Resep: Cilok empuk takaran sendok, Lezat Sekali

Posted on

Cilok empuk takaran sendok. Lihat juga resep Cimol isi keju anti meledak (takaran sendok) enak lainnya. Berkalikali buat pasti lembek, ga kalis. Resep ini bru kalis , empuk dan puas sm rasanya..

Untuk bumbu kacangnya saya pakai bumbu kacang sinti bun yang sud Craftlog Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Anda sedang mencari ide resep cilok empuk takaran sendok yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok empuk takaran sendok yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Cimol isi keju anti meledak (takaran sendok) enak lainnya. Berkalikali buat pasti lembek, ga kalis. Resep ini bru kalis , empuk dan puas sm rasanya..

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok empuk takaran sendok, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cilok empuk takaran sendok enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah cilok empuk takaran sendok yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cilok empuk takaran sendok memakai 19 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cilok empuk takaran sendok:

  1. Sediakan 10 sdm tepung terigu.
  2. Sediakan 7 sdm tepung tapioka.
  3. Sediakan 1 sdt masako.
  4. Gunakan 1 btang daun bawang (iris tipis).
  5. Ambil Bumbu kacang :.
  6. Siapkan Segenggam kacang tanah.
  7. Ambil 3 cabe rawit.
  8. Sediakan 3 cabe merah.
  9. Ambil 3 siung bawang putih.
  10. Siapkan 3 siung bawang merah.
  11. Siapkan secukupnya Air.
  12. Ambil secukupnya Kecap.
  13. Sediakan secukupnya Saus.
  14. Gunakan secukupnya Garam.
  15. Siapkan Gula secukupny.
  16. Sediakan Penyedap (masako).
  17. Gunakan Bahan isi :.
  18. Siapkan Telur puyuh (boleh skip).
  19. Siapkan Suwir ayam (boleh skip).

Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Resep membuat cilok yang merupakan variasi kuliner Bandung ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk. Mungkin sebagian dari kalian masih ada yang merasa kebingungan mengenai ukuran gram yang terdapat dalam satu sendok dapur. Secara umum banyak orang yang menentukan takaran dan membuat semuanya akan lebih mudah apabila kita memiliki alat pengukuran bahan di rumah misalnya seperti gram ataupun mili.

Cara menyiapkan Cilok empuk takaran sendok:

  1. Rebus air sampai mendidih.
  2. Masukan kedalam wadah tepung terigu, tepung tapioka, irisan bawang daun, masako.
  3. Tambahkan sedikit demi sedkit air rebusan pake sendok aja biar gak kebanykan, sampai basah jangan terlalu lembek ratakan lalu uleni kalo terlalu lembek tambah tepung terigu.
  4. Didihkan air tambahkan minyak agar tidak nempel d pancinya.
  5. Olesi tangan pakai minyak (supaya tidak lengket) ambil sedikit2 adonan pipihkan d atas tangan yg udah d olesi minyak tambah bahan isian kalau tidak juga gpp langsung bulatkan masukan ke panci yg sedang mendidihkan air….±15 mnt sampai mengapung ciloknya.
  6. Buat bumbu kacang gerus semua bahan bumbu kacang tambahkan air sdikit masukan ciloknya..tunggu sampai bumbu menyusut.
  7. Siap dihidangkan.

Pagi semua, kali ini aku berbagi resep cilok anti gagal dengan takaran sendok tanpa harus pakek timbangan yah. Gunakan takaran air panas yang sesuai. Kalau terlalu banyak, hasil adonan cilok bakal terlalu lembek atau bahkan encer. Rebus cilok saat air sudah benar-benar mendidih. Dengan begitu, teksturnya bakal lebih kenyal dan empuk.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cilok empuk takaran sendok yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *