Langkah Mudah Menyiapkan Batagor Ayam Kulit Pangsit Kekinian

Posted on

Jenuh dengan menu makanan yang itu-itu saja? Mari coba resep batagor ayam kulit pangsit ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! batagor ayam kulit pangsit cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk hidangan pesta.

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan batagor ayam kulit pangsit karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari batagor ayam kulit pangsit! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Sudah lama enggak bikin siomay batagor, kemaren kebetulan di kulkas lagi lengkap bahan – bahannya, langsung bikin deh. Saya pake kulit pangsit yang udah jadi, enak banget di. Siapkan kulit pangsit, isi dengan adonan dan bentuk sesuai selera, lalu di bagi dua, ada yang digoreng dan ada yang di rebus.

Kamu dapat menghidangkan batagor ayam kulit pangsit hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin batagor ayam kulit pangsit yuk!

Untuk membuat Batagor Ayam Kulit Pangsit, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 200 gr of dada ayam (fillet).
  2. Sediakan 150 gr of tepung terigu segitiga biru.
  3. Sediakan 200 gr of tepung tapioka.
  4. Diperlukan 3 siung of bawang putih (haluskan).
  5. Sediakan 1 sdt of lada bubuk.
  6. Gunakan secukupnya of Kaldu bubuk.
  7. Diperlukan secukupnya of Garam.
  8. Diperlukan secukupnya of Air hangat.
  9. Diperlukan secukupnya of Daun bawang.
  10. Ambil of Kulit pangsit yg sudah jadi (beli di pasar).
  11. Gunakan of Saus kacang.
  12. Gunakan 200 gr of kacang tanah.
  13. Siapkan 2 siung of bawang putih.
  14. Ambil 5 buah of cabai rawit merah (pedasnya bisa disesuaikan).
  15. Ambil of Air rendaman asam jawa (sucukupnya).
  16. Ambil secukupnya of Gula merah.
  17. Siapkan 2 lembar of daun jeruk.
  18. Gunakan secukupnya of Garam.
  19. Dibutuhkan secukupnya of Gula pasir.
  20. Siapkan 2 sdm of minyak goreng.
  21. Sediakan secukupnya of Air.
  22. Diperlukan of Pelengkap.
  23. Sediakan of Timun.
  24. Dibutuhkan of Saus sambal.
  25. Gunakan of Kecap.

Untuk kuahnya siapkan kaldu ayam, tambahkan tahu, batagor cuangki, dan pelengkap lainnya. Pengen bgt makan Batagor, tapi gak ada abangΒ² lewat dan gak boleh jajan di luar dlu πŸ˜‚. Kebetulan masih ada sisa kulit pangsit yang kemarin. Yuuukk aahh buat sendiri aja di rumah, gampiiillll bgt buatnya, hehe.

Langkah-langkah menyiapkan Batagor Ayam Kulit Pangsit:

  1. Cuci bersih daging ayam. Kemudian blender/cincang halus.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, garam, kaldu bubuk dan daging ayam..
  3. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan teksturnya dirasa cukup untuk menjadi isian.Jangan terlalu padat atau terlalu lembek. Tambahkan irisan daun bawang. Aduk rata dan jangan lupa koreksi rasa..
  4. Buat batagor dengan mengisi pangsit dengan adonan isian dengan ukuran isian 1/2 garpu makan. Jangan terlalu banyak (takut bagian dalamnya kurang matang ketika digoreng).
  5. Cubit seluruh sisi pangsit agar isian batagor tetap berada di tengah..
  6. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang (kalau terlalu besar cepat gosong kulitnya tapi isiannya khawatir kurang matang).
  7. Untuk saus kacang. Goreng kacang tanah dengan api sedang hingga matang dan garing..
  8. Goreng cabai dan bawang. Lalu haluskan bersama kacang goreng (boleh diblender/diulek tergantung selera).
  9. Masak bahan yg sudah diblender menggunakan api kecil tanpa minyak goreng sampai minyak kacangnya mulai keluar. Setelah itu baru tambahkan minyak goreng..
  10. Tambahkan garam, gula merah, gula pasir, air rendaman asam jawa, dan daun jeruk. Tambahkan air sampai cukup kental menjadi saus. Koreksi rasa..
  11. Hidangkan batagor. Siram dengan saus kacang. Tambahkan timun, kecap, atau saus sambal sesuai selera..

Resep hemat dan ekonomis banget,, Batagor ala abangΒ² yang lewat depan rumah,hehe. Paling enak kalau ditambah daging ayam giling. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan Batagor dan menumis bumbu bumbu halus nya. Haluskan, campur dan tumis bawang putih, kecap manis, merica halus, garam dan gula pasirnya. Hari ini aku akan buat jajanan yang sederhana dari olahan tahu yaitu batagor.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat batagor ayam kulit pangsit hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.