Resep: Cilok (Awet Kenyal & Lembut) yang Bikin Ngiler

Posted on

Cilok (Awet Kenyal & Lembut). Dua kali saya bikin cilok itu kenyalnya gak awet. Misal pagi bikin, nanti sore udah agak keras dan gak kenyal lagi. Mesti direbus lagi supaya kenyal lagi.

Cilok awet kenyal nya Recook dapurvy, masih suana liburan bikin cilok aja buat camilan. Resep Cilok (Awet Kenyal & Lembut). Sejak awal tayang, langsung cookmark resep mak Vy DapurVY ini. tapi baru eksekusi sekarang. mau ikutan PR minggu lalu pun terlambat. yah sudahlah. 😅 Sungguh lembut & kenyalnya pas, ga bikin berantem sm gigi. 😁 setelah dingin pun masih lembut.

Anda sedang mencari ide resep cilok (awet kenyal & lembut) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok (awet kenyal & lembut) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Dua kali saya bikin cilok itu kenyalnya gak awet. Misal pagi bikin, nanti sore udah agak keras dan gak kenyal lagi. Mesti direbus lagi supaya kenyal lagi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok (awet kenyal & lembut), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cilok (awet kenyal & lembut) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok (awet kenyal & lembut) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cilok (Awet Kenyal & Lembut) memakai 11 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Cilok (Awet Kenyal & Lembut):

  1. Siapkan 250 ml air.
  2. Siapkan 1 sdm bawang putih bubuk (resep asli 1 buah bawang putih halus).
  3. Siapkan Bahan Kering.
  4. Siapkan 170 gr tepung terigu serbaguna.
  5. Gunakan 80 gr tepung tapioka/sagu.
  6. Gunakan 1/4 sdt garam.
  7. Ambil 1/4 sdt kaldu bubuk.
  8. Sediakan 1/4 sdt lada bubuk.
  9. Sediakan 1/4 sdt ketumbar bubuk (optional).
  10. Gunakan Sejumput gula pasir.
  11. Gunakan 1 sdm parsley bubuk (resep asli 1 batang daun bawang iris halus).

Cilok menjadi jajanan khas Bandung yang disukai banyak orang. Perpaduan gurihnya cilok dengan bumbu kacang bikin rasanya makin menggugah selera. Kalau pengin makan cilok yang lezat, gak melulu harus jauh-jauh ke Bandung dulu. Kamu pun bisa membuat cilok sendiri yang lezat.

Cara menyiapkan Cilok (Awet Kenyal & Lembut):

  1. Didihkan air + bawang putih.
  2. Campur semua bahan kering.
  3. Tuangkan 210 ml air mendidih rebusan bawang putih.
  4. Uleni menggunakan spatula hingga kalis (tidak menempel di wadah), lalu bulatkan sesuai selera.
  5. Didihkan air + sedikit minyak, rebus cilok hingga mengapung agak lama.
  6. Panaskan kukusan hingga full uap.
  7. Tiriskan cilok, lalu kukus selama 10 menit.
  8. Sajikan selagi hangat.

Sebelum masak sendiri, simak tips membuat cilok yang empuk dan kenyal. Abaikan bntungnya yang gk mulus bulat.. Hihihi Ini juga sering jadi bakulan karena. Pasti kalian tidak asing lagi dong dengan nama cilok. Ya , makanan yang enak, kenyal dan empuk ini menjadi banyak idola semua kalangan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cilok (Awet Kenyal & Lembut) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *