Cara Mudah Membuat Empek Empek Telur yang Sempurna

Posted on

Ingin tau rahasia memasak empek empek telur yang enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep empek empek telur terbaik! empek empek telur, sajian gampang dan cepat untuk dibuat. Pas untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan empek empek telur karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empek empek telur! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Dan yang paling terkenal adalah masakan pempek atau empek empek, makanan ini hampir ada diseluruh penjuru kota di Indonesia, baik kota besar maupun kota kecil. Lihat juga resep Pempek telor (dos/tanpa ikan) menu buka puasa enak lainnya! Resep Pempek Telur yang Empuk dan Lembut.

Kalian dapat menghidangkan empek empek telur hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 13 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin empek empek telur yuk!

Untuk menyiapkan Empek Empek Telur, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan of Bahan :.
  2. Diperlukan 1/4 kg of tepung terigu.
  3. Siapkan 1/2 kg of tepung tapioka.
  4. Gunakan 2 butir of telur.
  5. Diperlukan 1 genggam of bawang putih (bagi 2).
  6. Dibutuhkan 2 sdm of minyak goreng.
  7. Gunakan secukupnya of garam.
  8. Siapkan secukupnya of air.
  9. Sediakan of Bahan kuah :.
  10. Gunakan 1/4 kg of gula merah.
  11. Diperlukan 1 sdm of ebi.
  12. Ambil 5 buah of cabe rawit (sesuai selera pedas).
  13. Ambil sedikit of garam.
  14. Siapkan segenggam of asam jawa.
  15. Sediakan secukupnya of gula garam.
  16. Sediakan of Tambahan :.
  17. Sediakan of Mie keriting dan timun.

Pempek Asli Palembang yang menggunakan isian berupa telur ada dua macam variasi, yaitu pempek kapal selam dan pempek telur kecil. Keduanya memiliki kemiripan dalam bahan dan isian yang di gunakan, hanya berbeda pada bentuknya saja. Dalam hal penyajian pun tidak berbeda, yaitu sama-sama di sajikan bersama dengan kuah cuko dan terkadang di beri tambahan. Adonan empek empek siap dibentuk sesuai selera; Untuk pempek telur kecil: ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk kemudian isilah dengan telur yang di kocok dan dimasak setengah matang.

Cara memasak Empek Empek Telur:

  1. Step 1 Membuat kuah : Haluskan semua bawang putih dan secukupnya garam kemudian bagi 2 untuk bahan pek mpek dan kuah cuka..
  2. Sisa untuk bumbu kuah : tambahkan ebi dan cabe rawit sesuai selera pedas lalu haluskan.
  3. Rebus gula merah tambahkan asam jawa. Setelah gula sedikit hancur masukkan bumbu halus.
  4. Tunggu sampai mendidih, tes rasa. Setelah matang sisihkan.
  5. Step 2 bahan mpek2 : Campurkan tepung terigu dan secukupnya air, aduk sampai kalis. Kemudian kocok lepas telur (ambil 2 butir). Sisihkan dulu.
  6. Next, siapkan pan beri secukupnya air, setelah sedikit mendidih masukkan sisa bumbu halus step 1 kemudian tambah 2 sdm minyak goreng. Aduk sampai merata.
  7. Masukkan adonan aduk sampai merata. Masukkan telur secara perlahan kemudian aduk kembali sampai adonan kalis (api kondisi kecil ya).
  8. Kira2 adonan seperti ini โœŒ Setelah siap angkat lalu sisihkan.
  9. Masukkan 1/2 kg tapioka kemudian aduk dengan tangan sampai kalis. Setelah adonan mudah dibentuk, buat menjadi lonjong (sesuai selera saja).
  10. Saya : bentuk adonan seperti mangkuk, lalu beri isian dari sisa telur. Saya lakukan sampai habis.
  11. Setelah siap, panaskan air tunggu sampai mendidih kemudian rebus mpek2 sampai matang sempurna (api dalam kondisi sedang) setelah matang sisihkan.
  12. Step 3 Tambahan toping : Rebus mie, tiriskan. Lalu kupas timun potong dadu kecil (jangan lupa cuci bersih).
  13. Boleh digoreng/makan langsung..

Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga empek empek mengapung, angkat dan tiriskan. Cara Membuat Pempek Isi Telur Renyah Enak – Apasih makanan kesukaan kalian ? pasti salah satunya ada yang jawab pempek kan ? makanan khas Palembang dari negara kita tercinta ini emang patut untuk dijadikan makanan kesukaan loh. rasanya yang khas ditambah sausnya yang beda dari saus yang lain membuat lidah ingin erus digoyang karenanya. tapi kalian tau gak sih berapa harga pempek dikota. Adonan empek empek siap dibentuk sesuai selera Untuk pempek telur kecil: ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk kemudian isilah dengan telur yang di kocok dan dimasak setengah matang. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga empek empek mengapung, angkat dan tiriskan. Macam – macam pempek Palembang antara lain : pempek kapal selam/pempek telor besar, pempek telor kecil, pempek lenjer, pempek bulat/adaan, pempek pistel, pempek tahu Karena nggak punya telur, aku buat Empek-Empek Lenjer aja yang paling simple.

Mudah bukan membuat empek empek telur? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *