Aneka Resep: Wajik Ketan Gula Merah

Posted on

Wajik Ketan Gula Merah. Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Pertama taman anda harus menyiapkan bahan bahan diatas terlebih dahulu dengan ukuran yang pas. Selanjutnya anda bisa merendam ketan tersebut selama kurang lebih satu jam. Setelah direndam, kemudian kukus ketan tadi hingga matang lalu angkat.

Lagi mencari ide resep wajik ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal wajik ketan gula merah yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari wajik ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan wajik ketan gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah wajik ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah memakai 8 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Wajik Ketan Gula Merah:

  1. Sediakan 500 gr beras ketan.
  2. Gunakan 300 gr gula merah, cincang kasar.
  3. Gunakan 2 sdm gula pasir.
  4. Ambil 250 ml santan dari 1 butir kelapa.
  5. Sediakan 6 lembar daun jeruk, buang tulangnya.
  6. Ambil 2 lembar daun pandan, simpul.
  7. Sediakan 1/4 sdt garam.
  8. Gunakan 200 ml air.

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya.

Cara membuat Wajik Ketan Gula Merah:

  1. Rendam beras ketan, minimal 2 jam..
  2. Kukus beras ketan dalam dandang panas selama 30 menit, sampai keket kalau saya bilang..
  3. Didihkan 200 ml air, masukkan ketan, aduk sampai air meresap ke dalam ketan, angkat..
  4. Masak santan, gula merah, gula pasir, daun jeruk, daun pandan dan garam sampai mendidih dan mengental. Setelah mengental, ambil daun jeruk dan daun pandannya..
  5. Masukkan ketan kukus, masak sampai santan habis terserap ketan dan agak kering. Masaknya dengan api kecil ya biar tanak dan tidak mudah gosong. Angkat..
  6. Siapkan wadah atau loyang, alasi dengan plastik atau daun pisang. Tuang wajik, ratakan sambil agak ditekan. Dinginkan..
  7. Potong sesuai selera lalu sajikan. Biasanya saya bikin malam, dipotong pagi. Wajik buatan saya bisa tahan 4 hari di suhu ruang..

Nah, berikut adalah beberapa macam wajik yang populer di Indonesia: Wajik ketan; Sama seperti namanya, wajik jenis satu ini berasal dari beras ketan. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik. Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Lihat juga resep Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat wajik ketan gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *