Resep Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan Anti Gagal

Posted on

Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan. Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan Iga Sapi, Sandung Lamur, Air secukupnya untuk kuah, Bawang Merah, Bawang Putih, Merica & Ketumbar, Kluwek yang sudah direndam air panas, Cabai Merah Herlyna Dhitian Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat. Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon.

Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Karena Pindang Tetel singkatan dari Paling enak Daging Tetel. ID) Kota Pekalongan terkenal akan makanan khasnya yaitu Soto Tauto dan Sego Megono.

Sedang mencari ide resep iga pindang tetel khas pekalongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal iga pindang tetel khas pekalongan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari iga pindang tetel khas pekalongan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan iga pindang tetel khas pekalongan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan Iga Sapi, Sandung Lamur, Air secukupnya untuk kuah, Bawang Merah, Bawang Putih, Merica & Ketumbar, Kluwek yang sudah direndam air panas, Cabai Merah Herlyna Dhitian Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat. Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat iga pindang tetel khas pekalongan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan menggunakan 21 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan:

  1. Sediakan 1/2 kg Iga Sapi.
  2. Gunakan 1/2 Kg Sandung Lamur.
  3. Sediakan Air secukupnya untuk kuah.
  4. Gunakan Bumbu Halus.
  5. Sediakan 8 Bawang Merah.
  6. Sediakan 7 Bawang Putih.
  7. Ambil 1 ST Merica & Ketumbar.
  8. Siapkan 6 Kluwek yang sudah direndam air panas.
  9. Gunakan 3 Cabai Merah.
  10. Sediakan 3 Kemiri.
  11. Siapkan 1 Saset Trasi ABC (blh skip).
  12. Ambil 1 Ruas Jahe.
  13. Siapkan Bumbu cemplung.
  14. Siapkan 2 Sereh geprek.
  15. Ambil 1 Ruas Lengkuas geprek.
  16. Ambil 2 Daun Salam & Daun Jeruk.
  17. Gunakan 2 Helai daun bawang (blh skip).
  18. Sediakan 6 Bawang Merah iris tipis.
  19. Siapkan 8 Cabai Rawit Utuh.
  20. Ambil secukupnya Kecap, Kaldu Bubuk & Garam.
  21. Sediakan secukupnya Minyak goreng.

Tapi selain dua kuliner populer itu, kota pesisir pantai utara berjuluk Kota Santri ini juga mempunyai kuliner lezat lain, Pindang Tetel namanya. Pindang Tetel adalah kuliner nge-hitz di Pekalongan. Makanan ini asalnya dari daerah Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Pindang Tetel semakin populer menjadi Kuliner Khas Pekalongan yang wajib anda coba.

Langkah-langkah membuat Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan:

  1. Rebus Iga dan sandung lamur 10 menit, lalu buang air rebusan bersama buihnya, ganti lagi dengan air panas yg baru kemudian rebus lagi hingga setengah empuk, (masukan 3 sendok agar daging cepat empuk). Airnya sesuai selera, tergantung mau kuah encer atau sedang.
  2. Tumis bawang merah yg sdh diiris sampai harum, masukan bumbu halus bersama sereh, laos, salam, dan daun jeruk. Tumis lagi hingga sedikit kering agar kluweknya matang..
  3. Masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, masukan bersama cabai rawit utuh, kecap, garam & kaldu bubuk. masak hingga empuk dan bumbu meresap ke daging. Jika sudah Masukan daun bawang supaya segar..

Bagi sebagian orang awam, nama kuliner ini dirasa cukup aneh yakni karena penamaannya Pindang berkonotasi Ikan Pindang dan Tetel yang berarti tetelannya. Jika menganut demikian maka pasti akan beranggapan bahwa makanan ini bahan bakunya ialah dari ikan Pindang, secara geografis wilayah Pekalongan masih termasuk. Pindang Tetel Khas Pekalongan. foto: Instagram/@desytariyem. Meski namanya pindang tetel, masakan mirip rawon itu dibuat dari tetelan daging sapi, bukan ikan pindang. Daging tetelan itu khusus dari iga sapi. "Sekilas mirip rawon.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *