Resep: Pempek udang papai (udang kering), Lezat Sekali

Posted on

Bosen sama makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep pempek udang papai (udang kering) ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Sajian pempek udang papai (udang kering) ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Kebanyakan orang tidak berani memasak pempek udang papai (udang kering) karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek udang papai (udang kering)! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Di tempat yang sama juga bisa dijumpai kepiting rajungan. Racikanbumbu.com – Empek empek Udang Kering/Udang Rebon terdengar tidak asing di telingga, bentuknyapun sederhana tapi jika di nikmati sungguh membuat anda ketagihan, Empek empek ini banyak di jual di warung kampus, sangat nikmat bila di santap saat masih panas. Pempek kemudian disajikan dengan saus berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuko.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat menyiapkan pempek udang papai (udang kering) hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pempek udang papai (udang kering) yuk!

Untuk menyiapkan Pempek udang papai (udang kering), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 400 gr of tepung tapioka.
  2. Gunakan 2 sdm of minyak goreng (sayur).
  3. Gunakan 1 1/2 sdm of garam.
  4. Diperlukan 1 bungkus of penyedap rasa (royco/masako).
  5. Dibutuhkan 3 butir of telur.
  6. Siapkan of Bahan biang.
  7. Dibutuhkan 200 gr of tepung terigu.
  8. Gunakan 25 g of ebi kering (udang papai).
  9. Sediakan 7 siung of bawang putih.
  10. Diperlukan 500 ml of air mendidih.
  11. Ambil of Bahan cuko.
  12. Sediakan 300 gr of gula merah.
  13. Ambil 1 bungkus of asam jawa.
  14. Diperlukan 5 gr of ebi kering haluskan.
  15. Dibutuhkan 2 siung of bawang putih haluskan.
  16. Dibutuhkan 5 of cabe keriting haluskan.
  17. Dibutuhkan 7 of cabe rawit (sesuai selera) haluskan.
  18. Siapkan 1 lt of air.
  19. Sediakan secukupnya of Garam.
  20. Ambil secukupnya of Gula putih.

Cuko terbuat dari air matang, gula aren, udang kering, sambal rawit, bawang putih dan garam. Terkadang ditambah dengan irisan timun dan mie kuning juga disajikan sebagai pelengkap. Assalamualaikum wr wb hay bunda sista semua nya Hari ini Saya mencoba membuat empek '' Dari bahan dasar udang ebi. Emmm ternyata sangat enak juga bunda sama kayak ikan tengiri hhhihiii., ok. – Udang kering secukupnya.

Cara menyiapkan Pempek udang papai (udang kering):

  1. Pertama2 kita membuat biang terlebih dahulu. siapkan wadah berisikan tepung terigu. Panaskan panci yg berisikan air. Sambil menunggu air mendidih, haluskan bawang putih dan ebi kering yg sdah direndam dengan air panas..
  2. Setelah mendidih masukan ebi dan bawang putih yg telah dihaluskan, tidak usah terlalu lama, masukan air yg mendidih kedalam wadah yg berisikan tepung terigu, aduk sampai rata..
  3. Jika sdah tercampur masukan minyak, garam, royco, kedalam adonan aduk hingga rata. Masukan tepung tapioka secara perlahan sambil diaduk sampai tepung habis (sisakan tepung untuk melumuri tanggan agar tidak lengket saat membentuk pempek).
  4. Kocok telur untuk isian didalam pempek, bentuk pempek sesuai keinginan. Rebus pempek dalam air mendidih yg sdah diberi minyak goreng (agar tidak lengket) sampai matang.
  5. Cara membuat cuko, panaskan air didalam panci cemplungkan gula merah biarkan mendidih, lalu masukan semua bahan yg sdah di haluskan, tambahkan sedikit garam, jika kurang manis tambahkan gula putih secukupnya.
  6. Goreng pempek dan siap disajikan selagi hangat 😘.

Campurkan gula garam dan ulekan cabai dalam satu wadah. Lalu campurkan ke dalam adonan cabai, gula yang sudah. Pempek wajib hukumnya disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko terbuat dari air, gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Sebagai pelengkap, makanan ini menggunakan mentimun yang diiris dadu dan mi kuning.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat pempek udang papai (udang kering) hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *