Resep: Nasi Uduk Sambel Kacang

Posted on

Nasi Uduk Sambel Kacang. Mau sarapan tinggal pilih yang rasanya paling disuka. Masalahnya satu, semua tidak lagi menyediakan sambal kacang. Padahal ya, sedari kecil "mindset" saya tuh kalo makan nasi uduk pake sambal kacang.

Sambal kacang ini aku hidangkan sebagai menu pelengkap nasi uduk rice cooker pada resepku sebelumnya. Sambal Kacang Nasi Uduk Betawi enak lainnya. Resep Nasi Uduk Sambal Kacang – Nasi uduk sebetulnya tidak sulit dibuat.

Sedang mencari ide resep nasi uduk sambel kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi uduk sambel kacang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Mau sarapan tinggal pilih yang rasanya paling disuka. Masalahnya satu, semua tidak lagi menyediakan sambal kacang. Padahal ya, sedari kecil "mindset" saya tuh kalo makan nasi uduk pake sambal kacang.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi uduk sambel kacang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi uduk sambel kacang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi uduk sambel kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Nasi Uduk Sambel Kacang menggunakan 14 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Uduk Sambel Kacang:

  1. Sediakan 3 cup beras C4.
  2. Siapkan 1 Santan Kara.
  3. Ambil 1 sereh.
  4. Siapkan 3 Daun Salam.
  5. Gunakan 1 Daun Pandan.
  6. Sediakan 1/2 sendok makan garam.
  7. Gunakan Bumbu kacang.
  8. Gunakan 200 gr kacang tanah.
  9. Siapkan 5 cabe merah tampar.
  10. Gunakan 1 bawang putih.
  11. Sediakan 2 daun jeruk.
  12. Gunakan 2 jeruk limau.
  13. Siapkan 1/2 sendok teh garam.
  14. Siapkan 1 sendok makan gula pasir.

Cara membuatnya hanya mencampur beras, santan, serai dan salam. Kadang orang juga membuat nasi uduk dengan menggunakan lengkuas dan cengkeh. Padanannya juga tidak perlu banyak ragam. Bawang goreng, telur dadar rawis, sambal kacang dan kerupuk juga sudah cukup.

Cara membuat Nasi Uduk Sambel Kacang:

  1. Saia sengaja pake beras C4 supaya hasil nasi pulen dan tidak mblenyek.
  2. Cuci bersih beras, masukkan dalam panci.
  3. Tambahkan sereh geprak, daun salam, daun jeruk yang di sobek sobek, garam dan santan, tambahkan air seperti masak biasa tapi saia cuman pake 1 ruas jari sajo, aduk aduk dan karu dengan api kecil, aduk sesekali supaya tidak gosong.
  4. Setelah air kering, matikan kompor dan aduk aduk kemudian tutup panci kurleb 7-10 min, supaya gurihnya ngunci.
  5. Panaskan kukusan dan pastikan air benar benar mendidih.
  6. Masukkan Nasi yang sudah dikaru, kukus kurleb 30-45 min, setelah matang biarkan tetel di dadang, buka sedikit tutupnya.
  7. Sambal kacang, goreng kacang setengah matang, masukkan cabe dan bawang putih goreng hingga matang.
  8. Blender kacang, cabe dan bumbu, masukkan sekalian garam, gula gula pasir, air jeruk kimau dan daun jeruk, tambahkan 6 sendok makan air, blender hingga halus.
  9. Matikan dan tempatkan tanpa ditambah air lagi ya mom.
  10. Goreng tempe tepung dan telor dadar.
  11. Nasi Uduk siap diplating bersama kawan kawannya.
  12. Ambil selembar daun pisang, sebaiknya tidak terlaunlebat, taro nasi ditengah, lipat bagian kanan dan kiri ke tengah tidak usah terlalu menutup lalu tekuk bagian ujung ke luar dan taburkan bawang merah goreng.
  13. Hmmmm wangi Nasi Uduk dan daun pisanangnyo swedep muantep ya mom, taro kawan kawannya melingkari Nasi Uduk.
  14. Note : kalo mau lengkap biasanya ada tempe orek, perkedel, bihun dan telor coklat, monggo aja silahkan dilengkapin laukannya ya momsay.
  15. Semoga bisa mengispirasi 😍👌.

Resep Nasi Uduk Sambal Kacang Mirip Nasi Uduk Kebon Kacang Banyak sekali orang menyukai nasi uduk karena nasinya lebih wangi dan enak. Nasi uduk ini dibuat dari nasi putih yang diaron dan di kukus dengan santan, yang dibubuhi dengan berbagai macam bumbu seperti pala, cengkih, kayu manis, lengkuas, serai, dan jahe untuk menambah aroma dari nasi. Untuk urusan sambalnya, sambal kacangnya kerasa banget kacangnya. Kalau cara saya makan, sambal kacang dan sambal ayam saya campur jadi satu dan ditaruh diatas nasi uduk. Nasi uduk disini juga ga kalah enaknya lho dengan yang di Jakarta (G**da**dia).

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi uduk sambel kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *