Resep: Kue Apem Gula Merah Untuk Pemula!

Posted on

Kue Apem Gula Merah.

Sedang mencari inspirasi resep kue apem gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue apem gula merah yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue apem gula merah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue apem gula merah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue apem gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Apem Gula Merah menggunakan 5 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Apem Gula Merah:

  1. Sediakan 3 kg tepung terigu.
  2. Sediakan 1 kg gula merah (kalo mau lebih manis bisa ditambah ya).
  3. Siapkan 3 bks Fermipan (1 bks fermipan untuk tepung 1 kg yah).
  4. Ambil Secukupnya garam.
  5. Siapkan 2 liter air.

Langkah-langkah membuat Kue Apem Gula Merah:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Haluskan/gerus gula merah kemudian campur ke dalam tepung. Tambahkan fermipan, aduk rata (adonan masih kering ya).
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit, mixer dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 10-15 menit. Sampai tercampur rata. Adonan jadinya seperti ini ya, tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair juga..
  4. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit..
  5. Kukus adonan yg sudah dituang ke loyang selama 25-30 menit dengan api sedang..
  6. Angkat jika sudah matang, tunggu agak dingin baru kemudian di keluarkan dari loyang dan dipotong". Apem gula merah siap disantap 😋.
  7. Note : apem bisa juga dicetak menggunakan cetakan apem yg kecil" seperti cetakan roti kukus mekar itu yah. Karena ini bikin banyak jadi langsung pakai loyang aja. Hasilnya enak, empuk, nggak bantet. Manisnya agak kurang sih, nanti kalo suka manis bisa ditambahin gula lagi 😊 selamat mencoba 😉 btw maaf foto seadanya, udah malem, capek 😂😂😂.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Apem Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *