Resep: Ikan Cucut Asap Kuah Kuning Untuk Pemula!

Posted on

Sedang nyari resep ikan cucut asap kuah kuning yang paling sedap? Gak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep ikan cucut asap kuah kuning terbaik! Satu lagi hidangan yang bisa bikin meja makan semakin meriah – ikan cucut asap kuah kuning! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Kebanyakan orang takut mulai memasak ikan cucut asap kuah kuning karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan cucut asap kuah kuning! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dibuat terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat membuat ikan cucut asap kuah kuning hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin ikan cucut asap kuah kuning yuk!

Untuk menyiapkan Ikan Cucut Asap Kuah Kuning, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Ikan Cucut Asap.
  2. Dibutuhkan of Tempe.
  3. Gunakan of bawang Merah.
  4. Sediakan of bawang Putih.
  5. Siapkan of Kunyit.
  6. Gunakan of Jahe.
  7. Dibutuhkan of Kemiri.
  8. Ambil of Cabai Orens.
  9. Siapkan of Cabai Merah keriting.
  10. Diperlukan of Cabai Hijau Besar.
  11. Sediakan of Laos.
  12. Siapkan of Sereh.
  13. Ambil of Daun Salam.
  14. Diperlukan of daun Jeruk.
  15. Ambil of Air.
  16. Ambil of Garam.
  17. Siapkan of Gula.
  18. Gunakan of Penyedap Rasa.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Cucut Asap Kuah Kuning:

  1. Panaskan minyak goreng yg ada di wajan. Lalu goreng ikan cucut asapnya sampai agak warna kecoklatan atau sesuai selera saja:) pakai api sedang saja karna suka muncrat gitu. aku liat tips sih kalo agar tidak muncrat seblm ditaro ikannya taburi garam diminyaknya biar gak meletok gitu. Jangan lupa dibalik biar ga gosong:) dan jangan lupa di sisihkan juga di wadah;).
  2. Iris cabai hijau besar sesuai selera, kalau aku irisnya miring dan agak besarbesar & potong juga tempenya. terserah kalian mau potong seperti apa dan mau tempenya banyak juga boleh:) kalo aku tempenya cuma beli 2000 aja hihi.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai orens, jahe, kunyit & kemiri. Setelah sudah halus. Panaskan kembali minyak yang sudah ada diwajan. Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan beserta laos yg sudah di geprek, daun salam, sereh digeprek dan daun jeruk. daun jeruknya di sobek dikit ya biar wangi:) oseng bumbu hingga matang. oia kalo gamau pedes boleh gausah pakai cabe kok:).
  4. Bumbu sudah matang masukan air secukupnya aja kalo aku dikirakira aja 5 gelas hehe karna dilihat dari banyaknya ikan & tempe. Lalu masukan tempe dan aduk rata, tunggu samapai tempe matang ya say;) setelah tempe matang masukan ikan cucut asap yang tadi sudah di goreng, aduk rata & tambahkan Garam,gula,penyedap rasa lalu dicicipi setelah rasanya sudah pas masukan cabai hijau besar yg td di iris asuk kembali tunggu 1 menit matikan kompor & "Ikan Cucut Asap Kuah kuning" siap dihidangkang:).

Mudah bukan membuat ikan cucut asap kuah kuning? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *