Langkah Mudah Memasak Urap Sayuran Versi Tumis (Tahan Basi) #RabuBaru, Sempurna

Posted on

Urap Sayuran Versi Tumis (Tahan Basi) #RabuBaru. Urap Sayur (Versi Tumis) By: Ribka Arini. Suka dengan olahan sayuran tapi bosan dimasak bening dan tumis? Dibikin Urap Sayur Versi Tumis anti-basi bisa jadi alternatif pilihan menu yang tak kalah sedap, lho Bun!.

Today suami request si urap, karena sekeluarga penggemar sayur mayur. Dulu pernah buat urap versi kukus, alhasil gak awet si kelapa nya gampang banget basi. Jadi kali ini ditumis aja biar lebih tahan.

Sedang mencari inspirasi resep urap sayuran versi tumis (tahan basi) #rabubaru yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal urap sayuran versi tumis (tahan basi) #rabubaru yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap sayuran versi tumis (tahan basi) #rabubaru, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan urap sayuran versi tumis (tahan basi) #rabubaru enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Urap Sayur (Versi Tumis) By: Ribka Arini. Suka dengan olahan sayuran tapi bosan dimasak bening dan tumis? Dibikin Urap Sayur Versi Tumis anti-basi bisa jadi alternatif pilihan menu yang tak kalah sedap, lho Bun!.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan urap sayuran versi tumis (tahan basi) #rabubaru sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Urap Sayuran Versi Tumis (Tahan Basi) #RabuBaru memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Urap Sayuran Versi Tumis (Tahan Basi) #RabuBaru:

  1. Gunakan Secukupnya sayuran (kangkung. Toge. Kacang dll).
  2. Sediakan 1/2 butir kelapa muda. parut.
  3. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  4. Siapkan 1/2 sdm asam jawa. Larutkan dengan sedikit air panas.
  5. Siapkan Secukupnya garam. Gula pasir/gula merah (sisir).
  6. Siapkan 💠 Bumbu halus 💠.
  7. Ambil 6 butir bawang merah.
  8. Gunakan 3 siung Bawang putih.
  9. Ambil 3 butir Kemiri. Sangrai.
  10. Siapkan 1 ruas kencur.
  11. Siapkan 1/2 sdt terasi bakar.
  12. Siapkan Sesuai selera cabe merah keriting + cabe rawit merah.

Langsung aja dicampur. sambal dan kelapa parutnya. Tapi memang harus dinikmati saat itu juga ya. Nie coba bikin yg bumbunya versi tumis. "Apa gak. Dulu pernah buat urap versi kukus, alhasil gak awet si kelapa nya gampang banget basi.

Langkah-langkah membuat Urap Sayuran Versi Tumis (Tahan Basi) #RabuBaru:

  1. Rebus sayuran sampai tingkat kematangan yg diinginkan. Tiriskan. Kemudian langsung rendam air dingin (tujuannya agar sayuran tetap segar dan proses pematangan tidak berlanjut). Tiriskan kembali.
  2. Tumis bumbu halus hingga setengah matang dan harum. Kemudian masukkan air asam jawa. Daun jeruk. Garam dan gula. Masak sampai gula larut. Kemudian masukkan kelapa parut. Masak sampai kadar air berkurang sambil diaduk menggunakan api sedang (kurang lebih 20 menit). Angkat.
  3. Penyajian. Ambil sayuran dan tata dipiring. Beri secukupnya kelapa parut yg sudah ditumis. Aduk rata.
  4. Siap dinikmati 😊.

Jadi kali ini ditumis aja biar lebih tahan lama, n juga lebih gurih. Sayangnya, bumbu utama berupa kelapa parut justru membuat makanan tradisional ini mudah sekali basi. Jadi, mau tak mau Bunda pun harus menghabiskannya saat itu juga. Nah, kalau Bunda tak mau repot, yuk coba resep urap sayur versi tumis berikut. Selain lebih tahan lama, tumis urap sayur juga tidak kalah lezat dari urap.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat urap sayuran versi tumis (tahan basi) #rabubaru yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *