Langkah Mudah Menghidangkan SOP ikan tongkol asap yang Bikin Ngiler!

Posted on

SOP ikan tongkol asap. Lihat juga resep Ikan Tongkol Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Masakan yg simpel, enak dan pastinya sehat. šŸ™‚ Tongkol asap suwir pedas. Salah satu yang terkenal ada di daerah Bantul.

Resep Membuat Ikan Tongkol Asap Tepung Beras Enak dan Gurih – Menghidangkan salah satu sajian yang belum pernah anda coba hidangkan sebelumnya untuk keluarga, tentu akan membuat anda lebih teliti dalam memasaknya karena takut gagal dan rasanya tidak sesuai harapan. Selain itu memilih bahan-bahan masakan dan bumbu penyedapnya juga harus pas. Untuk para ibu rumah tangga tentu membuat sebuah.

Lagi mencari ide resep sop ikan tongkol asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sop ikan tongkol asap yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sop ikan tongkol asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sop ikan tongkol asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Ikan Tongkol Asap (Kuah Santan) enak lainnya. Masakan yg simpel, enak dan pastinya sehat. šŸ™‚ Tongkol asap suwir pedas. Salah satu yang terkenal ada di daerah Bantul.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sop ikan tongkol asap yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan SOP ikan tongkol asap menggunakan 13 jenis bahan dan 1 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan SOP ikan tongkol asap:

  1. Sediakan 1 mangkok ikan asap (tongkol).
  2. Siapkan 1/2 buah wortel.
  3. Ambil 1 biji tomat.
  4. Siapkan 3 biji cabe rawit.
  5. Sediakan 2 siung bw putih(iris).
  6. Gunakan 3 siung bw merah(iris).
  7. Siapkan 1 btg serai (geprek).
  8. Ambil garam.
  9. Sediakan penyedap rasa.
  10. Sediakan merica bubuk.
  11. Gunakan 2 sdm minyak goreng.
  12. Siapkan 2 btg daun bawang (aku ga pake soal nya kehabisan hehe).
  13. Ambil 2 buah kacang panjang.

Ikan asap memang paling nikmat diolah menjadi masakan pedas. Ada beberapa jenis ikan yang biasa diolah melalui proses pengasapan ini misalnya bandeng, pari, kembung, selar, tongkol, dan cakalang. Masing-masing mempunyai keunggulan dan karakter tersendiri, namun kali ini fokus ada pada tongkol asap. Harga Ikan Tongkol – Salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar selain skamung, papan, adalah pangan.

Cara menyiapkan SOP ikan tongkol asap:

  1. Didihkan air sekitar 1/2 ltr,goreng bawang merah & putih yg sudah di iris tadi masukan ke dlm air yg mendidih. Masukan ikan,wortel,tomat,kcg panjang,serai,cabe,tambahkan garam,merica,penyedap rasa. Kemudian tes rasa,angkat dan hidangkan selagi masih panas..

Makan bukan hanya sekedar kegiatan mengunyah makanan untuk kemudian mencernanya. Dewasa ini apa yang kita makan akan menjadikan kita seperti apa yang dimakan. Apabila tubuh kita dijejali dengan berbagai makanan tanpa kita ketahui bagaimana kandungan gizi dan manfaatnya tentunya. Resep Ikan Tongkol – Sebagai salah satu ikan laut, tongkol memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi kesehatan. Cari produk Ikan lainnya di Tokopedia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sop ikan tongkol asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *