Resep Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan) Anti Gagal

Posted on

Ingin tau rahasia membuat pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yang lezat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) terbaik! pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan), makanan mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Pada umumnya orang tidak berani memasak pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan)! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Jadi kalo lg susah dapetin ikan segar, bolehlah bikin ini 😊 Utk cuko, rawitnya sesuai selera ya, aku nggak kuat. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat memasak pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan) yuk!

Untuk menghidangkan Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 250 ml of air.
  2. Gunakan 125 gr of tepung terigu.
  3. Dibutuhkan 200 gr of tepung tapioka.
  4. Sediakan 2 butir of telur.
  5. Diperlukan 3 siung of bawang putih (haluskan).
  6. Sediakan 2 sdt of garam.
  7. Dibutuhkan 1 sdt of kaldu bubuk/totole.
  8. Sediakan 2 sdm of udang rebon (optional. dihaluskan yaa, kalo saya diulek).
  9. Ambil 1 sdm of tepung tapioka (untuk membentuk adonan agar tidak lengket).
  10. Siapkan of Bahan Cuko.
  11. Diperlukan 500 ml of air.
  12. Dibutuhkan 200 gr of gula merah (diiris-iris dulu ya biar mudah larut).
  13. Diperlukan 3 sdm of asam jawa.
  14. Gunakan 3 buah of cabe merah keriting (haluskan).
  15. Ambil 3 buah of cabe rawit merah (haluskan. optional ya kalo suka pedas).
  16. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih (haluskan).
  17. Ambil Secukupnya of garam.
  18. Dibutuhkan of Bahan Pelengkap.
  19. Dibutuhkan 1 buah of telur (untuk isian pempek).
  20. Gunakan 1 sdt of terigu (untuk isian pempek yg akan dicampur dengan telur).
  21. Siapkan 1 buah of timun (potong-potong).
  22. Ambil of Mie kuning (saya skip).

Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek – empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan.

Cara membuat Pempek Dos Udang Rebon + Cuko (Tanpa Ikan):

  1. Rebus air bersama bawang putih, garam, kaldu bubuk dan udang rebon sampai mendidih..
  2. Jika sudah mendidih matikan kompor dan masukan tepung terigu. Aduk-aduk sampai rata. Kemudian diamkan hingga adonan agak hangat/dingin..
  3. Masukan 2 buah telur dan aduk-aduk sampai rata. Bisa menggunakan mixer agar lebih cepat. Kalo saya aduk manual aja biar ga ngotorin perabot hoho..
  4. Tambahkan tepung tapioka. Kemudian uleni hingga kalis..
  5. Bentuk sesuai selera. Tips agar tidak lengket, balurkan tangan dengan tepung tapioka dulu ya, supaya mudah membentuknya. Tips kedua: kalo mau diisi telur, tambahkan terigu ke dalam telur kemudian kocok. Agar isinya tidak kopong. Isinya jangan full ya, setengah lubang saja agar tidak bocor..
  6. Campur air dengan 1 sdm minyak goreng agar tidak lengket. Kemudian tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih masukan pempek yang telah dibentuk dan tunggu hingga mengapung. Diamkan dulu sebentar kemudian angkat. Agar telur yang ada didalamnya matang..
  7. Goreng pempek hingga warna kecoklatan dan tiriskan. Bisa disimpan juga ya. Kalo mau disimpan, tambahkan tepung tapioka agar tidak menempel, kemudian simpan dalam wadah dan masukan ke kulkas..
  8. Resep cuko pempek. Didihkan air bersama dengan bawang putih, cabe, air asam jawa dan gula merah. Tambahkan garam dan koreksi rasa. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan saring cuko..
  9. Siap dinikmati bersama timun ^^.

Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya. Bikin saus cuko pempek dos : Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus serta garam. Matikan api serta masukkan cuka/air asam jawa ke dalamnya. CARA MEMBUAT PEMPEK UDANG REBON TANPA IKAN Cara Membuat Cuko Pempek Kental dan Enak.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pempek dos udang rebon + cuko (tanpa ikan). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *