Cara Praktis Membuat Karipap Bulat Anti Gagal

Posted on

Bosen dengan makanan yang itu-itu aja? Yuk coba resep karipap bulat ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! karipap bulat salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Sebagian Besar orang malas mulai memasak karipap bulat karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari karipap bulat! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Boleh ikut resipi dikongsi oleh Azam Abd Wahab yang menjual karipap frozen. So bila di gigit isinya ada yang dapat inti karipap biasa dan ada juga. berintikan ikan dan telur. Tak lupa juga ada yang berintikan hanya kari daging tanpa kentang, permintaan anak. ketiga saya Ikmal yang kurang menggemari kentang. kak ctk jek mu gentel karipap tuh nya bunga.ku x reti lgsg wehhh.

Teman-teman dapat membuat karipap bulat hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 20 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep karipap bulat!

Untuk memasak Karipap Bulat, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Bahan A :.
  2. Sediakan 200 gram of tepung kunci biru.
  3. Sediakan 50 ml of minyak sayur.
  4. Ambil 1/2 sdt of garam.
  5. Dibutuhkan 100 ml of air hangat.
  6. Diperlukan of Bahan B :.
  7. Sediakan 100 gram of tepung kunci biru.
  8. Ambil 75 gram of margarin.
  9. Ambil of Bahan isan :.
  10. Ambil 150 gram of kentang.
  11. Diperlukan 1 buah of wortel.
  12. Dibutuhkan 1 siung of bawang putih, cincang.
  13. Dibutuhkan 1 sdt of kari bubuk (saya pake desaku).
  14. Dibutuhkan 2 sdm of tepung terigu.
  15. Siapkan 1 sdm of gula pasir.
  16. Gunakan 1/2 sdt of kaldu ayam.
  17. Gunakan 1/4 sdt of garam.
  18. Dibutuhkan 1/4 sdt of merica bubuk.
  19. Diperlukan 1/2 cup of air.

Lepas goreng karipap bulat ni, macam burger meleysia pun ada. Makan panas-panas uih…sebiji memang tak cukup. Ramai yang 'takut' nak cuba kerana anggap Karipap Pusing ni susah nak buat. Jangan bimbang, resipi perkongsian Opah Mas Cotek ni antara yang mudah.

Proses menghidangkan Karipap Bulat:

  1. Buat bahan isian : tumis bawang putih, masukkan kentang dan wortel, tambahkan garam, gula pasir dan bubuk kari, aduk2 sampai rata, kemudian tambahkan tepung terigu, lalu tuang 1/2 cup air. Setelah mendidih masukkan merica bubuk dan kaldu ayam, masukkan daun seledri, masak sampai mengental dan kesat..
  2. Campur semua bahan A kemudian bagi menjadi 3 bagian, diamkan 10 menit supaya lebih lentur. Tutup dengan plastik agar tidak mengeras..
  3. Campur bahan B, kemudian bagi menjadi 3 bagian sesuai banyaknya bahan A. Ambil satu bahan A, kemudian letakkan bahan B diatasnya lalu bulatkan..
  4. Gilas pelan dengan rolling pan/botol, jangan terlalu tipis nanti robek, tebalnya sekitar 1 cm..
  5. Kemudian gulung pelan2 dari sisi yang lebih pendek, supaya rapi..
  6. Gilas lagi hasil gulungan tadi..
  7. Kemudian gulung dari sisi yang kecil ke yang lebih lebar..
  8. Seperti ini lipatan bagian dalamnya, menyerupai obat nyamuk..
  9. Lakukan langkah no.3-7 sampai semua adonan habis. Jangan lupa selalu ditutup plastik supaya tidak mengeras..
  10. Ambil satu gulungan lalu iris tipis saja, karena 2 lembar mau disatukan supaya bentuknya bulat. Setiap gulungan saya bagi jadi 10 lembar..
  11. Ambil 2 lembar adonan, pipihkan dengan botol tapi jangan terlalu tipis..
  12. Letakkan bahan isian di salah satu lembar kulit karipap..
  13. Tutup dengan lembar kulit karipap yang lain..
  14. Rapatkan ujung2nya, kemudian plintir dengan cara cubit dan lipat. Lakukan sampai adonan habis..
  15. Seperti ini penampakannya..
  16. Goreng adonan karipap kedalam minyak panas dengan api sedang. Setelah kekuningam dan teksturnya mengeras angkat..
  17. Tiriskan supaya minyak yang terserap berkurang..
  18. Siap dinikmati, enak banget kriuk2 dan gurih. 😍.
  19. Cantik seperti bunga 😄..
  20. Perbedaanya dengan yang bentuk lipat/pastel karipap bulat ini lebih krispi karena kulitnya lebih tebal, tapi kekurangannya bahan isian tidak bisa dimasukkan banyak kalo dipaksakan bisa robek, jadi lebih kecil2 ukurannya..

Biasanya karipap ni kalau intinya sedap dan kulitnya rangup kira dah berjaya la buat karipap tu kan! Sementara itu, ambil sekeping kulit puff pastri tekap menggunakan cawan atau cutter yang berbentuk bulat. Gelekkan supaya kulit puff pastri menjadi nipis sedikit (rujuk video di atas). Waktu usia saya belasan tahun lagi saya kerap membantu ibu saya menyediakan karipap termasuk kakak-kakak saya. Menariknya waktu itu, kami selalu "mengata' emak setiap kali menguli tepung untuk dijadikan kulit karipap, saya dan kakak-kakak akan mengatakan bahawa mak buat karipap mengalahkan orang berniaga karipap, padahal masa tu, kita orang jugak yang "tukang belasah" karipap mak tu.hoho.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat karipap bulat. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *