Cara Cepat Membuat Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah

Posted on

Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah. Resep Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah. Akhirnya berani juga buat panganan khas Jawa ini 😍😍 Dan biasa di request untuk acara hantaran lamaran atau nikah Ternyata simple ya buatnya 😍 Cekidot Resep Wajik Ketan Gula Merah. Punya sisa beras ketan, pgn bgt bikin wajik.

Ya udah deh nyoba bikin wajiknya pake kara aja, gula merahnya ditambah sm gula pasir. Yg penting bisa jadi wajik &. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut.

Lagi mencari ide resep wajik cinta_wajik ketan gula merah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal wajik cinta_wajik ketan gula merah yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari wajik cinta_wajik ketan gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan wajik cinta_wajik ketan gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Resep Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah. Akhirnya berani juga buat panganan khas Jawa ini 😍😍 Dan biasa di request untuk acara hantaran lamaran atau nikah Ternyata simple ya buatnya 😍 Cekidot Resep Wajik Ketan Gula Merah. Punya sisa beras ketan, pgn bgt bikin wajik.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat wajik cinta_wajik ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah menggunakan 8 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah:

  1. Ambil 2 kg beras ketan putih.
  2. Ambil 1 kg gula merah.
  3. Siapkan 500 gr gula pasir.
  4. Siapkan 6 lbr daun pandan.
  5. Ambil 10 lbr daun jeruk.
  6. Gunakan 1 ltr santan kental.
  7. Ambil 4 sdt garam.
  8. Ambil 100 ml air utk mencairkan gula merah.

Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Hai semua kali ni saya membuat makanan tradisional wajik ketan gula merah yang enak dan legit banget. simak ya cara membuat wajik ketan gula merah Please fo. Cara Membuat Wajik Ketan Legit Gula Merah – Wajik ketan adalah salah satu nama makanan tradisional khas dari Indonesia.

Cara menyiapkan Wajik Cinta_Wajik ketan Gula Merah:

  1. Cuci bersih beras ketan putih dan rendam selama semalaman atau min 3 jam, sisihkan.
  2. Panaskan kukusan, tiriskan beras ketan, masukkan dalam kukusan yg sudah mendidih airnya. Kukus selama 30menit (sampai ketan masak).
  3. Bersama itu cairkan gula merah yang sudah di iris halus sebelumnya, setelah larut saring gula merah cairnya.
  4. Panaskan santan bersama daun pandan, sampai mendidih lalu masukkan cairan gula merahnya dan masukkan ketan yang sudah masak tadi,lalu tambahkan gula pasir dan daun jeruk yg sudah di cuci dan buang tulang daunnya. Masak sampai kental dan berminyak dan kalis. Matikan api.
  5. Setelah masak siapkan wadah yg sudah di oles minyak dan lapisi plastik jika memungkinkan. Sisihkan dan dinginkan sampai saatnya dikeluarkan dari loyang.
  6. Saat memasukkan dalam loyang,padat2kan ketannya agar tidak ada udara yang terjebak di dalamnya. Biarkan sampai dingin dan siap di hidangkan..

Wajik ketan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih sesuai dengan selera anda. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik. Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna gelap kecoklatan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan wajik cinta_wajik ketan gula merah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *