Resep Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu yang Lezat Sekali

Posted on

Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu. Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat. Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon.

Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu

Makanan ini merupakan cemilan khas pekalongan yag cukup banyak diminati para wisatawan. Hidangan lontong ini paling nikmat digunakan untuk sarapan bareng keluarga maupun teman sekantor. Pindang Tetel semakin populer menjadi Kuliner Khas Pekalongan yang wajib anda coba.

Anda sedang mencari inspirasi resep pindang tetel khas pekalongan ala ibu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang tetel khas pekalongan ala ibu yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang tetel khas pekalongan ala ibu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pindang tetel khas pekalongan ala ibu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat. Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pindang tetel khas pekalongan ala ibu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu memakai 22 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu:

  1. Sediakan 250 gr daging sapi,sandung lamur (daging yg sedikit belemak).
  2. Siapkan 500 gr towel/kikil,rebus buang air.
  3. Gunakan 5-6 buah kluwak/kluwek,rebus.
  4. Siapkan 1 helai daun bawang.
  5. Sediakan 2 lembar daun salam.
  6. Ambil bumbu halus:.
  7. Gunakan 7 siung bawang merah.
  8. Sediakan 4 siung bawang putih.
  9. Gunakan 1 buah cabe merah,buang bijinya.
  10. Siapkan 5-6 butir kemiri,sangrai.
  11. Sediakan 1/4 sdt lada.
  12. Sediakan 1 jempol lengkuas.
  13. Siapkan 2 sdm kecap.
  14. Sediakan secukupnya gula pasir dan garam.
  15. Gunakan 3 liter air (sesuaikan kebutuhan).
  16. Gunakan secukupnya minyak goreng utk menumis.
  17. Gunakan jika suka kaldu bubuk/penyedap.
  18. Gunakan bahan sambal:.
  19. Gunakan 5 buah cabe orange.
  20. Siapkan 6 buah cabe rawit.
  21. Sediakan 1/2 buah gula merah (4 ruas jempol tangan).
  22. Ambil 1/4 sdt garam.

Bagi sebagian orang awam, nama kuliner ini dirasa cukup aneh yakni karena penamaannya Pindang berkonotasi Ikan Pindang dan Tetel yang berarti tetelannya. Jika menganut demikian maka pasti akan beranggapan bahwa makanan ini bahan bakunya ialah dari ikan Pindang, secara geografis wilayah Pekalongan masih termasuk. Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya.

Langkah-langkah membuat Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu:

  1. Siapkan semua bahan. iris daging kmd rebus dlm panci sembari menunggu mempersiapkan bumbu lainnya. iris towel kmd rebus sebentar sampai mendidih saja,buang airnya dan tiriskan. pada tahap ini juga mulai merebus air ya mom utk merebus dagingnya. jika air sdh mendidih masukkan daging sapi yg sdh di iris2 sembari menyiapkan bahan2 lainnya…
  2. Dlm panci kecil letakkan kluwek yg sudah diambil daging buahnya saja. beri sedikit air kmd rebus hingga kluwek lembut. sisihkan.
  3. Ulek bumbu halusnya kmd campur jd satu termasuk kluwek yg sdh direbus td.. iris daun bawangnya juga.
  4. Panaskan wajan beri secukupnya minyak goreng. kmd tumis bumbu halus sampai matang,masukkan daun salam terlebih dahulu ketika bumbu setengah matang lalu irisan daun bawangnya.. tumis sampai bumbu harum dan matang kmd masukkan air. aduk hingga mendidih matikan api..
  5. Masukkan tumisan bumbu ini ke dalam panci rebusan daging. aduk rata bumbui gula garam dan kecap manis juga towel yg sdh direbus td. bisa tambahkan kaldu bubuk jika suka. biarkan mendidih dan daging empuk.tes rasa. jika sdh pas matikan api siap dihidangkan….
  6. Rebus cabe agar bau langunya hilang. angkat ulek dg garam dan gula merah. siap melengkapi pindang tetel….

Karena Pindang Tetel singkatan dari Paling enak Daging Tetel. Derasnya arus makanan franchise bisa jadi menggerus pasar makanan khas yang semakin terpinggirkan. Budaya pragmatis turut mempercepat proses kepunahan suatu makanan. Membuat Pindang Tetel cenderung lebih rumit dan tradisional daripada makanan modern yang sudah dibumbui dan tinggal memasak saja. Bila dibiarkan, lama kelamaan Pindang Tetel akan punah ditelan zaman di tengah arus modernisasi.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pindang tetel khas pekalongan ala ibu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *