Resep: Mangut Manyung Anti Gagal!

Posted on

Mangut Manyung. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya.

Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas.

Anda sedang mencari ide resep mangut manyung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut manyung yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut manyung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mangut manyung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays. It is a rich, thick seasoned curry-like dish. Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut manyung sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut Manyung memakai 18 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut Manyung:

  1. Ambil Panggang mayung (kepala/daging).
  2. Ambil 1/2 liter santan encer.
  3. Ambil 300 ml santan kental.
  4. Siapkan 3 butir kemiri.
  5. Ambil 4 siung bawang putih.
  6. Siapkan 3 siung baang merah.
  7. Siapkan 1 ruas jari kencur.
  8. Siapkan 2 ruas jahe (geprek).
  9. Gunakan 1 ruas jari lengkuas (geprek).
  10. Gunakan 1 ruas jari kunyit.
  11. Siapkan secukupnya Cabai merah/ cabai rawit . Saya pake rawit.
  12. Sediakan 1 batang serai (geprek).
  13. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  14. Sediakan 1 lembar daun salam.
  15. Gunakan 1/2 sdt merica.
  16. Ambil 1/2 sdt ketumbar.
  17. Sediakan Garam.
  18. Siapkan Gula.

Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. mangut manyung, sungguh asing banget di telinga ku mbaa. baru tau aku ada makanan kayak begini, padahal ku orang jawa tapi nda tau. hihi. ngeliat foto-foto dan baca ulasan mba fanny membuat ku berkali-kali menelan ludah. duh, ngiler mbaa pengen nyoba juga. selain di cempaka putih, di jakarta ada lagi gak ya yg jual mangut manyung ini? Manyung Merupakan Ikan yang Tak Biasa untuk Mangut Kuliner pedas, via Instagram/lely_yan.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Manyung:

  1. Haluskan bumbu kecuali daun salam, daun jeruk, serei, lengkuas dan jahe.
  2. Kemudian tumis bumbu kecuali santan dan ikan panggang.
  3. Masukkan santan encer tambahkan ikan panggangnya..
  4. Tambah garam gula tunggu hingga agak menyusut.
  5. Masukkan santan kental tunggu sampai mendidih matikan kompor..

Biasanya jenis ikan yang dijadikan sebagai mangut adalah lele ataupun ikan pari. Dan ikan manyung kebanyakan dimanfaatkan atau diolah mejadi ikan asin jambal roti. Namun di sini, Teman Traveler bisa mencoba mangut dari ikan manyung. Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete. Nah, komplit deh cara masak Mangut Ndas Manyung atau bahan apapun untuk menjadi pelengkapnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut manyung yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *