Resep Pempek lenjer dan bulat, Lezat

Posted on

Ingin membuat pempek lenjer dan bulat yang nikmat? Gak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep pempek lenjer dan bulat terbaik! Hadirkan pempek lenjer dan bulat untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Pada umumnya orang malas mulai memasak pempek lenjer dan bulat karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek lenjer dan bulat! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Pempek lenjer mempunyai bentuk sesuai namanya, yaitu lenjer alias panjang. Jadi pempek lenjer artinya pempek yang dibuat dengan bentuk memanjang dan begitu sederhana. Bahannya tetap sama, yaitu dari ikan.

Teman-teman dapat membuat pempek lenjer dan bulat hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin pempek lenjer dan bulat yuk!

Untuk membuat Pempek lenjer dan bulat, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 300 gr of daging ikan tenggiri.
  2. Diperlukan 400 gr of sagu tani.
  3. Diperlukan 2 butir of putih telor.
  4. Dibutuhkan 1 sdm of garam.
  5. Diperlukan 1/2 sdm of penyedap jamur.
  6. Dibutuhkan 1 1/4 of air gelas.
  7. Sediakan of Sambel Belacan.
  8. Gunakan 8 of cabe keriting.
  9. Ambil 5 of cabe rawit.
  10. Ambil 5 of bawang putih.
  11. Gunakan of Terasi ukuran 2*2*3.
  12. Diperlukan 3 sdm of gula pasir.
  13. Dibutuhkan 1/2 sdt of garam.
  14. Sediakan 5 of jeruk asem / 2 sdm cuka makan.
  15. Ambil 1/2 gelas of air.

Saat ini memang ada banyak sekali kreasi resep pempek Palembang yang bisa dibuat di rumah. Sebut saja pempek dos, pempek kulit, pempek pastel, pempek keriting, pempek lenggang, serta pempek tanpa ikan. Namun resep pempek Palembang lenjer dan kapal selam asli ikan tengiri ini jangan sampai terlewatkan ya, selamat mencoba 🙂 Resep Pempek Ikan Tenggiri Enak dan Mudah. Jenis pempek antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat (biasa disebut "ada'an"), pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, pempek keriting, ada juga pempek kulit ikan.

Langkah-langkah membuat Pempek lenjer dan bulat:

  1. Siapkan kan daging ikan, campur dg garam, penyedap, putih telor dan air dimasukan bertahap. Blender sampai halus, kl daging ikan mengental krn d blender, bagian halus bisa d pisahkan, tambahkan air bertahap sampai ikan halus semua. Sisa air bisa d campur kan dan di uleni dg tangan sampai adonan mengental dan agak memadat,.
  2. Campurkan adonan dg sagu sebanyak 300 gr, secara bertahap, aduk sampai tercampur rata, jgn d uleni terlalu semangat ya, supaya pempek tidak liat. Cukup d campur sampai sagu ny merata. Kemudian bagi adonan menjadi 2. Siapkan air mendidih ya…
  3. Setengah bagian bisa langsung d rebus. Dibentuk bulat2 besar seperti baso, direbus sampai matang dan bisa diangkat ya. Tanda mateng, pempek bulat akan mengembang dan mengapung..
  4. Setengah bagian lg bisa d campurkan dg 50 gr sagu, inget ya jgn di uleni terlalu semangat, nanti jd keras pempek ny. Siapkan talenan kecil, beri taburan sagu sedikit dan sisa 50gr sagu bs d pake buat membentuk adonan menjadi lenjer..
  5. Setelah dibentuk dg bantuan talenan, lgs d rebus ke air mendidih yg td bekas rebusan pempek bulet ya gaes. Inget ya stlh dibentuk adonannya, lgs direbus jgn d diemin, ntar adonannya meleber lg 😁. Rebus sampai mateng, tiriskan dan angkat deh. Bisa di potong2 sebelum disajikan..
  6. Untuk sambel belacan cara buat nya: rebus dl cabe ny sebentar dg air mendidih ya, untuk membuang aroma mentah cabe nya. Kemudian terasi jg di panggang dl ya supaya mateng dan harum..
  7. Haluskan semua bahan, cabe, bawang putih, terasi, garam, gula dan air. Jeruk asem/cuka bisa d tambahkan terakhir. Siap deh disajikan.. met mencoba.

Pempek lenjer adalah pempek paling standar dan termasuk salah satu yang proses pembuatannya paling mudah. Lenjer sendiri ada yang dibuat kecil dan ada yang dibuat menjadi ukuran besar, dan biasa disebut lenjer besar atau lenjer gede. Jenis pempek yang satu ini tidak memiliki isi dan biasanya hanya polos saja. Kenyal tapi nggak keras kalo digigit, dan ketika dikunyah itu empuk, adalah yang saya ingat dari tekstur pempek lenjer. Ini salah satu makanan yang saya alami trial errornya itu bisa dibilang banyak, cari info sana-sini, analisa perbandingan bahan dan bumbu (yailah analisa, macam ilmuwan aja :)) ), soalnya ada bikin pempek ini agak tricky juga.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pempek lenjer dan bulat. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *