Cara Menyiapkan Ipau Khas Banjar versi Tumpuk Kekinian

Posted on

Ipau Khas Banjar versi Tumpuk. Punya daging tinggal sedikit, terpaksa ditambahin kornet biar dagingnya agak banyakan.. Tapi ipau basumap atau ipau kukus, adalah versi yang paling banyak diminati di kalangan masyarakat Banjarmasin khususnya. Sekarang enggak usah jauh-jauh pergi ke Banjarmasin hanya untuk menikmati ipau, lasagna asli Indonesia ini.

Sop Mutiara memang relatif populer hanya pada kalangan warga Tionghoa. Perlu diketahui, ciri khas kue- kue Banjar seperti wadai bingka, hantaran tatak, srikaya, rata-rata terasa (sangat)manis, saya yang sudah manis akan bertambah manis jika terus makan yang manis-manis *ahaiiii* Kue Ipau bisa menjadi alternatif lain karena rasanya asin gurih. WADAI IPAU by Efa Wati. wadai Ipau (Lasagna Banjar), setiap bulan Ramadhan banyak kita temui cocok menjadi salah satu menu berbuka puasa.

Anda sedang mencari inspirasi resep ipau khas banjar versi tumpuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ipau khas banjar versi tumpuk yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Punya daging tinggal sedikit, terpaksa ditambahin kornet biar dagingnya agak banyakan.. Tapi ipau basumap atau ipau kukus, adalah versi yang paling banyak diminati di kalangan masyarakat Banjarmasin khususnya. Sekarang enggak usah jauh-jauh pergi ke Banjarmasin hanya untuk menikmati ipau, lasagna asli Indonesia ini.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ipau khas banjar versi tumpuk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ipau khas banjar versi tumpuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ipau khas banjar versi tumpuk sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ipau Khas Banjar versi Tumpuk memakai 30 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ipau Khas Banjar versi Tumpuk:

  1. Ambil Bahan Kulit:.
  2. Ambil 100 gram tepung terigu serbaguna.
  3. Sediakan 25 gram tepung tapioka.
  4. Siapkan 1/2 sdt garam.
  5. Siapkan 1 butir telur ayam.
  6. Siapkan 1 sdm margarin cair.
  7. Gunakan 250-300 ml air.
  8. Ambil Bumbu halus.
  9. Ambil 2 buah bawang merah besar.
  10. Ambil 1 siung bawang putih.
  11. Gunakan 1/2 sdt garam.
  12. Sediakan 1 sdt gula.
  13. Siapkan Secukupnya lada.
  14. Sediakan 1 sdm bumbu kari kemasan/bubuk kari.
  15. Sediakan Isian:.
  16. Ambil 1 buah kentang.
  17. Ambil 1 buah wortel.
  18. Siapkan 1 batang daun bawang.
  19. Gunakan 50 gram daging sapi (cincang).
  20. Gunakan 50 gram kornet sapi.
  21. Sediakan Santan kental:.
  22. Sediakan 1 sachet santan kemasan 65ml (tambahkan 135 ml air hingga 200ml).
  23. Siapkan 1 sdm tepung maizena.
  24. Sediakan Secukupnya garam.
  25. Sediakan Secukupnya gula.
  26. Siapkan Pelengkap:.
  27. Gunakan 1 butir telur rebus.
  28. Ambil Daun seledri (daun sop).
  29. Sediakan Bawang goreng.
  30. Ambil Minyak goreng untuk menumis.

Kalo ga punya daging jangan maksa pake tempe. Ipau ini katanya merupakan makanan peranakan dari Timur Tengah-Banjar. Jadi, ada paduan daging sapi atau kambing (umumnya sapi) yang biasanya dikonsumsi di daerah Timur Tengah dipadukan dengan santan khas daerah tropis Banjarmasin. Makanan ini unik karena bentuknya berlapis-lapis seperti lasagna gitu.

Cara membuat Ipau Khas Banjar versi Tumpuk:

  1. Kulit ipau: Campurkan tepung, garam, air, telur, dan margarin cair secara bertahap. Saring, lalu simpan di lemari es..
  2. Bumbu halus dan isian: Ulek bawang, garam, gula, dan lada hingga halus. Potong dadu kentang dan wortel, serta iris-iris daun bawang. Sisihkan..
  3. Panaskan 3 sdm minyak goreng/margarin, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan bumbu kari dan wortel, beri sedikit air, masak sebentar..
  4. Masukkan daging cincang dan kornet, aduk rata, kemudian masukkan kentang dan daun bawang, masak hingga semua matang, apabila sayuran masih keras, ulangi beri sedikit air, tes rasa dan tekstur sayuran..
  5. Keluarkan adonan kulit ipau dari lemari es, dadar satu persatu dengan teflon yang dioles minyak goreng dan disapu dengan tisu. Gunakan sendok sayur sebagai takaran. Dadar hingga adonan habis dengan api kecil..
  6. Tata adonan di piring, tambahkan bahan isian secukupnya, lakukan terus menerus hingga adonan dan bahan isian habis (saya menyisakan 4 lembar kulit ipau). Sisihkan..
  7. Santan kental: masak dengan api kecil santan yang sudah dicairkan menjadi 200ml dengan 1/4 sdt garam, 1/2 sdt gula, dan maizena hingga mengental, aduk terus agar tidak menggumpal..
  8. Ambil ipau yang sudah ditata dan diisi sayuran lengkap, beri taburan daun seledri dan bawang goreng, serta telur rebus, dapat ditambahkan pula sisa santan kental apabila ada. Sajikan..

Jadi katanya Lasagna versi Banjar gitu lah.:D Resep Membuat Kue Ipau yang Lezat Sekali merupakan salah satu resep kue khas dari Banjarmasin, Kalimantan selatan. Yang Menggoda dari kue ipau ini adalah tekstur bentuk dan lezetannya yang membuat para kuliner memburu kue ipau ini. Kue ipau ini bisa Anda temui ketika menjelang puasa ramadhan dan bisa Anda sajikan sebagai menu berbuka puasa. Dilansir dalam tribunnews.com, wadai Ipau atau yang dalam bahasa Banjar berarti kue Ipau ini sebetulnya adalah kue tradisional orang Arab yang ada di Keluarahan Antasan Kecil Barat (Akaba) atau yang biasa disebut Kampung Arab di Banjarmasin. Masih belum jelas bagaimana sejarah dan awal mula makanan ini populer, namun hingga kini Wadai Ipau masih populer khususnya saat Ramadan tiba Gan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ipau Khas Banjar versi Tumpuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.