Resep Pindang Tetel khas Kota Pekalongan yang Sempurna

Posted on

Pindang Tetel khas Kota Pekalongan. Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali.

Pindang Tetel semakin populer menjadi Kuliner Khas Pekalongan yang wajib anda coba. Bagi sebagian orang awam, nama kuliner ini dirasa cukup aneh yakni karena penamaannya Pindang berkonotasi Ikan Pindang dan Tetel yang berarti tetelannya. Jika menganut demikian maka pasti akan beranggapan bahwa makanan ini bahan bakunya ialah dari ikan Pindang, secara geografis wilayah Pekalongan masih termasuk.

Lagi mencari ide resep pindang tetel khas kota pekalongan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang tetel khas kota pekalongan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang tetel khas kota pekalongan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pindang tetel khas kota pekalongan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pindang tetel khas kota pekalongan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pindang Tetel khas Kota Pekalongan memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pindang Tetel khas Kota Pekalongan:

  1. Sediakan 1/4 daging (boleh ditambah jeroan bila suka).
  2. Siapkan 13 buah cabe rawit (pedas sesuai selera.
  3. Sediakan 1 buah daun bawang (potong-potong).
  4. Ambil 3 buah kluwek.
  5. Ambil kecap manis (sedikit saja).
  6. Ambil Bumbu di haluskan:.
  7. Ambil 4 buah cabai merah.
  8. Siapkan 7 buah bawang merah.
  9. Sediakan 5 buah bawang putih.
  10. Ambil 3 butir kemiri.
  11. Sediakan 1 ruas jahe.
  12. Gunakan 2 ruas laos.
  13. Siapkan 2 lbr daun salam.
  14. Siapkan sesuai selera merica.
  15. Sediakan secukupnya garam.

Pindang tetel adalah makanan khas pekalongan yang paling favorite. Makanan ini merupakan cemilan khas pekalongan yag cukup banyak diminati para wisatawan. Hidangan lontong ini paling nikmat digunakan untuk sarapan bareng keluarga maupun teman sekantor. Resep Pindang Tetel Khas Pekalongan yang Lezat.

Langkah-langkah membuat Pindang Tetel khas Kota Pekalongan:

  1. Potong-potong daging dan rebus sampai empuk..
  2. Haluskan bumbu. panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum. haluskan dan masukan kluwek ke wajan.
  3. Masukan daun bawang dan cabai rawit, masak hingga layu. lalu sisihkan.
  4. Tuangkan bumbu yang sudah di goreng kedalam panci berisi daging, tambahkan kecap.
  5. Cek rasa, bila kurang asin tambahkan garam. sajikan di mangkok dan taburi bawang goreng.
  6. Jangan lupa, kasih β€œKerupuk Usek”. karena pindang tetel khas pekalongan wajib banget ditambahi kerupuk usek sewaktu di sajikan. selamat mencoba 😁.

Dilihat dari penampilan, pindang tetel ini terlihat kurang menarik. Warna coklat kehitaman yang mendominasi sepintas hampir sama dengan rawon. Tetapi beda, kalau rawon lebih pekat dan kental sedangkan pindang tetel lebih encer. Resep Pindang Tetel khas Kota Pekalongan. wajib makan ini pas istirahat dikantin sekolah sejak SMP 🀀 Tidak banyak orang mengenal Pindang Tetel karena memang 'hanya' ada di Pekalongan, lebih khusus lagi di daerah Kecamatan Kedungwuni dan sekitarnya. Beberapa kali saya googling namun tidak menemukan warung yang menjual Pindang Tetel di Jakarta atau kota besar lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pindang Tetel khas Kota Pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *