Resep: Minyak Bawang putih yang Lezat Sekali

Posted on

Minyak Bawang putih. Keprek bawang putih menggunakan alat pengeprek bawang langsung di wajan. Minyak bawang putih ini bisa digunakan sebagai bumbu-bumbu dasar dapur sehingga bisa menghemat waktu memasak Anda. Contoh masakan yang bisa menggunakan minyak bawang putih ini adalah nasi hainam, nasi goreng, aneka masakan sup, ayam kecap, tumis sayuran dll.

Kalau nak masak apa-apa menu, hanya perlu ceduk dan terus masak. Tak perlu dah susah-susah tumbuk dan panaskan minyak. Minyak bawang putih dapat digunakan dalam aplikasi kuliner dan juga banyak diterapkan dalam praktik pengobatan alami.

Sedang mencari inspirasi resep minyak bawang putih yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal minyak bawang putih yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Keprek bawang putih menggunakan alat pengeprek bawang langsung di wajan. Minyak bawang putih ini bisa digunakan sebagai bumbu-bumbu dasar dapur sehingga bisa menghemat waktu memasak Anda. Contoh masakan yang bisa menggunakan minyak bawang putih ini adalah nasi hainam, nasi goreng, aneka masakan sup, ayam kecap, tumis sayuran dll.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari minyak bawang putih, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan minyak bawang putih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan minyak bawang putih sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Minyak Bawang putih memakai 2 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Minyak Bawang putih:

  1. Sediakan 200 gr bawang putih.
  2. Siapkan 400 ml minyak kelapa.

Manfaat kesehatan yang diperoleh melalui minyak bawang putih disebabkan karena tingginya kandungan allicin, senyawa sulfida, asam amino, dan enzim, serta ajoene dan senyawa antioksidan lainnya yang terkandung dalam bawang putih. Penggunaan minyak bawang putih dinilai memperlancar metabolisme, yang setara dengan pembakaran lemak pasif, selain kekuatan penurun kolesterol dari minyak ini. Bawang putih juga dapat membantu menekan nafsu makan, sedangkan senyawa sulfida dapat menciptakan rasa kenyang, yang akan mengurangi makan berlebihan dan mengemil di sela waktu makan. Minyak bawang putih ini bisa jadi andalan di dapur, karena Anda tak perlu lagi repot-repot mengupas bawang, mengiris, atau menggepreknya.

Cara membuat Minyak Bawang putih:

  1. Kupas bawang putih.
  2. Cacah kasar bawang putih. Sy pake processor.
  3. Goreng dg api sedang- kecil sambil diaduk.
  4. Saat bawang sudah mulai kecoklatan dan harum matikan api. Terus diaduk krn mudah sekali gosong. Simpan di toples letakkan di kulkas bisa sampai 2 mgg jika frezer bs 1 bln lebih. Siap utk tumisan dll.gampang kan.

Kegunaannya banyak, mulai dari campuran aneka sup atau baso kuah, menumis sayur, bikin nasi goreng, dan aneka Chinese food. Minyak atsiri dapat diperoleh dari bawang putih dengan cara penyulingan. Penyulingan adalah proses pemisahan komponen yang berupa cairan atau padatan dari dua macam campuran atau lebih berdasarkan perbedaan titik uapnya dan proses ini dilakukan terhadap minyak atsiri yang tidak larut dalam air. Bawang putih adalah tanaman, bahan makanan dan bahan masakan yang memiliki nama latin Allium sativum. Tumbuhan ini biasanya diambil umbinya sebagai penyedap masakan maupun sebagai obat tradisional herbal.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat minyak bawang putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *