Resep: Dendeng Balado Untuk Pemula!

Posted on

Coba resep dendeng balado sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan dendeng balado untuk agenda masak akhir pekan ini. Menu ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Kebanyakan orang takut mulai memasak dendeng balado karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari dendeng balado! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai banyak bumbu agar masakan yang dibuat terasa enak. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

It comes originally from my father's hometown: Padang, West Sumatera province, Indonesia. Dendeng Balado is a speciality from Padang, West Sumatra, made from beef that thinly cut then dried and fried before added with chillies and other ingredients. For me their foods are delicious because they use different kind of spices.

Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat menyiapkan dendeng balado hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 10 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep dendeng balado!

Untuk membuat Dendeng Balado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan Dendeng Sapi.
  2. Ambil 500 gr of daging sapi khas dalam (saya pakai bagian paha).
  3. Ambil 1 sdm of ketumbar.
  4. Gunakan 3 siung of bawang putih besar.
  5. Diperlukan 1 ruas jari of jahe.
  6. Diperlukan 2 ruas jari of lengkuas.
  7. Ambil 1 batang of sereh.
  8. Dibutuhkan 2 lbr of daun jeruk.
  9. Gunakan 2 sdm of air asam jawa.
  10. Ambil 2 sdt of garam.
  11. Gunakan 300 ml of air kelapa.
  12. Gunakan of Bahan sambal balado.
  13. Diperlukan 1/4 ons of cabe merah keriting (atau sesuai selera).
  14. Diperlukan 8 siung of bawang merah (atau sesuai selera).
  15. Sediakan 1/2 of tomat ukuran sedang.
  16. Dibutuhkan 2 lbr of daun jeruk.
  17. Dibutuhkan 2 sdt of garam.
  18. Gunakan 2 sdt of gula.

In Indonesia I can easily get it. This thinly sliced deep-fried beef from West Sumatra, Indonesia must come with "lado" or chilies that are ground. The word "balado" itself literally means "with chilies". Mum usually turns the heat up by grinding in the chili seeds separately before adding them back into the ground chilies and shallots.

Cara membuat Dendeng Balado:

  1. Cuci daging sapi, iris tipis lalu pipihkan dengan menggunakan cobek atau palu.
  2. Haluskan semua bahan untuk dendeng sapi.
  3. Masukkan bahan halus dendeng kedalam wajan/panci, tambahkan daun jeruk, air kelapa dan garam. Lalu aduk dan masukkan daging sapi. Usahakan semua daging terendam.
  4. Ungkep daging menggunakan api kecil selama 45-50 menit (sampai air nya kering) lalu diamkan daging sampai sedikit dingin atau hangat.
  5. Setelah daging agak hangat, pipihkan daging menggunakan cobek atau palu. Tidak udah terlalu keras ya, jangan sampai hancur. Sampai terlihat seratnya saja. Atau tipiskan sesuai selera.
  6. Goreng daging yang sudah dipipihkan di minyak yang hangat (jangan masukkan pada saat minyak panas, supaya daging crispy dan tidak gosong) lalu angkat dan sisihkan.
  7. Membuat sambal balado. Ulek atau blender kasar cabe merah, tomat dan bawang merah.
  8. Tumis bahan sambal balado menggunakan minyak bekas goreng daging (jadi lebih gurih) dan tambahkan daun jeruk. Saat sudah 1/2 matang, masukkan garam dan gula. Koreksi rasa.
  9. Jika sudah matang, matikan kompor. Lalu masukkan daging dendeng..
  10. Jika ingin awet, sambal balado yang 1/2 matang sisihkan separuh, masukkan kedalam wadah lalu simpan di kulkas. Dan daging dendengnya bisa disisihkan sebagian, masukkan wadah dan simpan kulkas. Pada saat ingin masak, dendeng tinggal digoreng dan sambal dipanaskan. (bisa awet sampai 3-4 mg).

Dendeng balado merupakan olahan daging sapi khas Sumatera Barat yang memiliki rasa pedas gurih dan nikmat. Sajian ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu digoreng hingga kering dan disiram dengan sambal balado cabe merah di atasnya. Sambal balado merah yang ditumbuk kasar akan membuat rasa pedasnya lebih terasa nikmat. Supaya lebih bervariasi, coba kamu olah menjadi dendeng balado khas Padang. Baca juga: Resep Rendang Paru Sapi, Sajikan buat Pencinta Jeroan.

Selamat mencoba resep dendeng balado! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *