Resep Mangut Iwak Pe Panggang yang Lezat Sekali

Posted on

Mangut Iwak Pe Panggang. Mangut Iwak Panggang by Illa Fadhilla referensi olahan ikan asap yang bisa menjadi referensi memasak dirumah. Sementara iwak panggang ini adah olahan ikan pari yang dipanggang, beberapa daerah menyebutnya iwak pe. Dengan ngebayanginnya aja udah sakseis bikin saya ngeces ndronjong :D.

Suara.com – Berkunjung ke Semarang, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi mangut iwak pe (ikan pari). Ya hidangan berbahan dasar ikan pari ini menjadi salah satu kuliner andalan ibukota Jawa Tengah ini. Mangut sendiri adalah jenis masakan berkuah, yang tak melulu berbahan dasar ikan pari, dengan bumbu rempah-rempah yang sangat khas dan memiliki rasa yang eksotik.

Sedang mencari ide resep mangut iwak pe panggang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut iwak pe panggang yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Mangut Iwak Panggang by Illa Fadhilla referensi olahan ikan asap yang bisa menjadi referensi memasak dirumah. Sementara iwak panggang ini adah olahan ikan pari yang dipanggang, beberapa daerah menyebutnya iwak pe. Dengan ngebayanginnya aja udah sakseis bikin saya ngeces ndronjong :D.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak pe panggang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut iwak pe panggang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan mangut iwak pe panggang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mangut Iwak Pe Panggang memakai 21 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mangut Iwak Pe Panggang:

  1. Ambil 3 potong Panggangan ikan Pe.
  2. Gunakan 4 Potong Tempe.
  3. Ambil 1 buah terong hijau (potong menjadi 4 bagian).
  4. Ambil 1 buah tomat (diiris).
  5. Gunakan 5 buah cabe rawit (diiris).
  6. Siapkan 3 buah cabe hijau besar (diiris).
  7. Siapkan Bumbu halus.
  8. Ambil 2 buah cabe merah keriting.
  9. Siapkan 3 buah cabe rawit merah.
  10. Ambil 3 kemiri.
  11. Siapkan 2 siung bawang putih.
  12. Gunakan 4 siung bawang merah.
  13. Sediakan Kunyit secukupnya (dibakar terlebih dulu).
  14. Sediakan 2 Daun jeruk.
  15. Gunakan 1 Daun salam.
  16. Siapkan 1 Sereh.
  17. Sediakan secukupnya Garam.
  18. Siapkan secukupnya Kaldu bubuk.
  19. Ambil secukupnya Gula merah.
  20. Ambil 65 ml Santan Kara.
  21. Ambil 500 ml Air Matang.

Kalo di daerah saya tinggal banyak banget yg jual ikan pari (iwak pe) sudah diasap.biasanya sudah dipotong- potong bagian perut, ekor, atau sayap .tinggal diolah sesuai selera, bisa digoreng lalu dipenyet atau di masak mangut (kotokan). Resep Mangut Ikan Pe, masakan khas Semarang. Ini salah satu makanan favorit ibu. Kalo udah makan ini ga inget deh udah berapa sendok nasi yg masuk.

Langkah-langkah membuat Mangut Iwak Pe Panggang:

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuas..
  2. Tambahkan air matang kemudian masukkan terong, tempe dan ikan panggangan. Masak hingga tempe dan terong matang..
  3. Apabila sdh terlihat matang masukan bahan yang diiris, tambahkan garam, gula merah dan kaldu bubuk (koreksi rasa), tunggu hingga air mendidih kemudian masukan santan (Koreksi rasa). Aduk aduk hingga matang dan santan tidak pecah..
  4. Masakan siap disajikan.

Resep Mangut Ikan Pe dulu pernah disukai oleh Alm Eyang putri. Dulu beliau suka banget masak ini, bisa dicampur tempe selain tahu, biar rame. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa – Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Untuk kali ini yang akan kami jadikan bahan dasar ikannya adalah ikan pari atau biasa disebut dengan ikan Pe.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut iwak pe panggang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *