Resep: Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) yang Lezat

Posted on

Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin). Resep Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin). Dari sekian banyak resep cilok, saya paling cocok sama resep ini dari blog nya mbak Endang jtt. Di cocol sambal kacang yummi banget.

Lalu matikan api, cilok sudah siap disantap. Cilok bisa disimpan dalam box dan ditaruh kulkas. Meski dingin cilok masih tetap empuk dan kenyal.

Anda sedang mencari ide resep cilok kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin). Dari sekian banyak resep cilok, saya paling cocok sama resep ini dari blog nya mbak Endang jtt. Di cocol sambal kacang yummi banget.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok kenyal (tetap empuk saat sudah dingin), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cilok kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin):

  1. Ambil Bahan biang:.
  2. Siapkan 125 tepung terigu serbaguna.
  3. Gunakan 250 ml air kaldu ayam.
  4. Ambil 4 siung bawang putih, haluskan.
  5. Siapkan 2-3 sdt garam.
  6. Siapkan 1,5 sdt merica bubuk.
  7. Siapkan Bahan tambahan:.
  8. Siapkan 200 gr tepung tapioka/sagu.
  9. Siapkan 2 butir telur.
  10. Siapkan 3 batang daun bawang, rajang halus.

Cuma Begini cara nya Cilok tetap empuk walau sudah dingin. Mudah buat cilok, tetap empuk walaupun sudah dingin, terbukti MANTUL #mamaina.. Cuma Begini cara nya Cilok kenyal tetap empuk walau sudah dingin. Sebenarnya cilok lembut bisa dihasilkan dengan cara direbus saja.

Langkah-langkah membuat Cilok Kenyal (tetap empuk saat sudah dingin):

  1. Campur semua bahan biang jadi satu dalam panci. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai kental seperti pasta. Angkat dan pindahkan ke mangkok besar..
  2. Masukkan telur satu per satu sambil diaduk cepat supaya telur tidak matang..
  3. Masukkan tepung sagu/tapioka dan daun bawang. Aduk sampai rata tapi jangan terlalu di uleni supaya cilok tidak keras alot..
  4. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan tiriskan. Sajikan cilok dengan saos kacang atau saos sambal sesuai selera..

Kita bisa menambahkan telur untuk mendapatkan hasil cilok yang lembut. Resep cilok ini saya recook dari dapurspatula. Mantap, Biarpun dingin,namun tetap kenyal , tidak keras dan masih empuk. Rahasianya ada pada adonan biangnya. kalau didunia per-rotian, bisa dibilang water roux, dimana tepung terigu dan air dimasak sampai teksturnya menyerupai bubur dan lengket. RAHASIA CILOK TETAP EMPUK WALAU SUDAH DINGIN

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok kenyal (tetap empuk saat sudah dingin) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *