Langkah Mudah Membuat Siomay Kuah Kacang Ala Unda Qy Anti Gagal

Posted on

Bosan dengan makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep siomay kuah kacang ala unda qy ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! siomay kuah kacang ala unda qy merupakan salah satu menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Banyak orang tidak berani memasak siomay kuah kacang ala unda qy karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari siomay kuah kacang ala unda qy! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Baso Tahu Kuliner Khas Sunda / makananoleholeh.com Baso tahu atau siomay merupakan tahu berisikan adonan ikan dan telur yang biasa disajikan bersama siomay, kol rebus, kentang rebus, telur rebus, dan pare. Bahan-bahan yang digunakan tadi akan disiram dengan bumbu kacang yang rasanya pedas. Lihat juga resep Baso Tahu Ikan Kakap enak lainnya. 🌻Unda Qy.

Kalian dapat menghidangkan siomay kuah kacang ala unda qy hanya dengan menggunakan 44 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep siomay kuah kacang ala unda qy!

Untuk memasak Siomay Kuah Kacang Ala Unda Qy, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of Bahan2 Siomay Ayam Kukus.
  2. Siapkan 250 gr of daging ayam fillet.
  3. Dibutuhkan 1 butir of telor ayam.
  4. Sediakan 1 buah of wortel (opsional).
  5. Diperlukan 3 siung of bawang putih.
  6. Dibutuhkan 2 siung of bawang merah.
  7. Ambil 1 sdm of tepung terigu.
  8. Siapkan 2 sdm of tepung tapioka.
  9. Ambil 1/2 bks kecil of tepung bumbu serbaguna.
  10. Siapkan Sedikit of lada bubuk.
  11. Gunakan Secukupnya of kaldu bubuk rasa Ayam.
  12. Dibutuhkan Secukupnya of kulit pangsit (Me: Beli kulit pangsit jadi).
  13. Gunakan Sedikit of Air.
  14. Gunakan of Bahan2 Tahu Nugget Kukus.
  15. Diperlukan 3 buah of tahu putih.
  16. Gunakan 5 buah of nugget ayam (boleh bahan lain).
  17. Ambil 1 buah of telor ayam.
  18. Dibutuhkan 1 batang of daun bawang.
  19. Gunakan 1/2 bks kecil of tepung bumbu serbaguna.
  20. Gunakan 1 sdm of tepung terigu.
  21. Siapkan 1 sdm of tepung tapioka.
  22. Dibutuhkan Sedikit of lada bubuk.
  23. Dibutuhkan Secukupnya of kaldu bubuk/ kaldu jamur.
  24. Siapkan Sedikit of Air.
  25. Dibutuhkan of Bahan2 Pangsit Telor Goreng.
  26. Diperlukan 10 lembar of kulit pangsit.
  27. Diperlukan 1 butir of telor ayam ukuran besar.
  28. Dibutuhkan 1 1/2 sdm of tepung terigu.
  29. Diperlukan Secukupnya of kaldu bubuk/kaldu jamur.
  30. Sediakan Secukupnya of minyak goreng.
  31. Dibutuhkan of Bahan2 Kuah Kacang Pedas.
  32. Sediakan 150 gr of Kacang Tanah.
  33. Diperlukan 10 buah of cabe merah (boleh sesuaikan).
  34. Siapkan 10 buah of cabe rawit (boleh sesuaikan).
  35. Ambil 2 siung of bawang putih.
  36. Dibutuhkan 2 lembar of daun jeruk.
  37. Gunakan 2 biji of kemiri.
  38. Diperlukan 50 gr of gula merah.
  39. Sediakan 1 sdt of bon cabe (boleh skip).
  40. Siapkan 200 ml of air.
  41. Diperlukan Sedikit of lada bubuk.
  42. Gunakan Secukupnya of garam.
  43. Diperlukan Secukupnya of kaldu bubuk.
  44. Diperlukan Secukupnya of minyak goreng.

Batagor terdiri dari siomay goreng dan tahu yang berisi ikan tenggiri. Batagor sudah bukan merupakan makanan asing lagi, khususnya bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar. Ulukutek Leunca mempunyai asal usul yang juga sangat menarik. Tongseng Ayam Pedas sudah siap disajikan buat yg tercinta! 😍 ️ Satu kuali ini sampe dimakan si Biby aja sendirian πŸ˜… sebagian dimakan siang hari dgn nasi hangat 🍚 sisanya dihangatkan untuk makan malam disajikan dgn lontong, jadi seperti lontong kuah pedesss πŸ™ Poko'e Uenak semua deh! 😝πŸ₯˜ – 🌻Unda Qy.

Proses memasak Siomay Kuah Kacang Ala Unda Qy:

  1. Aku mulai dari membuat siomay ayam dulu. Daging ayam dihaluskan/dicacah kasar. Bawang merah & bawang putih juga dihaluskan. Campur rata dengan ayam. Masukkan telor. Aduk rata. Kalo pake wortel, parut halus dulu dan campurkan dengan adonan. Tambahkan semua tepung2an. Ulen rata. Tambahkan air sedikit saja secukupnya dalam adonan. Masukkan lada bubuk & kaldu bubuk rasa ayam secukupnya. Aduk rata. Adonan tidak boleh cair. Tes rasa & koreksi sampai pas..
  2. Ambil kulit pangsit. Masukkan 1 sdm adonan isian ke masing2 kulit pangsit dan bentuk sesuai selera. Kalo mau atas siomay bisa diberi topping parutan wortel atau potongan kecil2 jamur kuping. Kukus sekitar 20 menit an hingga matang. Jangan lupa kukusan di tutupi kain lembab sebelum ditutup agar siomay tidak basah. Kukus hingga benar- benar matang. Boleh di colok garpu untuk memastikan siomay udah bener2 matang. Siomay Ayam kukus sudah siap..
  3. Buat Tahu Nugget kukus. Membuatnya kurleb hampir sama. Hancurkan tahu putih & nugget dalam satu wadah. Masukkan telor ayam. Aduk rata. Potong2 kecil daun bawang, masukkan dalam adonan. Masukkan tepung2an, sedikit lada bubuk & secukupnya kaldu bubuk/ kaldu jamur. Adon rata. Beri sedikit air tapi jangan sampe cair. Tes rasa. Tahu kukus ini ga harus pake nugget ya, bisa diganti ayam, ikan, kornet, udang atau isian lainnya sesuai selera..
  4. Kalo rasa sudah oke & pas, Masukkan 1 sdm adonan ke dalam cup2 kecil cetakan srikaya. Kukus sekitar 20 menit an dengan cara yg sama seperti siomay tadi, hingga benar2 matang. Colok dengan garpu untuk memastikan adonan sudah benar2 matang hingga ke dalam. Tahu Nugget Kukus sudah siap..
  5. Buat Pangsit Telor Goreng. Aku pake kulit pangsit yg ukurannya agak kecil. Masing2 kulit pangsit kupotong jadi 2 bagian persegi panjang. Jadi 10 lembar kulit pangsit bisa dapet 20 pangsit goreng. Isian telornya, kocok lepas telor ayam, tambahkan tepung2an dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tes rasa. Hingga di rasa pas. Aku buat sedikit agak lebih asin dan gurih karena kulitnya original. Agar rasa pangsit tidak hambar..
  6. Panaskan secukupnya minyak dalam wajan, setelah cukup panas, set api kecil-sedang yg stabil. Ambil kulit pangsit, letakkan di tangan, ambil secukupnya adonan telor, oleskan di atas separoh pangsit, lipat pangsit menutup adonan telor, langsung masukkan ke dalam wajan minyak panas. Walaupun adonan sedikit cair tapi tidak akan meleber kemana2. Goreng pangsit hingga mekar & matang. Hati2 gosong. Angkat, tiriskan. Pangsit telor goreng siap. Simpan di tempat yg kedap udara agar tetap garing..
  7. Terakhir, buat kuah kacang. Aku buat langsung agak pedas agar tidak perlu bikin sambel lagi. Kalo ga suka pedas tinggal dikurangin takaran cabe2an-nya aja ya. Siapkan bahan2. Bersihkan kacang dari kulitnya. Potong2 cabe2an, kemiri & bawang2an agar nanti mudah di uleg. Kalo pake blender gak perlu di potong2 pun gpp..
  8. Goreng kacang tanah, kemiri, bawang putih dan cabe2an dengan sedikit minyak. Angkat. Haluskan semuanya jadi satu. Boleh di blender/diuleg. Tumis semua bahan yg sudah halus dengan sedikit minyak sisa menggoreng bumbu2 sebelumn
    ya tadi sampai harum bersama daun jeruk. Masukkan 200ml air. Lalu masukkan gula merah. Lalu bon cabe (bila suka). Aduk rata. Beri sedikit lada bubuk dan garam lalu beri secukupnya kaldu bubuk/kaldu jamur agar lebih gurih. Tes rasa & koreksi. Masak hingga kuah agak mengental..
  9. Paket siomay kuah kacang ala ala Unda Qy siap jadi camilan asyik bareng2 ba'da sholat taraweh sambil ngumpul di ruang TV πŸ˜™πŸ₯œ – 🌻Unda Qy.

Siomay khas sunda sendiri terbuat dari campuran ikan dan tepung sagu yang dibumbui dengan bumbu khusus lalu dikukus hingga matang. Terima kasih untuk semua teman yang sudah menyumbangkan resep, artikel dan foto. Karna suami asam urat jadinya aq pk terong aja😊 siap untuk dinikmati. KUAH : Rebus bersama air, gula, serai, pandan dan jahe (saya jahe dipisah krn anak anak ga suka, saya parut, beri air secukupnya lalu peras) hingga mendidih, sisihkan. Siomay Ayam Udang dan Sambal Kacang Halo Bung!

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat siomay kuah kacang ala unda qy. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *