Resep: Cilok ayam kuah

Posted on

Cilok ayam kuah. Karena ternyata kalo bahan kanji aja kurang nendang, jadilah bikin yang lebih berdaging. Lihat juga resep Cilok Kuah Isi Jando enak lainnya. Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia.

Merdeka.com – Cilok menjadi jajanan pinggir jalan dengan aromanya yang selalu pandai menggiurkan, apalagi dinikmati saat hujan dan dingin. Selain bakso dan seblak, cilok pun juga cocok ditemani kuah ayam yang gurih asinnya bikin ketagihan. Memiliki nama 'cilok' karena berasal dari kata aci dalam Bahasa Sunda yang berarti tepung kanji atau tapioka dan dicolok atau ditusuk.

Sedang mencari inspirasi resep cilok ayam kuah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok ayam kuah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Karena ternyata kalo bahan kanji aja kurang nendang, jadilah bikin yang lebih berdaging. Lihat juga resep Cilok Kuah Isi Jando enak lainnya. Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok ayam kuah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan cilok ayam kuah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok ayam kuah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cilok ayam kuah memakai 15 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Cilok ayam kuah:

  1. Gunakan 500 gr daging ayam giling (saya beli di best meat).
  2. Gunakan 8 sdm tepung terigu.
  3. Gunakan 12 sdm tepung tapioka.
  4. Gunakan 1 butir telur.
  5. Gunakan 10 siung bawang putih (haluskan).
  6. Gunakan 6 siung bawang putih geprek (untuk kaldu).
  7. Sediakan 2 sdt.
  8. Siapkan secukupnya garam.
  9. Gunakan secukupnya merica bubuk.
  10. Ambil 100 gr daging sapi (untuk kaldu).
  11. Ambil Minyak goreng untuk menumis.
  12. Siapkan Optional.
  13. Sediakan Jeruk sambal.
  14. Ambil Bon cabe.
  15. Gunakan Bawang daun.

Buat kamu yang gak suka rasa pedas, kamu bisa bikin cilok kuah dengan varian kuah gurih segar. Resep cilok kuah kaldu ayam ini cocok banget nih buat kamu. Cara bikinnya cukup mudah dan rasanya dijamin enak dan seger banget. Buat kamu yang gak suka rasa pedas, kamu bisa bikin cilok kuah dengan varian kuah gurih segar.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok ayam kuah:

  1. Campur semua bahan: daging giling, bawang putih halus, garam, dan merica bubuk. (lihat resep).
  2. Tambahkan tepung dan telur. Uleni adonan..
  3. Didihkan air..
  4. Cetak bulat adonan cilok ayam dengan cara memerasnya dan gunakan sendok sebagai bantuan. Masukkan ke dalam air mendidih dan masak hingga cilok mengapung..
  5. Tiriskan cilok dan didihkan air di panci lain serta tumis bawang putih yang sudah digeprek dan daging untuk kaldu..
  6. Masukkan tumisan bumbu dan cilok ayam ke dalam air mendidih dan berikan garam secukupnya sesuai selera..
  7. Sajikan cilok ayam dengan irisan bawang daun, bon cabe, serta peras jeruk sambal dan saring agar bijinya tidak ikut..
  8. Bisa juga disajikan tanpa kuah..

Resep cilok kuah kaldu ayam ini cocok banget nih buat kamu. Cara bikinnya cukup mudah dan rasanya dijamin enak dan seger banget. Yuk simak resep cilok kuah kaldu ayam di bawah ini. Untuk kuah, siapkan air rebusan kaldu lalu bumbui dengan kaldu ayam bubuk, ayam, gula, dan lada secukupnya. Hangatkan kuah kemudian tuang ke mangkok berisi cilok.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cilok ayam kuah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *