Cara Simpel Membuat Klepon Ketan Tanpa Kapur

Posted on

Klepon Ketan Tanpa Kapur. tiba-tiba pingin klepon. mending buat sendiri. aku sudah pernah buat yang pakai kapur sirih. sekarang pingin nyoba yang gak pakai kapur sirih, dan ada sedikit tepung beras. aku ambil resepnya didapur vina.blog.spot. makasih mbak vina resepnya. menurutku lebih enak gak pakai kapur sirih dan diberi sedikit tepung beras. lebih kenyal, tapi sedikit lebih lumer dimulut. Resep Klepon Ketan Tanpa Kapur Sirih Resep Klepon Ketan – Jajanan tradisional nampaknya selalu menjadi idaman bagi sebagian besar orang. Jajanan tradisional memang memiliki rasa tersendiri yang sangat khas dan sangat susah untuk dilupakan oleh sebagian besar orang dan Salah satunya yang saat ini masih banyak disukai dan masih mudah untuk.

Yaudah di up aja yg ini dulu lah ya. 😓 Ini nyontek resepnya mba Tintin rayner. Resep Kue Klepon Pandan Tanpa Kapur Sirih Isi Gula Merah Legit. Biasanya kue klepon ini di jual di pasar tradisional bersama dengan jajanan pasar sederhana lainnya seperti cenil, serabi, gethuk, pecel, bubur sum-sum, donat, kue awug-awug, kue khu, golang-galing, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, semar mendem, martabak kacang, onde-onde, Kue Mata Roda dan masih banyak lagi.

Anda sedang mencari ide resep klepon ketan tanpa kapur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal klepon ketan tanpa kapur yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

tiba-tiba pingin klepon. mending buat sendiri. aku sudah pernah buat yang pakai kapur sirih. sekarang pingin nyoba yang gak pakai kapur sirih, dan ada sedikit tepung beras. aku ambil resepnya didapur vina.blog.spot. makasih mbak vina resepnya. menurutku lebih enak gak pakai kapur sirih dan diberi sedikit tepung beras. lebih kenyal, tapi sedikit lebih lumer dimulut. Resep Klepon Ketan Tanpa Kapur Sirih Resep Klepon Ketan – Jajanan tradisional nampaknya selalu menjadi idaman bagi sebagian besar orang. Jajanan tradisional memang memiliki rasa tersendiri yang sangat khas dan sangat susah untuk dilupakan oleh sebagian besar orang dan Salah satunya yang saat ini masih banyak disukai dan masih mudah untuk.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ketan tanpa kapur, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan klepon ketan tanpa kapur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah klepon ketan tanpa kapur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Klepon Ketan Tanpa Kapur menggunakan 5 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Klepon Ketan Tanpa Kapur:

  1. Ambil 10 SDM tepung ketan putih.
  2. Ambil 2 SDM tepung beras.
  3. Ambil 1 helai daun pandan, jangan ditiru, kasi yg banyak aja. 😂.
  4. Siapkan secukupnya Air.
  5. Sediakan Kelapa parut, aku beli 1 bungkus d tukang sayur.

Klepon adalah salah satu jajanan pasar tradisional asal Indonesia. Klepon biasa disajikan dengan taburan kelapa yang diparut sehinga cita rasanya lebih gurih dengan perpaduan rasa manis. Di antara berbagai macam variasinya tersebut, kreasi cara membuat klepon yang mudah dan praktis tanpa kapur sirih juga dapat menjadi pilihan kudapan sederhana yang enak, tentunya dengan aneka isian yang bisa disesuaikan menurut selera. Tidak seperti resep yang telah diposting terdahulu, resep bikin klepon tepung ketan kali ini adalah tanpa kapur sirih dimana air kapur sirih biasa digunakan untuk memberikan tekstur yang lebih kenyal dan padat serta juga tanpa daun pandan suji sebagai pewarna alami sehingga bisa diganti dengan pasta pandan.

Cara menyiapkan Klepon Ketan Tanpa Kapur:

  1. Kukus kelapa parut, supaya ga gampang basi. Ini aku tim malah, hahahaha. Maap, males make kukusan gede gitu cuma buat ngukus segini mah. 😂.
  2. Campur tepung ketan dan tepung beras. Pokonya perbandingan 5:1 jadi kalo mau 5 sdm tp. Ketan, tp. Beras nya 1 sdm aja. Kalo mau bikin banyak ya bisa 15:3, 20:4, dst..
  3. Blender daun pandan dan air, saring. Ini kurang banyak kayanya daun pandannya, alhasil warna adonannya ga ijo. 🤣 Pohon pandanku Masi kecil, kasian kalo dicabut banyak2. 🤧.
  4. Tambahkan air daun pandan ke tepung, aduk2 sampai kaya gini. Jangan terlalu lembek, jangan terlalu kering. Pokonya sampai bisa dibentuk gitu kaya playdoh. 😆 PS : ini kukasi pewarna makanan di akhir, trus ulen lagi sampai rata. 😅.
  5. Cacah gula merahnya. Ini Aku geprek2 pake cobek. 😅.
  6. Ambil sebagian adonan, masukkan gula merah, bulat2kan. Moon Maap ini ga difoto step by step, baby numpahin beras jadi rempong banget. 🤧.
  7. Rebus dengan air mendidih, pakai api kecil ya. Biar matang sampai ke dalam. Kalau sudah mengapung, Angkat, tiriskan..
  8. Penampakan sebelum di bedakin kelapa. Mirip pentol..
  9. Guling2kan di kelapa kukus. Ini ternyata aku ngasi isinya kurang banyak. Hahahaha. Masi 1st trial Masi takut2 bocor. Next time coba lagi bikin yg isinya banyak, n warna ijo pokonya. 😤.
  10. Selamat mencoba. Jangan lupa berdoa sebelum masak dan makan. 🤗.

Klepon isi gula merah siap disajikan. Klepon ketan isi gula merah tanpa kapur sirih ini saja sudah kenyal, buat Anda yang mau pakai kapur sirih silahkan. Setengah Buah Kelapa (jangan terlalu tua) dan parut. Cara Membuat Resep Klepon Ketan Enak. Campur dan endapkan seprempat sendok kapur sirih dan air nya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat klepon ketan tanpa kapur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *