Langkah Mudah Memasak Cuko Pempek Asli Anti Gagal!

Posted on

Ingin tau rahasia membuat cuko pempek asli yang lezat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep cuko pempek asli terbaik! cuko pempek asli, makanan gampang dan cepat untuk dimasak. Pas untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Kebanyakan orang sudah minder duluan cuko pempek asli karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek asli! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dibikin terasa lezat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Salah satu aneka jajanan yang sudah sangat terkenal ini adalah kuliner asli Palembang dengan adonan dasar campuran tepung sagu dan ikan serta disajikan dengan kuah cuka yang kental. Kuah atau orang Palembang menyebutnya Cuko adalah pelengkap dan penentu enak atau tidaknya sajian Pempek. Berhubung stok cuko di kulkas sdh mulai menipis.

Kamu dapat membuat cuko pempek asli hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cuko pempek asli!

Untuk menghidangkan Cuko Pempek Asli, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 800 ml of air.
  2. Siapkan 500 gr of gula aren/gula jawa batok, pilih warna coklat pekat.
  3. Diperlukan 50 gr of asam jawa, rendam dulu di air hangat.
  4. Diperlukan 2 sdt of cuka.
  5. Ambil of Bumbu halus :.
  6. Ambil 10 bh of bawang putih.
  7. Sediakan 50 gr of udang rebon kering, sangrai.
  8. Ambil 15 bh of cabe rawit ijo/sesuai selera tingkat kepedasan.
  9. Ambil 2 sdt of garam.

Jd niat buat cuko pempek ini. Dan semua bahan memang sdh ada. Tinggal eksekusinya gak perlu pake waktu lama. Untuk rasa kalian bisa coba enak banget.

Proses menyiapkan Cuko Pempek Asli:

  1. Haluskan bawang putih+cabe+ebi+garam. Beri cuka, aduk rata. Diamkan 1jam agar hasil cuko lebih enak..
  2. Rebus air+gula aren hingga larut. Tambahkan asam jawa& bumbu halus. Tutup panci & masak dgn api kecil minimal 2jam..
  3. Biarkan dingin terlebih dulu, lalu simpan di botol kaca. Sy buat 1hr sebelumnya dan sengaja tdk disaring agar rasa cuko smakin enak. Tidak perlu masuk kulkas, dijamin awet.. asal gak sampai berhari2😄.
  4. Saring cuko sesaat sebelum disajikan. Note : Kalo dirasa terlalu kental boleh tambahkan air matang sesuai seleraa ya…

Berhubung gula batok aku gak ada jd pake gula merah biasa. Cara Membuat Pempek – Salah satu makanan olahan ikan yang paling terkenal di Indonesia adalah pempek. Makanan ini begitu terkenal sampai tersebar ke berbagai penjuru negeri ini. Padahal, asal dari makanan khas ini adalah Palembang lho. Yah, walaupun cukup jauh, tapi makanan lezat ini sudah sampai ke berbagai pulau di Indonesia.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat cuko pempek asli hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *