Aneka Resep: Tahu Campur Lamongan, Lezat

Posted on

Tahu Campur Lamongan. Baca juga: Resep Tahu Bulat Kopong Praktis Kalau soal rasa sih tak usah di tanya, sama-sama memiliki rasa yang enak gurih dan segar dengan bumbu rempah khas asli Indonesia. Selain terkenal dengan potongan daging sapinya yang empuk, Tahu Campur Lamongan ini juga sangat terkenal dengan Perkedel Singkongnya. Bahannya keliatannya aja banyak, tapi bikinnya aslinya gak ribet kok.

Dalam satu porsi tahu campur ini berisi lontong, tahu, perkedel singkong, selada, dan taoge. Tahu campur yang satu ini beralamat di jalan veteran, Lamongan. Tahu campur khas Lamongan ini punya cita rasa yang gurih dan segar.

Anda sedang mencari ide resep tahu campur lamongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tahu campur lamongan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tahu campur lamongan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan tahu campur lamongan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Baca juga: Resep Tahu Bulat Kopong Praktis Kalau soal rasa sih tak usah di tanya, sama-sama memiliki rasa yang enak gurih dan segar dengan bumbu rempah khas asli Indonesia. Selain terkenal dengan potongan daging sapinya yang empuk, Tahu Campur Lamongan ini juga sangat terkenal dengan Perkedel Singkongnya. Bahannya keliatannya aja banyak, tapi bikinnya aslinya gak ribet kok.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan tahu campur lamongan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Tahu Campur Lamongan menggunakan 47 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tahu Campur Lamongan:

  1. Ambil Bahan rebus/presto.
  2. Ambil 500 gr daging tetelan (saya: campur kikil).
  3. Ambil 2 lembar daun salam.
  4. Sediakan 4 lembar daun jeruk.
  5. Ambil 2 batang serai, geprek.
  6. Sediakan 3 cm lengkuas, geprek.
  7. Ambil 2 cm jahe, geprek.
  8. Gunakan Secukupnya air dan garam untuk merebus.
  9. Ambil Bahan kuah.
  10. Siapkan 10 biji bawang putih.
  11. Siapkan 7 biji bawang merah.
  12. Gunakan 1/2 sdm ketumbar, sangrai.
  13. Sediakan 1 sdt merica (saya: ladaku).
  14. Siapkan 2 cm kencur.
  15. Sediakan 2 cm jahe.
  16. Sediakan 6-8 cm kunyit.
  17. Ambil 1/4 sdt jintan.
  18. Sediakan 1 sdm gula merah.
  19. Sediakan Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk/penyedap jika berkenan.
  20. Siapkan 2 batang serai, geprek.
  21. Sediakan 3 cm lengkuas, geprek.
  22. Siapkan 2 lembar daun salam.
  23. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  24. Gunakan Bahan petis.
  25. Sediakan 2 sdm bawang putih goreng.
  26. Sediakan 2 sdm udang rebon/ebi, tumis sebentar (opsional).
  27. Gunakan 100 gr petis kualitas bagus (saya: dua kuali).
  28. Gunakan 250 ml air.
  29. Siapkan Bahan lentho/perkedel singkong.
  30. Ambil 500 gr singkong, parut.
  31. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  32. Sediakan 5 biji bawang putih.
  33. Siapkan 3 biji bawang merah.
  34. Siapkan 1 cm kunyit.
  35. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  36. Siapkan Secukupnya gula, garam.
  37. Ambil Secukupnya gula, garam.
  38. Siapkan Bahan sambal.
  39. Sediakan 20 cabe rawit (sesuai selera).
  40. Sediakan 1 sdt garam.
  41. Sediakan Bahan pelengkap.
  42. Gunakan Lontong.
  43. Ambil Mie kuning (saya skip).
  44. Sediakan Selada.
  45. Siapkan Tauge, seduh air panas.
  46. Siapkan Tahu goreng.
  47. Ambil Kerupuk kanji/ikan.

Bumbu petis yang berpadu dengan kuah kaldu sapi yang besar, bikin sajian ini digemari masyarakat lokal maupun pengunjungnya. Jika Anda jauh dari Lamongan dan ingin menyantap sajian lezat ini, Anda bisa membuat sendiri. Bahannya sederhana dan membuatnya juga mudah. Tahu campur Lamongan yang berada di Rawamangun ini juga nggak kalah fenomenal.

Langkah-langkah membuat Tahu Campur Lamongan:

  1. Jika menggunakan kikil, rebus kikil dengan daun salam dan daun jeruk selama 15-20 menit. Buang air rebusan. Kemudian potong dadu dan presto dengan bahan rebusan selama 15 menit. Sisihkan. (Jika menggunakan daging, bisa langsung presto daging sapi dengan bahan rebusan selama 30-40 menit. Air kaldu daging sapi jangan dibuang)..
  2. KUAH: Haluskan bawang putih, bawang merah, gula merah, ketumbar sangrai, kencur, kunyit, jahe, dan jintan. Tumis bumbu dan tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Tambahkan secukupnya gula, garam, lada, kaldu bubuk bila perlu. (TIPS: pastikan bumbu dimasak hingga menggelap dan tanak agar tidak ada bau mentah)..
  3. Masukkan kikil atau daging tetelan. Tumis sebentar agar bumbu meresap. Kemudian tambahkan air. (TIPS: jika menggunakan kikil lebih baik tidak menggunakan air bekas rebusan karena menurut saya kurang enak, tapi jika menggunakan daging tetelan lebih enak menggunakan air bekas rebusan)..
  4. PETIS: Didihkan air. Haluskan bawang putih goreng dan udang rebon/ebi (opsional). Masukkan bumbu dan petis, tambahkan gula garam. Aduk hingga mengental. Sisihkan..
  5. LENTHO/PERKEDEL SINGKONG: masukkan semua bahan menjadi satu. Pipihkan kemudian goreng. (Ini punya saya sudah terlanjur masuk kulkas jadinya kotak hehe).
  6. SAMBAL: rebus semua bahan menjadi satu lalu haluskan dengan garam dan tambahkan air matang..
  7. PENYAJIAN: masukkan 1 sdm petis/sesuai selera, tambahkan mie kuning (saya skip), irisan lontong, irisan tahu, irisan lentho, selada, tauge, dan sambal. Siram dengan kuah dan kikil/daging tetelan dan sajikan dengan kerupuk. InsyaAllah menurut saya ini enakkkk banget kayak beli di warung Lamongan. 😍👍🏻.

Biarpun cuma warung tenda, tapi pengunjungnya selalu ramai. Tahu campur Lamongan menggunakan bahan-bahan pembuatan yang terdiri dari sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, tauge segar, salada air, mie kuning, dan kerupuk udang. Perpaduan antara bahan-bahan tersebut membuat tahu campur Lamongan memiliki rasa cukup menarik di lidah, rasa nikmat tersebut adalah gurih-gurih segar. Tahu campur ini masakan khas Lamongan. Rasanya itu segar enak.mirip sama Bakmi Ketoprak Solo.tapi lebih kuat dan gurih Tahu Campur Lamongan ya rasanya, karena memakai campuran Tahu petis dan bumbunya lebih komplet.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat tahu campur lamongan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *