Aneka Resep: Sempol Ayam Anti Gagal

Posted on

Sempol Ayam. Mungkin nama kudapan ini masih asing untuk beberapa orang, tapi ketika anda pergi ke Malang, sempol ayam cukup populer di kota ini. Kudapan praktis ini terbuat dari campuran ayam, tepung tapioka, telur, dan berbagai bumbu lalu digoreng! Lihat juga resep Sempol Ayam enak lainnya.

Sempol ayam sederhana bisa banget diolah sendiri di rumah. Selama campuran bahan dan bumbunya pas, rasanya nggak kalah enak dari resep sempol ayam abang-abang yang selalu laris dagangannya. Berikut resep sempol ayam empuk yang rasa dan teksturnya hampir menyamai sempol ayam khas Malang dan sempol ayam Bandung.

Anda sedang mencari ide resep sempol ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sempol ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sempol ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sempol ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Mungkin nama kudapan ini masih asing untuk beberapa orang, tapi ketika anda pergi ke Malang, sempol ayam cukup populer di kota ini. Kudapan praktis ini terbuat dari campuran ayam, tepung tapioka, telur, dan berbagai bumbu lalu digoreng! Lihat juga resep Sempol Ayam enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sempol ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sempol Ayam memakai 18 bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sempol Ayam:

  1. Gunakan 🍥Bahan adonan :.
  2. Siapkan Daging ayam.
  3. Sediakan Tepung tapioka.
  4. Ambil Tepung terigu.
  5. Ambil Telur.
  6. Ambil Kuah kaldu/air.
  7. Siapkan Daun bawang/seledri.
  8. Sediakan 🍥Bumbu :.
  9. Siapkan 6 biji Bawah merah.
  10. Gunakan 3 biji Bawang putih.
  11. Gunakan 10-15 butir Merica.
  12. Siapkan Garam.
  13. Siapkan Penyedap rasa (optional).
  14. Gunakan 🍥Peralatan :.
  15. Ambil Baskom.
  16. Siapkan Panci.
  17. Sediakan Penggorengan.
  18. Ambil Stick.

Resep Sempol Ayam – Aneka jajanantanah air kini semakin beragam dan makin banyak jenisnya karena telah dimodifikasi. Banyak pelaku kuliner nusantara yang membuat aneka variasi makanan baru dengan menciptakan inovasi pada resep-resep yang sudah ada dan salah satu jajanan yang banyak digandrungi juga banyak macam modifikasinya adalah sempol. Resep Sempol Ayam yang satu ini rasanya seperti empek-empek goreng + bakso ayam + kerupuk lekor goreng, komplit pokoknya. Sangat kenyal dan tentu saja enak.

Langkah-langkah menyiapkan Sempol Ayam:

  1. Blender daging ayam dg air kaldu/air biasa sampai benar-benar halus. Kalau aku ayamnya direbus dulu. Trs dipisahin dr tulang, blender..
  2. Haluskan bumbu (boleh diuleg/diblender).
  3. Campur daging, bumbu, telur (1/2 telur, tujuannya spy empuk) ke wadah/baskom. Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga adonan kalis. Perbandingan terigu : tapioka = 1 : 3.
  4. Uleni adonan hingga kalis. Boleh tambah air/kaldu (nambahinnya tergantung mau bikin seberapa banyak) intinya adonan kalis & perbandingan tepung terigu : tapioka = 1 : 3.
  5. Tambah garam, penyedap rasa, dan seledri/daun bawang. Uleni lagi, jgn lupa icip-icip, rasain udah asin atau belum yaa hehe (oya, nanti kan adonan direbus itu mjdkan tingkat asinnya berkurang, jd asinnya dikira2 agak lebih asin dikit pas masih jd adonan).
  6. Pastiin kalau udah kalis (udah nggak nempel di tangan, gak bendrek/jatuh pas ditempelin ke stick)..
  7. Tempelin ke stick. Bentuknya terserah deh, mau cantik mirip sempol, mau tabung, pipih, lope-lope, serah deh. Tapi jgn tebel-tebel nanti kelamaan matengnya pas direbus..
  8. Adonan yg udh dikasih stick langsung dimasukkan ke dalam air rebusan yg udah mendidih..
  9. Tunggu sampai sempol naik ke permukaan (pertanda sempolnya udh mateng). Angkat, tiriskan..
  10. Siapkan telur yg udh dikocok, kasih garem dikit. Celupin sempol ke telur..
  11. Panaskan minyak, goreng deh. Api sedang. Jangan terlalu gede nanti gosong, jangan terlalu kecil, kelamaan keburu ngiler pengen nyicip..
  12. Platting, nyicip2, m jangan lupa foto-foto jg. Oya, selama proses masak jgn lupa minum, biar gak dehidrasi. Khawatirnya belum sempet nyicip sempol, eh udah pingsan duluan krn dehidrasi… Nah, Sempol Ayam sudah siap utk dicicipin. Seruu kan, masak sempol bareng Orange Kitchen 🍥.

Sangat cocok anda sajikan sebagai camilan dirumah agar putra-putri anda tidak jajan sembarangan. Sempol ayam terbuat dari campuran daging ayam, tepung tapioka, aneka bumbu dan dililitkan pada tusuk sate. Sekilas sempol ayam hampir mirip dengan otak-otak. Kalau ngomongin sempol, pasti anak-anak ya bun jagonya. Soalnya jarang banget anak-anak yang nolak akan gurihnya sempol ayam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sempol ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *