Resep: Kerupuk Seblak Kering A la Raniay yang Enak Banget

Posted on

Kerupuk Seblak Kering A la Raniay. Kerupuk Seblak Kering A la Raniay Bosen makan cemilan yang itu² aja, akhirnya coba buat kerupuk seblak kering ini deh :D. Lihat juga resep Seblak krupuk sederhana enak lainnya. Bagi pecinta pedas,kerupuk seblak kering ini sangat cocok banget.

Sajian ini mudah sekali dibuat dan persiapannya sudah kami berikan dibawah ini. Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa saja langkah pembuatan dan resep dari sajian kali ini maka tak perlu khawatir. Seblak Kerupuk Kering * sumber: selerasa.com.

Lagi mencari inspirasi resep kerupuk seblak kering a la raniay yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kerupuk seblak kering a la raniay yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kerupuk seblak kering a la raniay, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kerupuk seblak kering a la raniay yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Kerupuk Seblak Kering A la Raniay Bosen makan cemilan yang itu² aja, akhirnya coba buat kerupuk seblak kering ini deh :D. Lihat juga resep Seblak krupuk sederhana enak lainnya. Bagi pecinta pedas,kerupuk seblak kering ini sangat cocok banget.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kerupuk seblak kering a la raniay sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kerupuk Seblak Kering A la Raniay memakai 6 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kerupuk Seblak Kering A la Raniay:

  1. Siapkan 1/4 Kerupuk bawang.
  2. Sediakan 1 liter Minyak sayur untuk merendam dan menggoreng.
  3. Ambil 7 siung Bawang Putih.
  4. Gunakan 1-2 sachet Bon Cabe (sesuai selera pedas).
  5. Siapkan Kencur secukupnya (kalau menurut saya agak banyak lebih nikmat).
  6. Gunakan Sejuput garam.

Seblak kerupuk kering adalah camilan yang lezat dan umumnya pedas. Seblak ini dibuat tanpa menggunakan air sehingga memiliki masa simpan lebih lama dari seblak biasa. Kerupuk pada seblak kering ada yang mengembang penuh dan ada juga yang tidak atau setengah matang (lebih umum ditemukan). Cara membuat seblak kering sebenarnya mirip dengan kerupuk pedas pada umumnya.

Cara membuat Kerupuk Seblak Kering A la Raniay:

  1. Rendam kerupuk di dalam minyak selama 1-2 jam (bukan minyak panas).
  2. Setelah di rendam, nyalakan kompor dengan api kecil. Lalu goreng kerupuk sekitar 2-3 menit.
  3. Tiriskan kerupuk setelah di goreng..
  4. Kemudian, kupas bawang putih dan kencur. Lalu potong kecil-kecil..
  5. Setelah di potong, goreng bawang putih dan kencur nya sampai agak kering, lalu angkat menggunakan saringan..
  6. Ulek bawang putih dan kencur yang tadi setelah di goreng. Tambahkan sedikit garam..
  7. Setelah menjadi serbuk halus, tuang kerupuk kedalam toples, lalu tambahkan Bon Cabe sesuatu selera. Di aduk sedikit sampai bumbu merata. Kerupuk seblak kering siap di sajikan..

Seperti basreng (bakso goreng), ceker goreng, makaroni, kerupuk pedas, kerupuk mi pedas dan lain sebagainya. Sedangkan cara membuat seblak basah, dibuat dengan kuah pedas gurih dengan aroma kencur yang khas. Varian seblak pun kini sudah bermacam-macam, tak hanya mi. Jika pada seblak basah kerupuk yang akan dimasak direndam dan direbus terlebih dahulu sampai lembek, maka untuk seblak kering kerupuk yang akan dimasak langung digoreng bersama dengan bumbu halus hingga merekah. Kehati-hatian tentunya diperlukan sekali pada saat penggorengan seblak kering ini agar tidak gosong yang justru akan menjadikan seblak.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kerupuk seblak kering a la raniay yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *