Resep Klepon Ubi Ungu

Posted on

Klepon Ubi Ungu. Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal – Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Segera masukkan klepon ke dalam air rebusan.

Sajikan klepon ubi ungu dengan taburan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan garam. Itulah resep mudah membuat klepon ubi ungu yang unik, tapi rasanya tetap lezat. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut.

Sedang mencari ide resep klepon ubi ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ubi ungu yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi ungu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan klepon ubi ungu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Kenyal – Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Lihat juga resep Klepon Ubi Ungu enak lainnya. Segera masukkan klepon ke dalam air rebusan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah klepon ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Klepon Ubi Ungu menggunakan 7 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Klepon Ubi Ungu:

  1. Gunakan 175 gr ubi ungu.
  2. Siapkan 100 gr tapioka.
  3. Ambil 50 ml santan.
  4. Siapkan 80 gr gula jawa / aren.
  5. Gunakan secukupnya Garam.
  6. Gunakan 100 gr kelapa parut.
  7. Gunakan 3 buah daun pandan.

Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung beras ketan ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji, resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari dari ubi ungu. Cara pembuatannya pun hampir mirip dengan pembuatan klepon biasa.

Langkah-langkah membuat Klepon Ubi Ungu:

  1. Kukus ubi ungu, sampai matang.
  2. Kukus parutan kelapa campur dengan garam dan daun pandan. (klo.aku karena kelapa sudah ada garamnya, jadi untuk.adonan ubinya ndak tak.kasih garam).
  3. Haluskan ubi ungu, campur dengan santan (di blender biar lebih halus).
  4. Campurkan ubi yang sudah halus tadi dengan tapioka, dan uleni hingga kalis, tidak lengket d tangan.
  5. Bagi Adonan masing masing jadi 8 gr.
  6. Pipihkan adonan, lalu beri isian gula merah / aren, kemudian bentuk bulat seperti kelereng.
  7. Didihkan air masukkan 2 lembar daun pandan.
  8. Rebus bola.bola ubi tadi sampai mengapung dan angkat tiriskan.
  9. Balurkan bola bola ubi ke kelapa parut yang sudah di kukus terlebih dahulu, dan siap di sajikan.

Klepon ubi ungu gula merah. ubi ungu, tepung ketan, tepung tapioka, santan hangat, Gula merah, (kelapa parut + sejumput garam) Siti Aisyah. Beli skilo aja buat klepon ini tp ga dipke semua. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Mungkin Selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memuliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Klepon Ubi Ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *