Resep: Bekakak ayam kampung(oven) Anti Gagal

Posted on

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep bekakak ayam kampung(oven) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan bekakak ayam kampung(oven) untuk agenda masak akhir pekan ini. Hidangan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan bekakak ayam kampung(oven) karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bekakak ayam kampung(oven)! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Salah satunya ayam bekakak khas Sunda yang punya citarasa pas perpaduan dari gurih, manis, dan pedas. Selain dari ayam kampung, rasa gurih sajian ini juga disumbangkan dari santan kental yang dipakai untuk mengungkep ayam. Pada umumnya ayam bakakak ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang dengan oven yang disebut ayam bekakak oven atau bekakak panggang.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat membuat bekakak ayam kampung(oven) hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin bekakak ayam kampung(oven) yuk!

Untuk membuat Bekakak ayam kampung(oven), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1 ekor of ayam kampung(belah,cuci,tusuk).
  2. Sediakan of #olesan ayam#.
  3. Dibutuhkan Secukupnya of garam.
  4. Sediakan Secukupnya of masako.
  5. Diperlukan Secukupnya of minyak goreng.
  6. Sediakan of #sambal kecap#.
  7. Diperlukan 20 buah of cabai rawit(iris).
  8. Ambil 8 siung of bawang merah(iris).
  9. Diperlukan 1 buah of tomat(aku gak punya).
  10. Gunakan Secukupnya of kecap bango.

Namun ada juga ayam bekakak goreng. Soal bumbu, ada banyak variasi dengan bermacam-macam jenis bumbu, misalnya ayam bekakak bumbu rujak, ayam bekakak bumbu manis dan bumbu pedas. Namun tidak hanya itu dekorrumah juga menyajikan informasi menarik lainya seputar Desain Rumah Minimalis Terbaru dan hal – hal. Untuk aya bekakak ini lebih enak menggunakan ayam kampung ya teman-teman agar citarasanya bertambah gurih manis alami.

Proses menghidangkan Bekakak ayam kampung(oven):

  1. Panaskan oven suhu 200 Drajat lalu kita masukan ayam bekakak nya ya,ini pakai api bawah,sampai dia gak netes air baru kita keluarin ayam nya and kita oles atasnya pake bumbu oles and kita masukin lagi ke oven,skrng taruh di rak tengah and pake api atas(jngn lupa api bawah di matikan).
  2. Setelah mulai matang and agak kering dikit,keluarkan ayam bekakak dari oven lalu kita balik ayam nya and oles lagi dengan bumbu setelah itu masukan lagi ke posisi tengah juga tetap pakai api atas ya,masak sampai matang.. karna aku gak liat waktu pas manggang(jadi waktu kira2 aja Ampe ayam bekakak matang).
  3. Setelah matang siap di cocol dengan sambal kecap tadi huh mantap coy…..

Atau bisa juga pakai ayam pejantan. Lihat juga resep Ayam Panggang Bekakak Terasi Madu enak lainnya. Baca Juga : Resep Ayam Geprek Wong Klaten (Ayam Goreng Tepung Sambal Bawang) Seperti sajian sate dan soto, ayam panggang atau ayam bakar ternyata juga punya kekhasan di tiap daerah asalnya. Seperti resep ayam bekakak khas Sunda, sajian yang terbuat dari daging ayam sebagai bahan utamanya ini juga memiliki ciri khas yang membedakan dari masakan ayam lainnya. Muantab euyy,walaupun bikin ini Bumbunya ngga komplit tapi tetap Sedap lho,apalagi kalo Bumbunya Lengkap,du.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat bekakak ayam kampung(oven) hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *