Resep: Mpek mpek dos (tanpan ikan) Anti Gagal!

Posted on

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep mpek mpek dos (tanpan ikan) ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! mpek mpek dos (tanpan ikan) cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap dan special.

Kebanyakan orang tidak berani memasak mpek mpek dos (tanpan ikan) karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mpek mpek dos (tanpan ikan)! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Tekstrunya lembut dan rasanya benar-benar enak meski tanpa ikan, cara penyajian resep pempek dos isi telur juga disantap bersama kuah cuko kental sebagai ciri khas dari pempek Palembang. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Resep pempek sutra ini termasuk ke kategori pempek tanpa ikan ya Bunsay.

Kawan-kawan dapat menyiapkan mpek mpek dos (tanpan ikan) hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 12 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep mpek mpek dos (tanpan ikan)!

Untuk menyiapkan Mpek mpek dos (tanpan ikan), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 150 gr of tepung terigu (15 sdm).
  2. Dibutuhkan 250 gr of tepung tapioka (25 sdm).
  3. Ambil 250 ml of air.
  4. Siapkan 2 butir of telor (kalo saya satu buat isian satu buat campuran).
  5. Ambil 2 sdt of garam.
  6. Dibutuhkan 2 sdt of penyedap ayam.
  7. Diperlukan 1 sdt of merica bubuk.
  8. Dibutuhkan of Cuko/ kuah.
  9. Dibutuhkan 150 gr of gula merah iris2.
  10. Dibutuhkan 500 ml of air.
  11. Siapkan 5 of cabe merah kriting haluskan.
  12. Sediakan 3 of cabe rawit haluskan.
  13. Gunakan 4 siung of bawang putih haluskan.
  14. Sediakan 1 bungkus of asam jawa yang 500 harganya.
  15. Gunakan 1 sdt of garam (selera boleh tambah kalo kurang Asin ato boleh kurang).
  16. Gunakan 2 sdm of gula putih (saya gak pake).
  17. Sediakan of Tambahan cuka dari saya karna kurang kecut dikit 😂.

Jadi di buat memang tanpa menggunakan ikan tengiri. Tapi bisa di ganti dengan udang, agar rasanya gurih dan nikmat dimakan. Yah, walaupun banyak juga yang menambahkan ikan ke dalam adonan pempek sutra, mungkin memang khas pempek yang dibuat dari ikan kali ya. Aku liat resepnya dari JTT, dimodifikasi sesuai keadaan hihi.

Langkah-langkah menyiapkan Mpek mpek dos (tanpan ikan):

  1. Campur tepung terigu dengan air 250ml,garam, penyedap, merica, aduk2 lalu panaskan di api sedang sampai kental seperti di foto sisihkan biarkan sampai dingin.
  2. Setelah dingin tambahkan telur aduk sampai merata (saya 1 telur u besar) resep aslinya 2 telur.
  3. Lalu masukan tepung tapioka ke adonan biang tadi uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Lalu bentuk menjadi kapal selam di bentuk seperti poto di atas dulu lalu tekan dengan jempol hingga berlubang seperti itu jangan terlalu tipis nanti bocor ya.
  5. Kocok lepas 1 telur buat di masukan ke dalam kapal selamnya (resep asli pake telur rebus) boleh di tambahkan garam sedikit saja.
  6. Masukan ke dalam kapal selam nya kira 3/ 4 sdm telor yang di kocok tadi lalu tutup atasnya di tekan2 ya biar gak bocor.
  7. Kira2 seperti ini penampakan dan hasilnya belum rapi karna pertama kali buat mpek2 😂.
  8. Siapkan panci isi air biarkan sampai air mendidih lalu masukan semua mpek2 tadi sampai mengapung biarkan sebentar biar matang sempurna yang kapal selamnya lalu matikan api angkat dan tiriskan.
  9. MembuAt cuko nya.
  10. Haluskan bawang putih dan cabe.
  11. Masak air hingga mendidih lalu masukan cabe dan bawang putih lalu masukan asam jawa gula garam icipi rasa kalo di rasa udah pas semu matikan api lalu saya tambahkan sedikit cuka… Lalu di saring yaa.
  12. Siap di makan di tambahin timun mantap dan di makan hujan2 woow mantul 😂.

Nah kalau kamu tak menyukai ikan atau ingin membuat pempek dengan budget yang lebih ringan, kamu juga bisa membuat pempek lezat tanpa ikan. Pempek Dos (Tanpa Ikan) mpek-mpek siap dihidangkan: Berkali-kali bikin mpek-mpek, rasanya baru kali ini klik dengan resep dari mba diah didi klik disini. Hmmm. sayang sekali ya, saya merasa beruntung sekali pernah menemukan. Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit nih. mendadak ingin masak pempek dos, ada referensi cara membuat yang cukup enak yang dijadikan acuan nih.mau tahu juga kan?. Untuk wong palembang tulen pasti tahu dong pempek dos. yups pempek non ikan umum dimaksud juga pempek sagu.

Mudah bukan membuat mpek mpek dos (tanpan ikan)? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *