Rahasia Memasak Pempek Endolita Kekinian

Posted on

Ingin bikin pempek endolita yang nikmat? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pempek endolita terbaik! Makanan pempek endolita ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Sebagian Besar orang malas mulai memasak pempek endolita karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek endolita! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Berhubung gula batok aku gak ada. Semua bahan udah ada di dapur. Pengen bikin cemilan buat suami sm anak-anak.

Kawan-kawan dapat memasak pempek endolita hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep pempek endolita!

Untuk memasak Pempek Endolita, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 650 gr of ikan tenggiri fillet.
  2. Diperlukan 500 gr of tepung tapioka.
  3. Dibutuhkan 500 ml of air es (es batu).
  4. Sediakan 5 siung of bawang putih.
  5. Sediakan 2 sdm of kaldu bubuk.
  6. Ambil of Bahan Cuko :.
  7. Siapkan 500 ml of air.
  8. Siapkan 500 gr of gula merah.
  9. Siapkan 2 bungkus of asam jawa (hrg 1000an).
  10. Dibutuhkan 10-15 buah of cabe rawit (sesuai selera).
  11. Sediakan 10-15 siung of bawang putih.
  12. Siapkan 1 sdm of garam (koreksi rasa).
  13. Ambil 1-2 bungkus of kecap refil hrg 2000an (koreksi rasa).

Biar abis buka puasa malamnya bisa makan pempek deh. Resep cuko bisa kalian cek di porsting sebelumnya ya. Untuk tutorial lengkapnya bisa kalian cek di youtube chanel RESEP ENDOLITA.. Cuko Pempek Source : Resep endolita.

Proses membuat Pempek Endolita:

  1. Giling ikan tenggiri, menggunaka copper sampai halus. Lalu masukan air es (kalau aku menggunakan es batu yg dihaluskan terlebih dlu mggunakan copper)(giling lagi). Masukan bumbu halus yaitu bawang putih dan kaldu bubuk. Giling lagi atau di ulenin dengan spatula karet sampai adonan terasa kental. Tunggu beberapa saat..
  2. Masukan tepung tapioka kedalam adonan. Aduk dengan menggunakan spatula. Jgn terlalu di tekan² yaa mengaduknya. Takutnya pempek nya jadi keras..
  3. Bentuk pempek sesuai selera. Rebus kedalam air mendidih yg sdh diberi 2 sdm minyak yaa. Tunggu sampai matang (pempek mengapung = matang)..
  4. Cuko : Larutkan 2 bungkus asam jawa dengan 500ml air (saring bijinya) Didihkan air asam jawa tadi. Masukkan gula merah yg sdh di iris halus. Masukkan bumbu halus (cabe rawit dan bawang putih yg sdh diblender). Masak sampai mendidih. Masukkan kecap, dan garam. Aduk². Masukkan air cuka diakhir yaa. Koreksi rasa (tktnya terlalu asam, tambahkan cuka nya sedikit demi sedikit aja yaa moms)..
  5. Pempek nya di goreng atau di cocol langsung dengan air cuko jg pasti mantap moms. Selamat mencoba resepnya..

Yang bikin spesial adalah kulit bawang putih dan tangkai cabe ikut diblender jadi. Pempek ini salah satu makanan favorit keluarga saya, dari minggu lalu pengen makan pempek baru kesampaian, hihi. Makasih Resep Endolita, pempek nya enak banget, gak alot, pokoknya syukaaa 💜. Pas banget, ada tugas dari cikgu Widynaura, tentang styling makanan berkuah, bisa sekalian setoran deh.. Resep Resep pempek dos tanpa ikan asli palembang.

Mudah bukan membuat pempek endolita? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *