10. Sediakan Secukupnya Kaldu Bubuk.

Di Gunung Kidul Sayur Lombok Ijo ini sering di sebut dengan "Jangan Lombok Ijo". Karena rasanya yang khas, makanan ini telah menjadi salah satu Yang menjadi keistimewaan Sayur Lombok Ijo ini adalah perpaduan rasa gurih dan pedas yang pas pada kuahnya. Sayur Lombok Ijo ini sangat mudah kita temukan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain itu kita juga bisa menemukannya di warung sego abang (nasi merah) yang ada di Gunung Kidul, Sayur Lombok Ijo ini biasanya disajikan sebagai menu wajib untuk menemani menyantap sego abang.

Cara menyiapkan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau):

  1. Pertama potong tempe kedelai menjadi bentuk balok kecil, kemudian goreng setengah matang, tiriskan. Tujuannya agar tidak hancur saat dimasukkan ke santan nanti..
  2. Cincang bawang merah dan bawang putih. Potong cabe keriting dengan cara tradisional seperti menyayat kayu saat meraut pencil, lihat foto. Tujuannya supaya teksturnya lebih terasa..
  3. Panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan santan lalu daun jeruk, daun salam dan gula jawa. Panaskan dengan api agak besar, aduk terus supaya santan tidak pecah. Setelah santan mendidih kecilkan api kemudian masukkan tempe dan cabe keriting..
  4. Masak beberapa saat, kurang lebih 10 menit dengan api sedang atau hingga kuah sedikit berkurang dan tekstur cabe agak empuk. Sajikan dengan nasi hangat..

Jangan Lombok Ijo ini adalah masakan sayur berkuah santan yang dilengkapi dengan potongan cabai hijau, kacang panjang, dan tempe kedelai. Makanan khas Gunung Kidul selanjutnya adalah Gatot. Mungkin bagi beberapa orang kuliner "Gatot" belum begitu familiar di telinga. Menu utama di warung ini adalah sego abang atau nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo, dan trancam. Apa kekhasan sego abang sehingga banyak yang datang Satu porsi terdiri atas satu cething (bakul) sego abang, sepiring kecil sayur lombok ijo (cabai hijau), gudeg kates Pasangan sejati sego abang ini memang sayur lombok ijo sehingga ia lebih akrab disebut Sego.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *