Resep: Pempek Dos Untuk Pemula!

Posted on

Coba resep pempek dos sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan pempek dos untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Banyak orang tidak berani memasak pempek dos karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Hanya saja bahan baku utama dalam resep pempek dos adalah tepung sagu. Sementara untuk menambahkan rasanya, dibumbui dengan kaldu bubuk serta isian abon pedas. Baca juga: Resep Pempek Palembang, Bisa untuk Jualan Online RESEP — Nama pempek DOS memang terdengar unik dan asing.

Kalian dapat menyiapkan pempek dos hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep pempek dos!

Untuk memasak Pempek Dos, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan biang:.
  2. Sediakan 150 gram of tepung terigu.
  3. Dibutuhkan 350 ml of air.
  4. Diperlukan 1/2 sdm of garam.
  5. Gunakan 1/2 sdm of garlic powder.
  6. Siapkan 1/2 sdm of kaldu jamur.
  7. Ambil of Bahan non biang:.
  8. Dibutuhkan 1 butir of telur.
  9. Sediakan 350 gram of tepung sagu.
  10. Dibutuhkan of Isian:.
  11. Siapkan 3 butir of telur, kocok sampai tercampur rata.

Namun siapa yang tahu, ternyata nama tersebut diambil sebab saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Bagi kamu yang belum tahu, pempek DOS adalah pempek yang dibuat tanpa tambahan ikan sedikitpun. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Proses membuat Pempek Dos:

  1. Buat bahan biang: rebus air bersama garam, garlic powder, garam, kaldu jamur hingga mendidih. Campurkan air rebusan ke tepung terigu, aduk rata menggunakan spatula.
  2. Masukkan telur, aduk rata. Kemudian, masukkan tepung sagu, uleni hingga kalis (indikator: tidak lengket di wadah dan ditangan).
  3. Nah, sekarang tinggal membentuk pempek. Karena saya penggemar telur, jadi semua dibikin kapal selam. Caranya, ambil sedikit adonan, kepal2 kemudian bentuk bulatan.
  4. Tusuk bagian tengah bulatan dengan telunjuk. Kemudian buat cekungan yg dalam (ingat, dalam ya, bukan lebar) agar mudah untuk masukkan telur..
  5. Setelah terbentuk cekungan yg dalam, masukkan telur hingga 2/3 bagian cekungan (jgn sampai penuh) agar mudah menutupnya. Lakukan hingga adonan habis..
  6. Masukkan pempek yg sdh dibentuk ke air yg sudah mendidih. Jika sudah mengapung, diamkan sekitar 10-15 menit agar telur di dalamnya matang. Kemudian, angkat dan tiriskan. Jadi deh, tinggal goreng kalo mau dimakan karena lebih enak dimakan hangat2 😍.

Kalau pada umumnya pempek atau empek – empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Dos Ny Liem (TANPA IKAN). Ga tau dapet ilham apa, abis mandi pagi lihat bookmar HP, ada judul Pempek dari blog JTT.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pempek dos. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *