Resep Kotokan iwak pe🐟🐟, Bikin Ngiler

Posted on

Kotokan iwak pe🐟🐟. Karena bahannya gak ada, Dan musti nitip dulu kalo mau masak nih menu 🤭 Untung ada ponakan datang dan di beliin tuh ikan. Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah.

Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah. Uniknya, kotokan ikan pe biasa diberi tambahan lombok hijau dan tempe. Kuahnya segar, gurih, dan pedasnya pas!

Lagi mencari inspirasi resep kotokan iwak pe🐟🐟 yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kotokan iwak pe🐟🐟 yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Karena bahannya gak ada, Dan musti nitip dulu kalo mau masak nih menu 🤭 Untung ada ponakan datang dan di beliin tuh ikan. Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kotokan iwak pe🐟🐟, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kotokan iwak pe🐟🐟 yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kotokan iwak pe🐟🐟 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kotokan iwak pe🐟🐟 menggunakan 16 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kotokan iwak pe🐟🐟:

  1. Sediakan 500 gram ikan pe/ ikan pari panggang.
  2. Gunakan 5 siung bwg merah.
  3. Gunakan 7 siung bwg putih.
  4. Ambil 2 buah cabe merah besar, buang isinya.
  5. Gunakan 7 buah cabe hijau.
  6. Sediakan Santan instan 1 buah (65 cc).
  7. Ambil 1 liter Air kurleb.
  8. Sediakan 1 papan tempe.
  9. Gunakan 2 buah tahu putih.
  10. Sediakan 10 mata petai.
  11. Ambil 3 sendok makan minyak goreng utk menumis.
  12. Gunakan 1 1/2 sdk teh Garam.
  13. Sediakan 1 sdk teh Gula pasir.
  14. Gunakan 3 lembar daun salam.
  15. Ambil 1 ruas jari lengkuas.
  16. Siapkan 1 sdk makan bumbu racik tumis indofood.

Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe. Paduan aroma ikan panggangnya dengan campuran bumbu lengkapnya menimbulkan aroma yang menggoda. Di Jawa Tengah masakan sejenis ini juga ada, biasanya disebut dengan Mangut Pe.

Langkah-langkah menyiapkan Kotokan iwak pe🐟🐟:

  1. Cuci tangan… siapkn bahan.
  2. Ikan pari panggang cuci bersih, potong2 jd bbrp bagian.
  3. Tahu potong kotak2…goreng setengah matang asal berkulit, tempe dipotong kotak2 juga.
  4. Siapkn bumbu.. bamer & baput, lombok merah besar (buang isinya), lombok hijau., lengkuas & daun salam. cuci bersih…
  5. Taruh bumbu dlm cobek.. haluskn bamer, baput, lombok merah besar & garam.. lengkuas cukup digeprek saja.. daun salam biarkan utuh…
  6. Panaskan wajan.& minyak goreng… tumis bumbu ulek.. sampe harum.. beri air…didihkn.
  7. Setelah mendidih… masukkan tahu & tempe, gula pasir & bumbu tumis… biarkn sebentar.. hampir mendidih lagi masukkan santan.. aduk rata.. cek rasa…..
  8. Lombok hijau besar potong serong2, petai diiris2 panjang… masukkan bersama ikan pari panggangnya… tunggu matang & mendidih… angkat, sajikan… siiippp.
  9. Selamat menikmatii.

Awalnya saya tidak tahu kalau kothok pe dengan mangut itu hampir sama. Ikan Pe panggang selain digoreng buat penyetan, bisa juga disantan. Orang bilang Kotokan Pe atau sayur kotok Pe. bikinnya gini nih. Paling enak memang di masak mangut pedas gini.karena nanti aroma asapnya akan tercampur di kuah.nah itu yang menciptakan aroma dan rasa yang khas dari mangut.yang. Meskipun tampilannya mirip, masakan khas Jawa Timur ini berbeda dengan mangut.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kotokan iwak pe🐟🐟 yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *