Resep: Soto Sulung

Posted on

Soto Sulung. Soto sulung menggunakan jeroan seperti babat, paru, dan usus sebagai isiannya. Agar jeroan tidak berbau, jeroan harus direbus sebanyak dua kali dengan air yang berbeda. Anda juga bisa menggunakan kapulaga untuk menghilangkan baunya.

Diberi nama Soto Sulung karena sang penjual berada di Jalan Sulung, Surabaya. Penampilannya nyaris sama dengan soto lainnya. Yang membedakan adalah isi soto yang disajikan.

Sedang mencari ide resep soto sulung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto sulung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto sulung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto sulung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Soto sulung menggunakan jeroan seperti babat, paru, dan usus sebagai isiannya. Agar jeroan tidak berbau, jeroan harus direbus sebanyak dua kali dengan air yang berbeda. Anda juga bisa menggunakan kapulaga untuk menghilangkan baunya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto sulung sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Soto Sulung menggunakan 30 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Soto Sulung:

  1. Sediakan 1/2 kg Daging sapi.
  2. Gunakan 5 btr Telur ayam.
  3. Ambil 1/4 Kol.
  4. Gunakan Soun cap mangkok 1 bks.
  5. Gunakan Bumbu halus.
  6. Siapkan Bawang merah 10 sg.
  7. Ambil Bawang putih 5 sg.
  8. Gunakan 4 bh Kemiri.
  9. Ambil 1/2 sdt Merica bubuk.
  10. Sediakan 1/2 sdt Kunyit (saya pake bubuk).
  11. Gunakan Jahe 1 rsj.
  12. Siapkan Laos 2 rsj.
  13. Gunakan Sereh 1 ambil putihnya.
  14. Sediakan Bumbu lain.
  15. Ambil 3 lbr Salam.
  16. Siapkan Sereh 1 bh geprek.
  17. Sediakan Laos 1 rsj geprek.
  18. Siapkan 3 lbr Daun jeruk.
  19. Gunakan Garam halus.
  20. Ambil Gula pasir.
  21. Ambil Gula merah.
  22. Ambil Kaldu sapi bubuk.
  23. Ambil Sambal.
  24. Siapkan 10 bh Rawit setan.
  25. Siapkan 2 Tomat kecil.
  26. Gunakan Pelengkap.
  27. Sediakan Bawang goreng sckp.
  28. Ambil 1 bh Jeruk nipis.
  29. Ambil Kerupuk (boleh apa aja).
  30. Ambil Kecap.

Soto Sulung adalah sajian khas dari Pulau Madura. Yang menjadi ciri khas Soto Sulung adalah kandungan udang di dalam kuah yang membuat rasanya sedap memikat. Dari berbagai sumber yang saya baca, terdapat berbagai versi Soto Sulung. Ya, seperti Soto Ayam Lamongan dan Soto Madura, Resep Soto Sulung ini dikenal berasal dari Propinsi Jawa Timur.

Cara membuat Soto Sulung:

  1. Rebus daging sapi yang sudah dicuci bersih sampai matang, iris.
  2. Rebus telur hingga matang, kira2 12-15 menit, setelah matang rendam air supaya mudah dikupas kulitnya.
  3. Haluskan bumbu dengan blender, kemudian panaskan supaya airnya menguap, lalu tumis bumbu hingga harum.
  4. Masukkan salam sereh Laos ke dalam tumisan bumbu, kemudian masukkan tumisan bumbu ke dalam air rebusan daging, masak hingga mendidih, tambahkan gula merah, gula putih, terakhir garam (supaya yodiumnya tidak banyak hilang Krn dipanaskan terlalu lama), dan kaldu. Cek rasa.
  5. Rebus kol yg sudah dicuci dan diiris halus. Rebus soun hingga matang. Seledri iris halus. Bahan sambal direbus sampai matang, haluskan, tambah garam 1/4 sdt, gula putih 1 sdt, dan kaldu seujung sendok..
  6. Susun soun, kol, telur, diatas nasi, boleh pakai ketupat. Tambah irisan daging sapi, siram kuah soto, tabur bawang goreng, seledri, sambal, air jeruk nipis,,, hidangkan dengan kerupuk.

Meski begitu, ada yang juga mengenal Soto Sulung Solo, Soto Sulung Stasiun Tugu dan lainnya. Kalau anda melihat sekilas tampilan masakan ini, tidak akan kelihatan berbeda jauh dengan tampilan jenis soto tanpa santan yang lain. Soto Sulung pendirinya adalah Malik Marzudin. Nama Sulung diambil dari nama gang di daerah Surabaya, dan mempunyai arti anak pertama. Lamongan soto – a popular street food in various Indonesian metropolitan areas, a variation of the Madura soto.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto sulung yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *