Resep: Pukis empuk dg 1 telur Anti Gagal

Posted on

Pukis empuk dg 1 telur. Angkat pukis, saat masih panas olesi samping-sampingnya dengan mentega. Artikel kali ini akan mengulas rahasia adonan kue pukis empuk dan legit. Pada video kali ini Dapur Mamaku mengulas secara lengkap tentang Cara membuat Pukis dan tips bagaimana supaya cetakan Tidak seperti kue-kue lainnya, pukis dibuat dengan proses pengapian (bukan oven), yakni dimasak di bawah api dengan cetakan khusus.

Bisa dimodifikasi dengan kentang atau ubi agar semakin empuk. Cara Membuat Kue Pukis – Versi Wikipedia, pukis merupakan salah satu kue jadul khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan juga santan.

Lagi mencari ide resep pukis empuk dg 1 telur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pukis empuk dg 1 telur yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pukis empuk dg 1 telur, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan pukis empuk dg 1 telur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Angkat pukis, saat masih panas olesi samping-sampingnya dengan mentega. Artikel kali ini akan mengulas rahasia adonan kue pukis empuk dan legit. Pada video kali ini Dapur Mamaku mengulas secara lengkap tentang Cara membuat Pukis dan tips bagaimana supaya cetakan Tidak seperti kue-kue lainnya, pukis dibuat dengan proses pengapian (bukan oven), yakni dimasak di bawah api dengan cetakan khusus.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pukis empuk dg 1 telur sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Pukis empuk dg 1 telur menggunakan 7 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pukis empuk dg 1 telur:

  1. Gunakan 1 telur ayam.
  2. Sediakan 70 gr gula kastor (gula pasir jg bs).
  3. Ambil 125 gr tepung segitiga biru.
  4. Siapkan 1/2 sdt ragi saf.
  5. Ambil 1/4 sdt vanila bubuk.
  6. Ambil 200 ml santan matang(dari 1kara kecil tmbhkn air jadi 200 ml).
  7. Gunakan 50 gr margarin blueband yg dicairkan.

Adonan ini kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan, yang kemudian dipanggang di atas api kompor (bukan oven). Jika permukaan pukis sudah kering, segera angkat. Itulah resep dan cara membuat pukis pandan yang empuk banget. Gak cuma bisa dibuat camilan keluarga, pukis ini bisa kamu sajikan saat acara spesial, lho.

Cara menyiapkan Pukis empuk dg 1 telur:

  1. Kocok telur dan gula sampai halus dan rata pakai wisk..
  2. Masukkan campuran adonan tepung ragi dan vanila yg sdh diratakan sblmnya, campur bergantian dg santan. Aduk rata..
  3. Setelah rata tambahkan margarin cairnya. Aduk rata. Tutup wadah dan diamkan selama 1 jam. Oiya, saat santan dan jg margarin cair dicampur ke adonan tadi, jgn pas panas2 mendidih ya, tunggu bbrp saat, sampai hangat2 kuku saja..
  4. Setelah 1 jam, adonan akan mengembang, panaskan cetakan pukis yg sdh diolesin sblmnya dg sedikit blueband. Cetakan pukis pertama-tama dipanaskan dg api sedang, setelah panas, baru dikecilkan apinya..
  5. Pakai api kecil, tuang adonan 3/4 dari tinggi cetakan, saat dituang, akan ada bunyi kress gitu, lalu tutup. Setelah bergelembung, buka tutupnya, isi dg toping diatasnya suka2. Tutup lagi sbntr smp matang..
  6. Setelah matang, bisa diambil dari cetakan. Ini resep 1 telur bs jd 10 pukis ya. Naah kali ini tadi saya bikin 2x adonan, ya tinggal dikalikan 2 aja deh jadinya pukis. Selamat mencoba 😄.
  7. Foto yg di samping ini adalah hasil bikin lagi di hari lain, pukis bikinanku yg ke 4, Ahad 8 april 2018, 2x resep ini jadi 19 pukis. Hanya 2 macem rasa topping keju dan coklat. Lebih bagus hasilnya, ternyata tipsnya, sewaktu diambil dari cetakan, masih panas2 saat diletakkan di atas piring, jangan saling ditumpuk-tumpuk, tapi letakkan berjejer dikasih jarak antar pukisnya ya 😄.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Pukis Keju yang Gampang, Enak dan Lumer di Lidah! Kue basah yang tidak kalah enaknya dengan martabak manis yaitu kue pukis. Jajanan yang satu ini sangat mudah kita jumpai di pasar tradisional. Ada beberapa variasi rasa dan topping kue pukis ini, mulai dari pandan, coklat, keju hingga kismis. Walaupun memerlukan cetakan kue khusus, namun membuatnya terbilang mudah dan cepat dalam pengolahannya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pukis empuk dg 1 telur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *