Resep Bolu Kukus Pelangi Loyang Enak Harum Lembut Ala Mama Oka

Posted on

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka salah satu hidangan dengan rasa berani dan tentunya dijamin nambah lagi.

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu agar makanan yang dibuat terasa enak. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Puding roti tawar kukus ; Ada bolu kukus sederhana, bolu kukus yang berbentuk bundar saja. Ada pula bolu kukus mekar yang bentuknya mirip bunga. Bolu kukus merupakan camilan yang wajib ada pada setiap momen atau acara spesial.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menghidangkan bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka hanya dengan menggunakan 6 bahan dan 12 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka!

Untuk memasak Bolu Kukus Pelangi Loyang Enak Harum Lembut Ala Mama Oka, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 5 butir of telur.
  2. Dibutuhkan 1 kotak of tepung bolu kukus pondan serbaguna.
  3. Ambil 3 sdm of mentega cair.
  4. Sediakan 1/2 sdt of vanili bubuk.
  5. Ambil 1 sdm of nutrisari rasa jeruk manis/florida/maroko/orange.
  6. Dibutuhkan of Pewarna makanan warna merah,kuning,hijau.

Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Siapkan dandang kukusan, isi air agak banyak. Panaskan hingga air dalam kukusan mendidih, masukkan loyang berisi adonan. Tutup permukaan dandang dengan kain lap bersih yang mampu menyerap air.

Cara memasak Bolu Kukus Pelangi Loyang Enak Harum Lembut Ala Mama Oka:

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Siapkan jg bahan tambahannya.Kedua bahan tambahan ini agar bolu kukusnya tidak amis karena menggunakan 5 butir telur kan lumayan banyak telurnya tuh.Mau skip jg gpp sih tapi kalo saya sih enggak sebab saya itu pake telur omega.Ini sangat menolong agar bolunya nanti tidak eneg saat dinikmati..
  3. Siapkan jg pewarna makanannya.Saya merah rose, kuning muda dan hijau muda.Moms sesuai selera aja ya…jg sesuai stok pewarna yg ada di dapur moms aja..
  4. Siapkan jg loyangnya.Saya olesin loyang dgn sedikit margarin dgn kuas dan saya taburi dgn tepung terigu dgn cara diayak terus sisa yg menempel di loyang saya buang shg yg tersisa hanya yg menempel saja..
  5. Sebelum mengocok telur panaskan dulu kukusan dengan api besar..
  6. Jangan lupa cairkan dulu menteganya.Biarkan dingin.Sisihkan..
  7. Mixer telur+1/2 sdt vanili bubuk+ 1 sdm bubuk nutrisari rasa jeruk dgn kecepatan tinggi hingga mengembang.Mixer kira-kira 2 menit saja.Setelah itu turunkan kecepatan ke yg paling rendah.Masukkan tepung pondan bolu kukus pelan2 bertahap hingga habis.Setelah tepung pondan habis naikkan lagi kecepatan ke yg paling tinggi.Mixer hingga adonan putih lembut pucat kaku jika kaki mixer diangkat adonan tdk menetes(mixer selama 7 menit).Setelah itu matikan mixer..
  8. Masukkan 3 sdm mentega cair ke dalam adonan no.6.Aduk2 rata dengan SPATULA SAJA..
  9. Bagi adonan menjadi 3 wadah.Beri warna merah rose, kuning muda dan hijau muda.Adonan merah rose lebih banyak dari yg lainnya.Saya memberi warna wadah yg merah rose 14 tetes wadah yg lain masing2 7 tetes pewarna makanannya..
  10. Tuangkan adonan merah rose dulu ke dasar loyang, kemudian tuang adonan warna kuning muda diatasnya kemudian diatas kuning muda tuangkan warna hijau muda.Lakukan selang seling begitu hingga adonan habis.Menuang adonan tidak usah terlalu rapi.Lakukan dgn cepat jgn terlalu lama krn takut adonan turun shg menjadi bantat.Sebelum di masukkan ke dalam kukusan hentak2kan dulu loyang pelan2 agar tdk ada gelembung2 udara yg terperangkap di dalam adonan..
  11. Kukus adonan ke dalam kukusan yg telah dipanaskan terlebih dahulu dgn api besar.Kukus kurang lebih 25-30 menit saja.Tutup dgn kain bersih "tutup kukusan" agar air tidak menetes ke dalam adonan.Saat mengukus tidak boleh dibuka2 sebelum 25-30 menit.Pastikan api utk mengukus udah besar shg adonan bisa langsung mengembang.Pastikan jg air di dalam kukusan pas, tidak kebanyakkan dan jg tidak kurang dlm jangka wkt mengukus selama 25-30 menit tsb.Sesuaikan dgn kukusan masing2 ya moms..
  12. Setelah 25-30 menit matikan api.Buka tutup kukusan dan angkat bolu kukus.Tes dgn tusuk lidi sate.Jika udah tdk ada adonan yg menempel berarti udah matang.Tunggu dingin baru di potong2.Cantik di mata Alhamdulillah enak jg dilidah.Rasanya lembut harum…seperti rasa bolu kukus di toko2 bakery heheπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜.

Hmm, jangan berfikiran negatif dahulu, karena deskripsi yang saya sebutkan itu adalah untuk roti kukus isi ayam pedas yang saya tampilkan kali ini. Roti kukus atau biasa disebut pau atau steamed bun ini menurut saya pau terlezat yang pernah saya makan. Rotinya begitu empuk, lembut dan selayaknya steamed bun umumnya cukup kenyal ketika dikunyah. Wb Pada video aku kali ini, aku ingin sharing cara membuat kue sakura yang simple dan ekonomis. Cocok buat kue sarapan dan kue bakulan jualan.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat bolu kukus pelangi loyang enak harum lembut ala mama oka. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *