Langkah Mudah Memasak Tempe mendoan yang Lezat!

Posted on

Tempe mendoan. Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

However, tempe mendoan also could be made from normal tempeh that was sliced very thin but wide. Mendoan is a type of fried food that comes from the residency of Banyumas, Central Java, Indonesia. The word mendoan comes from the Banyumasan language word Mendo which means half-cooked or mushy; mendoan means cooking with much hot oil quickly so the cooking is not properly completed.

Anda sedang mencari ide resep tempe mendoan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tempe mendoan yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tempe mendoan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan tempe mendoan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan tempe mendoan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Tempe mendoan menggunakan 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Tempe mendoan:

  1. Gunakan 1 papan tempe.
  2. Siapkan 2 batang daun bawang.
  3. Ambil 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan Secukupnya ketumbar bubuk.
  5. Siapkan 5 sdm tepung terigu.
  6. Ambil 1 Bks royko rasa ayam.
  7. Gunakan 1/2 sdm garam.
  8. Siapkan Minyak untuk menggoreng.

Mendoan is often made of Tempeh and tofu. See also Tempe mendoan memang paling lezat jika dinikmati ketika masih panas dengan dilengkapi cabai rawit dan kecap manis atau sambal kecap. Lihat juga resep Tempe mendoan enak lainnya. Tempe Mendoan adalah gorengan yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah.

Cara membuat Tempe mendoan:

  1. Potong tipis tempe.
  2. Haluskan bawang putih dan masukan kedalam mangkok berisi tepung terigu..
  3. Tambahkan ketumbar bubuk, royko, garam, dan daun bawang lalu tambahkan air secukupnya.
  4. Setelah semua siap goreng tempe dengan minyak panas ya Bunda lalu goreng setengah matang saja.
  5. Lalu angkat dan sajikan selagi hangat….

Secara tradisional di wilayah Purwokerto atau Banyumas, tempe yang digunakan untuk membuat mendoan yaitu jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Kamu bisa mencoba mengikuti resep tempe mendoan dari buku Aroma Rasa Kuliner Indonesia: Sajian Tahu & Tempe karya Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut. Mendoan tempe ini dapat dijadikan sebagai lauk saat makan ataupun makanan ringan sebagai minum teh atau kopi saat bersantai. Cara Membuat Tempe Mendoan – Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tempe mendoan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *