Resep: Gurame bakar Sambal Bawang Anti Gagal!

Posted on

Gurame bakar Sambal Bawang. Gurame Bakar Sambal Bawang Saila Dhiyaul Haq Jakarta. Lihat juga resep Gurame Sambel Bawang enak lainnya. Udah di bersihin sama beliau, aduh senengnya mamak nii tinggal ngolah aja😆.

Gurame bakar biasanya disajikan bersama sambal kecap, sambal mangga, sambal bawang, atau sambal terasi. Kali ini, aku ingin menyajikan sambal yang biasanya jadi teman ikan laut bakar di Timur Indonesia, yaitu sambal colo-colo. Gurame goreng sambal mbe/ bawang goreng. foto: Instagram/@ketutarsini.

Lagi mencari inspirasi resep gurame bakar sambal bawang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame bakar sambal bawang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gurame bakar sambal bawang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gurame bakar sambal bawang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Gurame Bakar Sambal Bawang Saila Dhiyaul Haq Jakarta. Lihat juga resep Gurame Sambel Bawang enak lainnya. Udah di bersihin sama beliau, aduh senengnya mamak nii tinggal ngolah aja😆.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gurame bakar sambal bawang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gurame bakar Sambal Bawang menggunakan 23 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Gurame bakar Sambal Bawang:

  1. Ambil 1,5 kg Gurame jumbo.
  2. Sediakan Jeruk nipis.
  3. Siapkan Bumbu halus :.
  4. Sediakan 2 genggam bawang putih.
  5. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk.
  6. Ambil 2 sdt garam.
  7. Siapkan 1-2 jempol kunyit.
  8. Ambil Sambal bawang :.
  9. Ambil 6 siung bawang putih.
  10. Gunakan 12 cabe rawit.
  11. Siapkan 2 jumput garam.
  12. Siapkan 1 jumput kaldu jamur.
  13. Sediakan 1 jumput gula pasir.
  14. Siapkan Bumbu oles :.
  15. Ambil 2 sdm margarine.
  16. Ambil Secukupnya kecap manis (sy suka klo banyak).
  17. Siapkan 1 sdm bumbu halus diatas.
  18. Siapkan Pelengkap :.
  19. Siapkan Selada.
  20. Ambil Kemangi.
  21. Siapkan Ketimun.
  22. Sediakan Variasi sambal lain :.
  23. Ambil Sambal terasi (lihat resep).

Lalu, goreng ikan gurame hingga garing. Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit dan jahe yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, daun salam dan serai. Ikan gurame bakar sambal kecap yang bisa bikin ketagihan Olahan ikan gurame selalu jadi favorit banyak orang karena dagingnya lembut dan gurih. Selain digoreng, ikan gurame juga bisa dipanggang dan dilengkapi dengan sambal kecap.

Langkah-langkah membuat Gurame bakar Sambal Bawang:

  1. Cuci bersih gurami, kucuri jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci bersih kembali (td sy skip langkah ini krn ga ada stok jeruk nipis 😅.
  2. Iris2 badannya, rendam gurami pakai bumbu halus beri air setengah gelas. Koreksi rasa. Kalau kurang asin, beri garam lagi. Diamkan selama 1-2 jam.. lebih lama lebih meresap bumbunya. Sambil bolak balik..
  3. Lalu goreng di minyak panas dan banyak, pakai api besar. Sampai berkulit aja biar nanti waktu membakar ngga gampang ancur. Kalo bisa jangan sering di bolak- balik, cukup sekali-2 kali aja. Lalu angkat. Tips : pakai wajan anti lengket ya. Kalaupun toh masih lengket, sekiranya agak kering dikit segera “sosrok” biar ngga gampang gosong yg lengket tadi..
  4. Nah abis itu pindahkan ke panggangan, saya pakai happycall, sambil diolesi bumbu oles diatas (margarin, kecap manis, bumbu halus). Apinya kecil aja yaa. Kalau saya, suka ngolesinnya banyaaak banget sampe basah, juicy2 gitu. Mulai dr kepala -ekor penuh bumbu oles. Sambil di pencet2 pake tangan, daging ikannya sdh empukkah?.lalu tutup penutup happycall. Ekor dan durinya pun enak banget dimakan krn banyak bumbu.😆😆.
  5. Kalau sudah matang, bumbu meresap sempurna, tata di piring saji..
  6. Sambal bawang: uleg bawang putih, cabe rawit, gula garam kaldu jamur. Lalu siram dengan minyak panas sampai berbunyi “cess”. Koreksi rasa.
  7. Sajikan dengan nasi hangatt. Dijamiin nambah2 teruusssss..🥰🥰🥰.

Kini, ikan gurame bakar ala restoran bisa Kawan Kuliner buat sendiri di rumah. Setelah itu ikan gurame dilumuri dengan bahan bumbu, lalu bakar di atas panggangan hingga matang. Ikan gurame bakar siap disajikan bersama dengan sambal kecapnya. Demikianlah Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Special yang bisa anda coba dirumah. Siangi ikan gurame hingga bersih, buang isi perut dan sisiknya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat gurame bakar sambal bawang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.