Langkah Mudah Memasak Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan Anti Gagal

Posted on

Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan. Resep Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan mudah, enak, praktis. Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya.

Bagi sebagian orang awam, nama kuliner ini dirasa cukup aneh yakni karena penamaannya Pindang berkonotasi Ikan Pindang dan Tetel yang berarti tetelannya. Jika menganut demikian maka pasti akan beranggapan bahwa makanan ini bahan bakunya ialah dari ikan Pindang, secara geografis wilayah Pekalongan masih termasuk. Bagi anda penggemar kuliner yang ingin merasakan Pindang Tetel khas Pekalongan, Anda bisa menemukannya di area foodcourt taman Bebekan – Kedungwuni Kab.

Lagi mencari inspirasi resep paket pindang tetel khas pekalongan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal paket pindang tetel khas pekalongan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari paket pindang tetel khas pekalongan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan paket pindang tetel khas pekalongan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Resep Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan mudah, enak, praktis. Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan paket pindang tetel khas pekalongan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan menggunakan 27 bahan dan 14 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan:

  1. Siapkan Bahan untuk Pindang Tetel.
  2. Sediakan 250 g Daging.
  3. Siapkan 250 g Tulang Muda.
  4. Ambil 8 siung Bawang Merah.
  5. Gunakan 5 siung Bawang Putih.
  6. Ambil 3 buah Cabe keriting.
  7. Ambil secukupnya Ketumbar.
  8. Siapkan secukupnya Merica.
  9. Ambil 2 buah Daun salam.
  10. Ambil Serai.
  11. Siapkan Kluwek 2 buah, kemiri 2 buah.
  12. Siapkan Secukupnya Garam.
  13. Ambil secukupnya Kaldu jamur.
  14. Sediakan secukupnya Gula jawa.
  15. Sediakan secukupnya Kecap.
  16. Sediakan Daun bawang.
  17. Sediakan Air.
  18. Ambil 2 ruas Lengkuas.
  19. Gunakan 2 ruas Jahe.
  20. Ambil Bahan untuk Mendoan.
  21. Gunakan Tempe (1/2 papan ukuran kecil).
  22. Siapkan Daun bawang.
  23. Ambil Tepung beras, tepung terigu, tepung maizena (2:5:1 sdm).
  24. Siapkan Air.
  25. Gunakan secukupnya Garam.
  26. Ambil Bubuk bawang putih.
  27. Sediakan Minyak Goreng.

Pekalongan, kemudian di desa Ambokembang – Pekajangan, dan di wilayah kota Pekalongan sendiri anda bisa menemukannya di Depan masjid Baitul Mu'minin Kuripan Lor. Makanan khas Pekalongan yang enak ini berasal dari daerah Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni. Kendati makanan ini bertajuk pindang tetel, namun tidak ada campuran ikan sama sekali di atas sajiannya. Pindang tetel berbahan dasar dagin iga sapi dan teksturnya mirip dengan rawon.

Langkah-langkah menyiapkan Paket Pindang Tetel Khas Pekalongan:

  1. Rebus tulang muda menggunakan slow cooker (saya pakai merk mito) dengan level high selama 3 jam dan daging selama 2 jam.
  2. Angkat dan potong-potong tulang muda dan daging sapi, serta tiriskan kaldu hasil perebusan.
  3. Haluskan bumbu untuk pindang tetel yaitu bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, merica, ketumbar, garam. Untuk kluwek dipecah dan diambil isinya saja (bisa dipecah dengan ulekan dan tutup kluwek dengan lap agar tidak berhamburan), pilih kluwek yg tidak bau asem, lalu larutkan pada air panas.
  4. Tumis bumbu yang tadi dihaluskan dan masukkan kluwek, serai, jahe, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk.
  5. Masukkan kaldu hasil perebusan kira-kira 3 gelas belimbing (jika kurang bisa tambah air).
  6. Setelah mendidih, masukkan daging dan tulang muda. Tambahkan garam, kaldu jamur, kecap, dan gula jawa sesuai selera yang sudah disisir.
  7. Rebus hingga matang, masukkan daun bawang, dan jangan lupa dicicipi :).
  8. Setelah matang dan rasa sudah oke, angkat dan sajikan.
  9. Langkah untuk tempe mendoan: potong-potong tempe setipis mungkin, dan iris daun bawang.
  10. Campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan air.
  11. Campurkan daun bawang, garam, dan bubuk bawang putih ke dalam adonan. Ratakan.
  12. Celupkan tempe ke dalam adonan.
  13. Goreng tempe pada minyak panas.
  14. Setelah matang, angkat, tiriskan, dan siap disajikan :).

Meski namanya pindang tetel, masakan mirip rawon itu dibuat dari tetelan daging sapi, bukan ikan pindang. Daging tetelan itu khusus dari iga sapi. "Sekilas mirip rawon. Derasnya arus makanan franchise bisa jadi menggerus pasar makanan khas yang semakin terpinggirkan. Budaya pragmatis turut mempercepat proses kepunahan suatu makanan. Membuat Pindang Tetel cenderung lebih rumit dan tradisional daripada makanan modern yang sudah dibumbui dan tinggal memasak saja.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat paket pindang tetel khas pekalongan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *