Cara Praktis Memasak Ayam goreng bumbu bebek madura

Posted on

Ayam goreng bumbu bebek madura. Setelah itu, bebek digoreng kering, kemudian disajikan bersama sambal terasi yang bikin makin lezat. Gak kalah enak dengan bebek hitam, kamu juga bisa bikin ayam goreng bumbu hitam khas Madura. Meskipun resep bebek Madura ini cenderung kalah dengan resep ayam goreng ataupun resep masakan dalam sehari-hari.

Di manado susah sekali nyari bebek, apalagi bebek bumbu hitam khas Madura atau bebek Madura. Oh ya aq copas resep nya dari mba Tya dan modifikasi masak biar gak perlu kasih mi. Suka beli di Abang Madura penjual ayam dan bebek goreng.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam goreng bumbu bebek madura yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng bumbu bebek madura yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Setelah itu, bebek digoreng kering, kemudian disajikan bersama sambal terasi yang bikin makin lezat. Gak kalah enak dengan bebek hitam, kamu juga bisa bikin ayam goreng bumbu hitam khas Madura. Meskipun resep bebek Madura ini cenderung kalah dengan resep ayam goreng ataupun resep masakan dalam sehari-hari.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng bumbu bebek madura, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ayam goreng bumbu bebek madura enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ayam goreng bumbu bebek madura sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam goreng bumbu bebek madura memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam goreng bumbu bebek madura:

  1. Ambil 1 ekor Ayam/pot 4/8 saja.
  2. Siapkan 1 bh Jeruk nipis.
  3. Siapkan Secumput garam.
  4. Sediakan 8 bh bwg merah besar.
  5. Siapkan 6 bh bwg putih.
  6. Sediakan Seruas jahe.
  7. Siapkan Seruas kunyit.
  8. Ambil Seruas lengkuas muda.
  9. Ambil 5 lbr daun salam besar.
  10. Siapkan 1 sdm ketumbar.
  11. Gunakan 1/4 sdt lada.
  12. Siapkan Mijin/kalau jamur/gulapasir.
  13. Gunakan Garam.
  14. Sediakan 4 lbr daun jeruk besar.
  15. Ambil 1 sdt Cabe merah keriting/ saya pakai cabe bubuk.

Bumbu si penjual emang enak banget sih.bikin nagih. Lihat juga resep Ayam Bumbu Bebek enak lainnya. Rebus bebek bersama air, air asam, dan garam. Buang air rebusan dan cuci bersih bebek.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam goreng bumbu bebek madura:

  1. Siapkan bahan, Bersihkan ayam/bebek pot jd 4/8 bagian saja. Supaya egk hancur. Trus pereskan jeruk nipis dan garam. Diamkan 20menit..
  2. Setelah diamkan 20menit, bilas hingga bersih, tuang bumbu yg di blender air, bwg, jahe, kunyit, ketumbar, lengkuas. Masukan semua bumbu lain. Aduk rata. Biarkan 1jam di kulkas..
  3. Masak di kuali, sambil. Sekali sekali di aduk. Beserta daun salam & jeruk ya. Masak hingga air agak menyusut, lalu masukan cabe bubuk, (pisahkan buat anak egk mkn cabe) ayam empuk, aduk rata. Masak hingga kering. Angkat dinginkan..
  4. Pisahkan ayam dari bumbunya. Lalu goreng ayam hingga kecoklatan, sisanya minyaknya buat tumis bumbu ayam yg di ungkep td. Bumbunya hanya di tumis hingga harumagak kering sepertingosong.aduk trus. Koreksi rasa. Jika rasa kurang tambahkan rasa(kaldu jamur/micin, garam) karena ini kunci enaknya..
  5. Setelah dirasakan bumbunya berubah warna coklat, bukan gosong angkat sisihkan. Siram di atas ayam& nasi 😄. Mkn sambil angkat 1kaki, nikmat mana yg kau dustakan..
  6. Ini suami sama adik sampe rebutan minyaknya… Sama 🍚, egk cukup😉. Kuncinya di minyak bumbu 👍. Nah utk sambal kebetulan saya punya stock hanya cabe pot, bawang merah & putih iris, sedikit bombay cincang halus, tumis di minyak hingga harum, kasih garam & kaldu jamur, yg saya simpan di toples..

Lihat juga resep Bebek Madura sambal hitam enak lainnya.. Bumbu matang nasi bebek goreng (kuah kuning , gorengan kelapa , lalapan) sambel terasi lihat di konten sebelumnya // serba simpel no ribet. Resep Bebek Madura Bumbu Hitam – Ternyata bebek bisa menjadi masakan khas Madura, walaupn bebek bisa di jumpai di kota mana saja tapi untuk cara memasaknya Madura memiliki cara tersindiri. Nah, itulah mengapa masakan bebek yang satu ini bisa menjadi masakan khas dari kota Madura ini. Artikel sebelumnya kita telah membahas Resep Bebek Madura juga, tapi yang ini sedikit berbeda dari namanya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam goreng bumbu bebek madura yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.