Langkah Mudah Menyiapkan Ayam goreng bumbu Korea / spicy korean fried chicken Untuk Pemula!

Posted on

Ayam goreng bumbu Korea / spicy korean fried chicken. Setelah beberapa waktu lalu sudah saya coba masakan Korea lainnya yang ngehitz di sana. Seperti Kimchi, Nasi Goreng Kimchi, Japchae, Bulgogi (semur daging ala korea), aneka Stew dan Sup. Kali ini dengan tekad kuat akhirnya punya waktu untuk membuat Spicy Crispy Korean Fried Chicken alias ayam.

Kalian boleh banget pake chicken wings atau potongan ayam bertulang, tapi disini aku pake ayam fillet biar cepet hehe. Resep Ayam goreng bumbu Korea / spicy korean fried chicken. Masaknya borongan gak mau rugi sama bumbunya, dari judul sih ayam goreng tp itu cekernya ikutan ehehe.

Lagi mencari inspirasi resep ayam goreng bumbu korea / spicy korean fried chicken yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng bumbu korea / spicy korean fried chicken yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Setelah beberapa waktu lalu sudah saya coba masakan Korea lainnya yang ngehitz di sana. Seperti Kimchi, Nasi Goreng Kimchi, Japchae, Bulgogi (semur daging ala korea), aneka Stew dan Sup. Kali ini dengan tekad kuat akhirnya punya waktu untuk membuat Spicy Crispy Korean Fried Chicken alias ayam.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng bumbu korea / spicy korean fried chicken, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam goreng bumbu korea / spicy korean fried chicken yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ayam goreng bumbu korea / spicy korean fried chicken sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam goreng bumbu Korea / spicy korean fried chicken memakai 14 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam goreng bumbu Korea / spicy korean fried chicken:

  1. Sediakan 1 ekor ayam potong jadi 12.
  2. Siapkan 4 sdm gochujang (pasta cabenya korea).
  3. Sediakan 500 gram ceker ayam.
  4. Siapkan 5 siung bawang putih.
  5. Sediakan 2 sdm saus tiram.
  6. Gunakan 2 sdm corn sirup/madu.
  7. Gunakan 1 sdm soy sauce (aku pake kikoman).
  8. Ambil secukupnya garam.
  9. Ambil secukupnya gula.
  10. Sediakan 3 sdm tepung terigu (untuk ayam).
  11. Sediakan 3 sdm maizena (untuk ayam).
  12. Siapkan 1 sdt baking soda (untuk ayam).
  13. Ambil air (untuk melarutkan tepung).
  14. Gunakan air es (untuk merendam ceker).

Dasar bumbunya sama aja, yg beda tekniknya aja😊. Maaf kalo nulis resepnya masih berantakan dan gak pake foto waktu prosesnya (masih. Resep Ayam goreng Korea (spicy korean Fried Chicken). Jadi penapsaran bikin ayam goreng korea yg biasanya disantap bersama bir.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam goreng bumbu Korea / spicy korean fried chicken:

  1. Untuk bumbu, campur semua bahan aduk rata. Bagi 2 (untuk ayam dan ceker).
  2. Untuk ayam, cuci bersih ayam beri garam, merica, paprika bubuk (optional). Diamkan 30-1jam di kulkas..
  3. Tepung untuk menggoreng, campur tepung terigu, maizena, dan baking soda, beri air sedikit-sedikit hingga teksturnya kental(jangan sampai keenceran)..
  4. Goreng 5 menit, angkat. Tiriskan, masukan dan goreng kembali sama sampai matang. Fungsinya bikin ayam goreng lebih crispy..
  5. Tumis bumbu gochujang yg buat ayam, tambahkan sedikit air, kalo sudah wangi matikan api. Masukan ayam yg td sudah digoreng, aduk sampe bumbu menempel rata pada ayam..
  6. Untuk ceker, cuci bersih ceker. Lalu lap dengan tisu/kain. Lalu goreng ceker sampai kering (jgn lupa gorengnya ditutup, soalnya minyaknya muncrat). Jika sudah matang dan kering, angkat langsung masukan ke dalam air es. Diamkan kurang lebih 1 jam.
  7. Tiriskan ceker yang sudah di rendam sebelumnya, masukan bumbu gochujang aduk rata..
  8. Masak ceker, tambahkan air agar bumbu lebih meresap dan ceker lebih empuk. Jika air sudah sat dan bumbu menempel ke ceker matikan api, sajikan.
  9. Untuk nasi bisa dicampur dengan nori, bentuk bulat..

Kemudian googling dan youtube nyari gimana bikin. Dan voilà. jadilah ayam goreng Korea yg simple minimalis. cocok banget sambil. Spicy Korean Fried Chicken (Gochujang Homemade) Ceritanya aku tuh punya brand ayam korea favorit gitu, sudah coba beberapa resto korea tetap paling suka satu brand itu. Tapi sejak masa pandemi ini mereka tutup, udah beberapa bulan dan kangen banget pengen makan ayam goreng koreanya. Tapi sayang karena di sana merupakan Spicy Crispy Korean Fried Chicken Recipe Asli, jadi dalam resep ayam goreng korea tersebut memakai bumbu Korea yaitu Gochujang.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ayam goreng bumbu korea / spicy korean fried chicken yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *