Rahasia Menyiapkan Pentol Corah Untuk Pemula!

Posted on

Pentol Corah. Pentol corah itu, yang khas saosnya yang puedess endes, tapi kalo beli kadang suka takut sendiri, warnanya muerah, bahane apa aja, kan kita gak paham, coba deh bikin sendiri lebih pisa ngontrol isi dan prosesnya, juga disesuaikan dengan selera kita Pentol Corah adalah jajanan bercita rasa pedas itu menjadi salah satu kuliner khas bisa dinikmati saat jalan-jalan ke Kota Gadis. Terutama bagi para penikmat kuliner pedas. Salah satu camilan yang inovasi yang paling banyak digemari di Jawa Timur adalah pentol corah.

Berikut Resep dan Cara Membuat Pentol Corah Khas Madiun. Siapa yang tak kenal pentol corah, jajanan khas Madiun ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Jajanan enak Madiun ini banyak dibuat warga di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Madiun.

Anda sedang mencari inspirasi resep pentol corah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pentol corah yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pentol corah, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pentol corah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Pentol corah itu, yang khas saosnya yang puedess endes, tapi kalo beli kadang suka takut sendiri, warnanya muerah, bahane apa aja, kan kita gak paham, coba deh bikin sendiri lebih pisa ngontrol isi dan prosesnya, juga disesuaikan dengan selera kita Pentol Corah adalah jajanan bercita rasa pedas itu menjadi salah satu kuliner khas bisa dinikmati saat jalan-jalan ke Kota Gadis. Terutama bagi para penikmat kuliner pedas. Salah satu camilan yang inovasi yang paling banyak digemari di Jawa Timur adalah pentol corah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pentol corah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pentol Corah memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Pentol Corah:

  1. Gunakan 12 sdm Terigu.
  2. Gunakan 10 sdm Tapioka.
  3. Gunakan 1 butir Telor.
  4. Ambil Bawang putih 4 siung dihaluskan.
  5. Ambil 15 Tahu pong.
  6. Ambil 1 sdt Garam.
  7. Siapkan 1/4 sdt Lada.
  8. Ambil 1 bungkus kecil royko.
  9. Ambil secukupnya Air hangat.

Seperti pentol pada umumnya, corah Madiun terbuat dari tepung kanji, tahu, bawang putih dan garam. Kawasan Rejomulyo memang terkenal dengan pusat pembuatan dan penjualan pentol corah. Untuk pentol corahnya, Bu Ninik hanya menggunakan pentol corah yang dibuat dari tepung kanji, tahu, air, dan bumbu yang terdiri atas bawang putih dan garam. Pentol corah bikinan Ninik tersebar hingga Nganjuk, Ponorogo, Magetan, dan sejumlah kabupaten tetangga lain.

Langkah-langkah membuat Pentol Corah:

  1. Campur semua bahan, tambahkan air hangat sedikit sedikit, jangan pake air dingin nanti alot. Air di stop sampe adonan bisa dipulung dan cenderung agak lembek.
  2. Masukkan adonan ke dalam gahu pong.
  3. Kukus sampai matang, kira kira 30 menit. Kalau mau bulat macam cilok, setelah dipulung direbus diair mendidih sampai mengapung.
  4. Setelah matang bisa dipotong kotak kotak dan dinikmati dengan saosnya.

Pentol corah adalah makanan khas Madiun yang wajib kamu cobain jika kamu adalah pecinta kuliner yang memiliki cita rasa yang pedas. Tahu corah terbuat dari bahan utama campuran tepung terigu, tepung kanji, air, olahan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, merica dan juga garam. Pentol corah biasanya juga dihidangkan bersama dengan cakar ayam dan krupuk bawang. Penjual pentol corah di Madiun terkenal di daerah Desa Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo. Makanan khas Madiun Jatim yang diberi nama pentol corah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan tepung kanji, kemudian ditambahkan dengan bumbu bumbu berupa merica, bawang putih, garam, dan juga air.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pentol Corah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *