Rahasia Membuat Mangut Tongkol Asap yang Sempurna!

Posted on

Mangut Tongkol Asap. Lihat juga resep Mangut tongkol asap enak lainnya. Edisi pengen banget makan mangut ikan asap. Berhubung disini belum nemu ikan pari asap, belinya ikan tongkol (boleh diganti ikan jenis lain.

Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Mangut tongkol asap. Yuk langsung kita praktekkan membuat Mangut tongkol asap. Padahal mangut tongkol asap yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Anda sedang mencari ide resep mangut tongkol asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut tongkol asap yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut tongkol asap, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut tongkol asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Mangut tongkol asap enak lainnya. Edisi pengen banget makan mangut ikan asap. Berhubung disini belum nemu ikan pari asap, belinya ikan tongkol (boleh diganti ikan jenis lain.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut tongkol asap yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Tongkol Asap menggunakan 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Tongkol Asap:

  1. Siapkan 3 ekor ikan asap (bebas mau ikan apa aja, kebetulan aku punyanya tongkol asap).
  2. Gunakan secukupnya Daun kemangi.
  3. Ambil Santan dari setengah butir kelapa (kira-kira 500 ml. Atau bisa pakai santan instan yang ditambahkan air sampai 500 ml).
  4. Gunakan Bumbu iris:.
  5. Ambil 4 lembar Daun jeruk purut.
  6. Siapkan 1 batang serai, geprek.
  7. Ambil 2 buah belimbing wuluh (kalau nggak ada bisa diganti tomat, karena sebenarnya aku pakai belimbing wuluh metik di pekarangan karena lagi ga punya tomat).
  8. Siapkan 1/2 bagian gula Jawa ukuran kecil.
  9. Siapkan 1 bungkus kaldu jamur.
  10. Gunakan Bumbu halus:.
  11. Siapkan 1 ruas jempol jahe.
  12. Sediakan 1 ruas jempol kencur.
  13. Sediakan 7 siung bawang merah.
  14. Ambil 5 siung bawang putih.
  15. Siapkan 3 butir kemiri.
  16. Sediakan 1 ruas jempol lengkuas.
  17. Ambil 1 ruas jempol kunyit.
  18. Gunakan 1 sendok teh ketumbar.
  19. Sediakan 7 buah cabe rawit (sesuai selera).
  20. Siapkan 2 sdt garam.

Dalam rangka nyenengin hati suami yg suka bgt ama mangut semarang.jadilah masakan ini dgn melihat banyak referensi. Ikan asap adalah ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Salmon biasa diasap untuk membuat lox, dan beberapa spesies. Namun dibeberapa daerah yang lain, juga digunakan jenis ikan yang lain seperti ikan lele ataupun ikan mujair.

Cara membuat Mangut Tongkol Asap:

  1. Goreng ikan asap sebentar. Lalu sisihkan..
  2. Haluskan bumbu halus lebih dulu, bisa pakai ulegan atau blender. Sementara bumbu iris disisihkan..
  3. Panaskan 3-4 sendok makan minyak goreng pada wajan anti lengket. Lalu masukkan batang serai yang sudah digeprek dan daun jeruk. Gongso sampai layu..
  4. Kemudian masukkan bumbu halus, gongso sampai harum..
  5. Masukkan santan, aduk aduk sampai meletup. Tambahkan gula Jawa dan kaldu jamur. Tes rasa, tambahkan garam atau gula bila kurang pas..
  6. Jika santan sudah meletup dan rasa sudah pas, masukkan ikan asap. Aduk aduk. Tambahkan irisan belimbing wuluh dan daun kemangi. Masak sampai matang..

Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa – Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Buatnya juga gampang, yang penting pakai kencur". Hmm, membayangkan ikan pari asap bergelimang bumbu mangut dan santan kental sepertinya lezat sekali. Berbekal resep mangut dari si Mbak penjual ikan sayapun bereksperimen di dapur.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut tongkol asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *